12 Makanan Sehat untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Makanan sehat untuk Ginjal – Kita sudah tahu bukan tentang fungsi ginjal itu sangatlah penting sekali bagi tubuh kita. Jika ginjal tidak sehat maka bisa aja kita terkena penyakit yang amat berbahaya. Nah selain perlu tahu cara memelihara kesehatan ginjal, kita juga musti tahu asupan makanan yang sehat untuk ginjal kita. Agar Kesehatan Ginjal selalu terjaga dan tetap sehat sehingga kita dapat selalu bebas beraktifitas.

Makanan Sehat untuk Menjaga Ginjal

Rupanya penyakit ginjal itu dapat dicegah loh, dengan menggunakan berbagai asupan makanan yang mampu menjaga kerja ginjal agar tetap maksimal. Nah, jenis makanannya pun tak sulit didapat kok dan harganya juga relatif murah daripada sudah terkena penyakit  ginjal yang berbahaya seperti batu ginjal ataupun bahkan gagal ginjal. Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat menjaga ginjal agar supaya tetap sehat :

12 Makanan Sehat untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

  1. Bawang Putih

Tahukah anda bahwasannya bawang putih punya kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Selain itu pula, terdapat kandungan anti pembekuan yang bisa mengurangi terjadinya resiko berbagai jenis macam penyakit jantung. Bawang putih juga dapat menurunkan kadar kolestrol yang tak baik dan juga membantu mengurangi terjadinya peradangan pada tubuh. Dan sebenarnya terdapat banyak sekali manfaat bawang putih, jadi  bukan cuma itu aja.

  1. Berries

Buah ini tentu sangat enak dan biasanya banyak yang menyukainya. Contoh beberapa buah berries diantaranya cranberry, blueberry dan buah yang cukup sering kita jumpai yakni Strawberry. Buah-buahan tersebut sangatlah baik dan bagus sekali untuk menjaga kesehatan ginjal. Berries banyak mengandung zat anti inflamasi sehingga dapat mengurangi terjadinya peradangan dan juga dapat meningkatkan kerja dari kandung kemih.

 

  1. Paprika Merah

Paprika Merah  rupanya juga dapat membantu proses menghancurkan limbah yang masih tersisa di dalam tubuh. Maka jangan lupa untuk mengonsumsi paprika merah ya sobat.

 

  1. Putih Telur

Saat tubuh anda kekurangan kadar protein dan fosfor akan amat tak baik karena bisa membuat fungsi ginjal jadi menurun atau ginjal jadi bermasalah. Untuk dapat membantu mencegah resiko hal tersebut maka cobalah untuk konsumsi putih telur namun ingat sebisa mungkin bagian kuningnya jangan dimakan ya sobat.

 

  1. Kembang Kol

Kembang Kol juga punya banyak kandungan yang sangat baik untuk dapat membantu menjaga kesehatan ginjal diantaranya indole, glucosinolate, dan juga thiocyanate. Kandungan tersebut dapat membantu tubuh untuk menyingkirkan berbagai macam jenis racun dalam tubuh.

 

  1. Kecambah

Untuk anda yang punya penyakit batu ginjal ataupun ingin terhindar dari penyakit tersebut, konsumsilah kecambah mentah. Karena kecambah amat baik jika dimakan mentah dibanding dengan anda harus memasaknya terlebih dahulu. Kecambah amat baik dalam membantu membersihkan organ ginjal dan juga agar mencegah resiko terkena penyakit batu ginjal.

 

  1. Kubis

Kubis umumnya digunakan sebagai pengobatan tradisional jika terjadi masalah pada ginjal. Jenis sayuran ini dapat menjaga ginjal supaya tetap sehat dan memperbaikinya agar supaya selalu berfungsi dengan baik.

Baca Juga; 4 ramuan obat batu ginjal berbahan cuka apel

  1. Apel

Apel adalah buah yang amat bagus sekali untuk membantu proses pembuangan racun pada tubuh (detokfiksasi). Selain itu pula, apel juga dapat membantu menjaga agar supaya ginjal tetap bersih.

 

  1. Ikan

Dalam ikan terdapat kandungan lemak omega 3 yang amat baik sekali untuk ginjal karena sifatnya anti inflamasi. Selain itu pula ikan juga punya banyak kandungan protein yang dapat menjaga tubuh supaya tetap sehat dan sangat baik bagi otak. Terdapat beberapa jenis ikan yang baik untuk ginjal diantaranya makarel, salmon, hering dan juga tuna.

Hindari 4 kebiasaan ini agar ginjal anda sehat

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun ini tak perlu diragukan lagi khasiatnya. Bukan cuma mampu menjaga tubuh supaya tetap sehat tapi bisa dapat menjaga supaya penampilan anda selalu cantik. Minyak zaitun amat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Karena minyak ini punya kandungan anti inflamasi asam lemak sehingga dapat menurunkan oksidasi dan juga menjaga ginjal tetap sehat.

 

  1. Bawang Merah

Bawang merah adalah obat alami untuk mengobati masalah batu ginjal. Jika dikonsumsi dapat dijadikan sebagai obat penawar racun sehingga mampu menjaga selalu ginjal anda tetap bersih dan sehat.

Cara alami membersihkan ginjal agar tetap sehat

  1. Ceri

Sama seperti apel ceri juga bisa dijadikan sebagai zat detokfiksasi. Selain itu pula, ceri juga kaya sekali dengan vitamin dan rendah protein. Hal ini yang membuat ceri amat baik untuk meningkatkat kualitas fungsi ginjal. Ceri juga dapat mengurangi kadar kalium yang berlebih dalam tubuh.

 

Sekian bahasan kami tentang 12 Makanan yang Menyehatkan Ginjal. Maka alangkah baiknya untuk menjga ginjal supaya tetap sehat minum air untuk menbantu proses pembuangan racun dan kurangi berbagai jenis makanan yang dibakar apalagi digoreng. Bolehlah dikonsumsi asalkan tak berlebihan. Minumlah pula berbagai jenis jus yang dapat menyehatkan dan biasakan untuk mengonsumsi makanan yang dikukus ataupun yang dimakan mentah mentah. Hal ini untuk menjaga fungsi ginjal agar tetap baik dan mengurangi risiko terkena penyakit ginjal yang cukup berbahaya.

12 Makanan Sehat untuk Menjaga Kesehatan Ginjal | Planter | 4.5