10 Penyebab Ketombe yang Perlu Diketahui

Friday, April 1st, 2016 - Kecantikan

10 Penyebab Ketombe yang Perlu Diketahui – Siapa sih yang tak mendambakan rambut bersih dan bebas kotor? Utamanya dengan serpihan putih bernama ketombe. Rambut berketombe rupanya bisa terjadi karena berbagai hal. Maka dari itu, sebelum mencari cara dalam mengatasi ketombe, perlu diketahui dahulu apa penyebab ketombe yang menempel di rambutmu.

Berikut ini adalah 10 penyebab ketombe yang perlu diketahui agar supaya ketombe membandel tak kan mengganggu lagi.

  1. Jarang Menyisir Rambut

Adapun salah satu rutinitas sederhana yang rupanya sangat mempengaruhi pada kesehatan rambut ialah menyisir. Menyisir rambut secara berkala akan mengatasi masalah rambut yang berketombe. Hal itu disebabkan karena gerakan menyisir yang justru mensitimulasi produksi minyak secara alami. Sehingga kulit kepala akan jadi lebih lembap.10 Penyebab Ketombe yang Perlu Diketahui

  1. Ragi

Ragi adalah salah satu bahan yang sering dipakai untuk membuat roti. Tapi, ragi yang berlebihan pada kulit kepala juga dapat menyebabkan rambut berketombe. Tentu ragi satu ini berbeda dengan ragi yang umum dicampurkan dalam makanan. Menurut Luis Garza, MD, PhD yang menjadi asisten profesor di John Hopkins School of Medicine, ragi ini adalah bagian dari kulit kepala yang bila pertumbuhannya tak terkontrol bisa menimbulkan ketombe.

  1. Kulit Kering

Penyebab ketombe yang terbanyak ditemui ialah kondisi keringnya kulit kepala. Ciri-ciri dari rambut berketombe yang dikarenakan oleh kurangnya kelembapan pada scalp ialah ketombe dengan serpihan kecil. Selain itu juga, serpihan ketombenya juga tak berminyak.

  1. Seborrheic Dermatitis

Gejala yang ini sering terjadi pada orang yang memiliki kulit berminyak. Rambut berketombee pada penderita penyakit itu juga ditandai dengan berbagai hal. contohnya kulit kepala yang tiba-tiba meruamm. Selain itu pula, kulit kepala yang berminyak juga akan dipenuhi dengan ketombe warna putih atau kuning.

  1. Malas Mencuci Rambut

Rutinitas yang padat bukan menjadi alasan untuk tak mencuci rambut. Kebiasaan buruk ini rupanya juga dapat menjadi penyebab rambut jadi berketombe. Hal ini dikarenakan adanya penumpukan dari minyak dan juga sel kulit mati. Sehingga bila dibiarkan justru akan menimbulkan ketombe yang parah.

  1. Jenis Kulit Tertentu

Tidak semua jenis kulit dapat terhindar dari rambut berketombe. Resikonya justru akan lebih besar pada orang yang punya eksim, psiorasis atau pun infeksi kulit yang cukup parah. Hal ini dikarenakan oleh banyaknya penumpukan sel kulit mati. Sehingga bila dibiarkan terus-menerus akan menyebabkan ketombe membandel.

  1. Produk Perawatan Rambut

Menggunakan  beragam jenis hair treatment memang bisa menjaga kesehatan rambut. Tapi, perhatikan komposisi bahan yang ada di dalamnya. Pastikan bila perpaduan di dalamnya aman dan tak menyebabkan ketombe. Selain itu juga, jangan terlalu sering berkeramas atau mewarnai rambut. Hal ini juga akan beresiko menimbulkan ketombe parah. Baca juga, Khasiat jeruk nipis

  1. Malassezia

Malassezia adalah salah satu jenis jamur yang ditemui pada kulit kepala. Keberadaannya pada dasarnya tak memberikan dampak buruk untuk kesehatan rambut. Tapi, bila kurang menjaga kebersihan rambut seperti contoh jarang berkeramas, bisa-bisa jumlahnya akan banyak dan menyebabkan rambut jadi berketombe. Tak heran, karena kondisi ini justru akan menimbulkan iritasi dan akan memperbanyak sel kulit mati. Baca juga, Manfaat jeruk nipis

  1. Diet

Menjaga berat tubuh ideal memang sangat penting. Tapi, jangan sampai tubuh jadi kekurangan asupan nutrisi. Utamanya vitamin B yang memegang peranan cukup penting dalam menjaga kesehatan rambut. Karena terbatasnya vitamin B yang diserap oleh tubuh akan menyebabkan rambut berketombe. Tak heran bila menu-menu diet anda yang kurang tepat justru akan menjadikan ketombe jadi parah. Baca juga, 10 manfaat minyak kelapa

  1. Berlebihan Menyantap Makanan Manis

Salah satu penyebab ketombe ialah kelebihan zat gula yang ada dalam darah. Hal ini akan meningkatkan kadar gula dalam darah yang dapat memperparah rambut berketombe. Tak Cuma itu, gula rupanya dapat menstimulasi pertumbuhan ragi Candida yang dapat menjadikan kulit kepala dipenuhi oleh seprihan pipih warna putih. Gula juga termasuk senyawa yang dapat menghambat kerja dari vitamin B.

Mengatasi ketombe secara ampuh akan bisa dilakukan bila sudah mengetahui penyebabnya. Sehingga berbagai cara untuk mengatasi ketombe baik dengan memakai shampo khusus ketombe atau obat ketombe alami dapat disesuikan dengan pemicunya. Makanya, tak ada salahnya untuk mencari tahu dengan sejumlah penyebab ketombe yang telah kami sebutkan di atas.

10 Penyebab Ketombe yang Perlu Diketahui | Planter | 4.5