10 Bahan Dapur Yang Efektif Membersihkan Liver Anda

TanamanObat – Kesehatan merupakan hal yang harus dijaga dan dipertahankan. Bila Anda mendambakan hidup sehat dan menjaga fungsi organ tubuh dengan baik, maka perlu menjaga makanan Anda. Nah, salah satu organ tubuh yang harus dijaga kesehatannya ialah hati atau liver.
Meskipun memang liver punya kemampuan untuk memperbaiki dirinya sendiri ketika rusak dengan cepat, namun bukan berarti Anda dapat mengabaikan kesehatannya. Terdapat banyak makanan yang dapat membersihkan liver serta menjaga fungsinya dengan baik, 10 di antaranya adalah sebagai berikut :

10 Bahan Dapur Yang Efektif Membersihkan Liver Anda

1.Kunyit
Kunyit adalah salah satu jenis tanaman obat yang amat manjur dalam menyembuhkan penyakit serta menjaga kesehatan. Kunyit merupakan jenis rempah terbaik untuk menjaga kesehatan hati, karena dapat mendetoksifikasi hati serta mengeluarkan unsur karsinogenik yang ada pada makanan. Kunyit juga dapat membantu tubuh untuk mencerna lemak dengan cara memicu produksi empedu.

2. Alpukat
Buah alpukat punya kandungan nutrisi serta lemak sehat yang akan membantu tubuh untuk memproduksi glutathione, yang dapat memungkinkan hati mendetoksifikasi dirinya sendiri.

3. Apel
Apel mengandung zat pektin, zat kimia yang akan mendorong tubuh untuk melepas racun dari saluran pencernaan, dan akan membuat tugas hati akan lebih mudah.

4. Brokoli
Sayuran seperti kembang kol dan brokoli dapat memicu pelepasan enzim yang disebut dengan glukosinolat pada tubuh. Enzim ini yang akan merangsang produksi enzim pencernaan serta akan membantu untuk membuang racun dari aliran darah.

5. Minyak zaitun
Minyak zaitun merupakan minyak ringan yang dapat membantu hati untuk menyerap semua racun berbahaya yang ada dalam tubuh dengan cara kondensasinya yang ringan tapi mudah dicerna.

6. Bawang putih
Bawang putih kaya akan kandungan belerang, yang mampu mengaktifkan enzim yang dapat membawa keluar racun dari dalam tubuh. Bawang putih juga kaya kandungan allicin dan selenium, yang tak lain adalah senyawa yang dapat membantu hati untuk membersihkan dirinya sendiri.

7. Tomat
Selain kaya akan glutathione, tomat juga dilengkapi dengan kandungan tinggi lycopene, yang akan membantu untuk melindungi tubuh dari perkembangan sel kanker.

8. Lemon/ jeruk nipis
Buah jeruk contohnya lemon, jeruk nipis dan sebagainya, sangat kaya vitamin C untuk merangsang fungsi kinerja hati agar lebih baik dan untuk meningkatkan fungsi kinerja sistem pencernaan. Ini akan membantu tubuh Anda untuk mensintesis bahan-bahan beracun untuk keluar dari dalam tubuh.

9. Wortel
Selain punya kandungan glutathione, wortel juga punya kandungan protein yang dapat mendetoksifikasi hati. Wortel juga banyak mengandung flavonoid dan beta-karoten, vitamin A yang mampu merangsang serta meningkatkan fungsi kinerja hati.

10. Bayam
Bayam kaya akan glutathione dan klorofil tanaman yang akan menyedot bahan-bahan berbahaya yang menumpuk dalam tubuh diantaranya bahan kimia dan pestisida yang terdapat dalam aliran darah Anda, sehingga akan melindungi hati kita dari kerusakan jaringan.

sudah tahu bukan tentang 10 Bahan Dapur Yang Efektif Membersihkan Liver Anda, Maka, ingatlah sebuah pepatah yang berbunyi “sehat itu mahal”? Sebelum menjadi sakit, jagalah kesehatan Anda untuk hidup yang lebih baik.

10 Bahan Dapur Yang Efektif Membersihkan Liver Anda | Planter | 4.5