10 Manfaat dan Khasiat Jagung Untuk Kesehatan

advertisement

10 Manfaat dan Khasiat Jagung Untuk┬áKesehatan – Siapa yang belum mengenal jagung? Jenis Tanaman bernama ilmiah Zea mays L. ini bisa tumbuh di berbagai daerah tropis. Jagung sangat kaya akan zat-zat penting bagi tubuh sehingga diketahui banyak seakali manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Namun, masih banyak yang memandang sebelah mata terhadap peranan jagung sebagai sumber makanan harian. Nasi jagung, sekarang sudah tergantikan dengan nasi putih. Yang perlu anda tahu, terlalu banyak konsumsi nasi putih tak bagus bagi kesehatan, terutama bagi para penderita diabetes.

10 Manfaat dan Khasiat Jagung Untuk Kesehatan

10 Manfaat dan Khasiat Jagung Untuk Kesehatan

Seringkali Jagung hanya dipakai untuk makanan ternak. Jagung dipanen lalu dikeringkan dan digiling untuk dicampurkan sebagai makanan burung atau ayam. Tapi, bila Anda peduli tentang kesehatan, pada dasarnya tak ada salahnya sering mengganti makan nasi putih dengan jagung. Kenapa begitu? Karena banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dengan mengonsumsi jagung.

Bila tak suka nasi jagung, Anda bisa mencampurkan atau memasaknya bersama sayuran. Sayur asam yang ditambahkan dengan jagung sangat lezat rasanya. Masakan lain ialah jagung cuma direbus saja. Jagung muda direbus bersama kulitnya, dan rasanya yang manis sangat enak dimakan. Bubur jagung yang dicampurkan dengan ayam juga lezat rasanya. Yang penting adalah Anda harus bisa mengolahnya agar kandungan nutrisi pada jagung tak hilang.

Nasi goreng jagung yang lezat

Nasi goreng jagung yang lezat

Berikut kami paparkan beberapa kandungan nutrisi yang terdapat pada jagung yang sangat baik untuk tubuh, diantaranya :

    1. Kaya serat
      Jagung kaya akan serat dan dapat membantu percepatan proses pencernaan tubuh. Menurut penelitian, secangkir setengah jagung terdapat lebih dari 10 % serat makanan untuk kebutuhan sehari-hari.
    2. Asam folat
      Bila Anda sedang hamil dan senang makan jagung, itu sangat bagus sekali. Jagung punya kandungan asam folat yang sangat baik bagi ibu dan bayi selama masa kehamilan. Asam folat baik untuk tulang belakang serta berat bayi, juga akan menghindarkan bayi dari cacat.
    3. Untuk kesehatan mata
      Jagung sangat baik untuk nutrisi mata. Jagung mengandung karotenoid yang dapat mengurangi resiko degenerasi makula. Karotenoid Lutein dan zeaxanthin terdapat dalam jagung juga mampu mengurangi perkembangan katarak pada kalangan orang tua.
    4. Untuk jantung sehat
      Jagung adalah obat yang baik untuk menjaga jantung tetap sehat. Vitamin C, karotenoid serta bioflavonoid berfungsi untuk mencegah penyakit jantung. Karotenoid pada jagung untuk mencegah terjadinya pengerasan arteri dan pengendali kadar kolesterol dalam darah.
    5. Sumber energi
      Jagung merupakan sumber penting energi yang menyediakan 342 kalori per 100 gram. Jagung banyak mengandung Vitamin B, terutama zat Niacin dan Thiamin yang sangat baik untuk tubuh dan pikiran. Kekurangan niacin akan menyebabkan demensia, dermatitis, serta Thiamin penting dalam menjaga kesehatan saraf.
    6. Mengandung banyak mineral
      Jagung banyak mengandung mineral diantaranya; magnesium, besi, mangan, tembaga, selenium dan seng yang kesemuanya sangat bagus untuk fungsi tubuh manusia. Fosfor juga amat penting dalam menjaga kesehatan tulang serta fungsi ginjal, dan magnesium berfungsi untuk mempertahankan denyut jantung agar tetap normal.
    7. Mengatasi anemia
      Bila Anda mengalami anemia, jagung bisa menjadi bagian penting dari program diet harian Anda. Anemia diakibatkan karena kurangnya vitamin B12, zat besi dan asam folat. Jagung punya tingkat signifikan vitamin B12, zat besi dan asam folat yang sangat baik untuk proses pembentukan sel darah merah.
    8. Makanan bagi penderita diabetes
      Bagi penderita diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi jagung dalam diet mereka karena jagung mengandung sifat yang dapat membantu kontrol insulin. Studi menunjukkan bahwa orang yang makan jagung akan mengurangi resiko terhadap diabetes bila dibanding dengan orang lain. Fitokimia dalam jagung dapat membantu mengatur diabetes.
Manfaat makan nasi jagung untuk kesehatan

Manfaat makan nasi jagung untuk kesehatan

  1. Anti-kanker
    Jagung adalah sumber makanan yang kaya antioksidan yang dapat melawan beragam jenis kanker. Senyawa fenolik pada jagung merupakan agen anti-karsinogenik, dan akan melawan kanker payudara serta kanker hati. Antioksidan yang terdapat dalamnya mampu membunuh sel-sel kanker dalam tubuh tanpa mempengaruhi sel-sel baik lainnya.
  2. Untuk kecantikan kulit
    Maizena dipakai dalam berbagai kosmetik, karena sangat bagus untuk kulit. Antioksidan berfungsi untuk mencegah proses penuaan. Pijatan secara teratur pada kulit dengan menggunakan minyak jagung dapat meningkatkan tekstur kulit dan dapat membantu memperoleh kulit yang cerah.
10 Manfaat dan Khasiat Jagung Untuk Kesehatan | Planter | 4.5