10 Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan dan Kecantikan – Manfaat cuka apel mungkin masih belum banyak diketahui orang secara luas, karena pemakainya memang belum terlalu banyak. Padahal jika kita tahu cuka apel sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh sebagai salah satu cara pengobatan tradisional. Cuka apel memang tergolong masih jarang yang juga menjadi penyebab cuka apel belum banyak diketahui orang banyak.

Tentang Cuka Apel

Cuka apel adalah pengembangan dari pengolahan buah apel. Pada saat masa panen, hasil buah apel menjadi melimpah sehingga orang berpikir untuk mulai membuat cuka apel agar supaya manfaat buah apel ini jadi lebih optimal dan efisien, karena buah apel ini tergolong buah yang mudah rusak. Nah, sobat. Pada artikel ini kami akan mengupas tuntas tentang manfaat cuka apel yang belum diketahui.

Manfaat cuka umumnya dipakai untuk menambah rasa asam untuk penyadap makanan ataupun pengawet alami makanan yang biasanya banyak ditemui dalam sejumlah jenis sayuran seperti acar dan lainnya. Akan tetapi untuk cuka apel, pada dasarnya sudah dimanfaatkan sebagai pengobatan untuk berbagai jenis permasalahan penyakit sejak dahulu kala.

10 Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Ada 2 macam jenis cuka apel yaitu cuka apel yang dibuat dari fermentasi sari apel dan cuka apel yang dibaut dari sari apel beralkohol (cider). Cuka apel yang berasal dari sari apel beralkohol memiliki kandungan kadar alkohol sekitar 5,85%, dari itu perlu dihindari pemakaiannya bagi Anda yang muslim.

Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Berikut ini kami paparkan tentang beberapa manfaat cuka apel bagi kesehatan tubuh, diantaranya sebagai berikut :

  1. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Pada beberapa manfaat yang terdapat dalam buah apel sendiri memang sangatlah mampu untuk dapat menstabilkan tekanan darah yang tentunya akan melancarkan peredaran darah kita. Manfaatnya tak berubah meski buah apel ini sudah difermentasi menjadi bentuk cuka.

  1. Meredakan Penyakit Rematik

Masalah persendian seperti penyakit rematik umumnya terjadi karena endapan zat asam pada sekitar sendi sehingga akan mengganggu kekuatan tulang. Kandungan magnesium yang dimiliki berguna sebagai perekat yang melekatkan kalsium dan juga fosfor pada tulang-tulang dalam tubuh yang akan mampu melawan gejala penyakit osteoporosis atau dikenal dengan tulang rapuh.

  1. Mendetoksinasi atau membuang racun dalam tubuh

Cuka apel amat penting untuk dapat membuang racun di dalam tubuh, cuka apel punya kandungan yang amat baik dalam membantu tubuh agar dapat membuang berbagai racun dalam tubuh yang bisa menimbulkan berbagai penyakit.

  1. Menghilangkan noda di gigi

Zat asam di dalam kandungan cuka apel amat baik dalam membersihkan berbagai jenis noda pada gigi Anda.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Cuka apel sudah dipercaya berbagai kalangan masyarakat di belahan dunia karena efeknya yang mampu membantu untuk menurunkan berat badan. Dengan cara mencampurkan 2 sendok makan cuka apel dalam minuman kemudian meminumnya, sangat efektif untuk menurunkan berat badan untuk anda yang mengalami masalah dengan berat badan. Setidaknya ada beberapa kandungan zat yang terkandung didalamnya yang mampu membantu meningkatkan sitem metabolisme tubuh.

Manfaat buah Kurma yang perlu anda tahu

  1. Mengatasi Gula Dalam Darah

Penelitian sudah menunjukkan bahwa cuka apel amat berperan penting untuk menurunkan kadar gula di dalam darah yang memungkinkan bagi anda mencegah diabetes. Seorang pakar gizi bernama Carol Johnston, PhD, sudah mempelajari sari cuka apel selama lebih dari 10 tahun dan telah percaya akan dampaknya pada gula darah yang menyerupai dengan obat-obatan tertentu.

  1. Mungkin efektif untuk mencegah kanker

Memang masih diperlukan banyak penelitian yang dapat menghubungkan antara cuka apel dengan masalah kanker. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didunia medis sudah memberikan jalan bahwa zat yang terdapat dalam cuka apel mampu membantu untuk membunuh sel kanker dan mengecilkan tumor. Akan tetapi tentu saja studi yang dilakukan masih pada subjek tikus dan belum membuktikann apa-apa pada subjek manusia.

7 manfaat jantung pisang bagi kesehatan

  1. Kesehatan Jantung

Penelitian sudah membuktikan bahwa sari cuka apel bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida pada objek tikus. Hal ini akan membawa hasil positif juga pada manusia karena sari cuka apel memiliki kandungan zat antioksidan asam chlorogenic yang sudah terbukti dalam menjaga kandungan kolesterol jahat (LDL) dari sebuah proses oksidasi. Proses ini amatlah penting untuk menghindari kita dari penyakit jantung.

  1. Menekan Kolesterol

Sebuah penelitian sudah menunjukkan bahwa cuka apel dapat meningkatkan profil lipid darah dengan cara mengurangi kadar trigliserida dan low-density lipoprotein (LDL-C) ataupun kolesterol jahat. Sebaliknya dia juga mampu meningkatkan kadar high density lipoprotein HDL-C ) ataupun kolesterol baik. Pertimbangkanlah dan konsultasikanlah dengan dokter terkait bila anda mengalami masalah kolesterol dan ingin menggunakan cuka apel ini.

Manfaat beras kencur untuk kulit

Sekian ulasan kami tentang 10 Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan dan Kecantikan, semoga apa yang telah kami paparkan diatas dapat menambah wawasan kita bersama. Terima kasih.

 

10 Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan dan Kecantikan | Planter | 4.5