12 Manfaat Dan Khasiat Buah Kesemek Bagi Kesehatan

12 Manfaat Dan Khasiat Buah Kesemek Bagi Kesehatan – Kesemek atau yang dikenal dengan nama latin (Diospyros kaki) ini merupakan salah satu jenis buah dengan kandungan gizi yang cukup banyak seperti Vitamin C, Serat, Karbohidrat, Protein, Kalium, gula berupa frukosa dan glukosa. Sehingga tidak heran jika fungsi buah ini sangat berpengaruh untuk kinerja tubuh kita. Namun untuk saat ini buah kesemek sangat sulit didapat karena hampir punah yang mengakibatkan tidak semua orang bisa menikmatinya.

12 Manfaat Dan Khasiat Buah Kesemek Bagi KesehatanPohon kesemek berasal dari Tiongkok yang kemudian menyebar ke seluruh penjuru dunia tak terkecuali Indonesia. Sedangkan pada Indonesia sendiri, buah ini banyak ditemukan di daeran Jatim dan Jabar. Dengan habitat hidup di daerah pegunungan yang mempunyai suhu relatif dingin. Ciri pohon terdapat pada batang pendek yang hanya mencapai ketinggian sekitar 15 meter. Mempunyai banyak cabang bengkok, sedangkan bunga soliter dengan buah yang bulat buni. Untuk mengkonsumsi buah kesemek membutuhkan proses penegolesan air kapur yang kemudian di peram. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan atau paling tidak mengurangi rasa sepat dari buah.

Nah Pertanyaannya adalah : Apa saja 12 Manfaat Dan Khasiat Buah Kesemek Bagi Kesehatan?

  1. Mempunyai sifat yang sangat berguna untuk mencegah sel kanker atau tumor menjalar dalam tubuh. Istilah ini dikenal juga sebagai (Anti-kanker / Anti-tumor).
  2. Memperkuat organ limpa sehingga kerusakan tubuh terhadap zat asing bisa ditangani.
  3. Melancarkan peredaran darah dalam tubuh yang juga berguna untuk mencegah tekanan darah tinggi.
  4. Menormalkan kinerja jantung dan mencegah mengerasnya pembuluh darah.
  5. Terapi untuk pencegahan penyakit makula (hal ini umum terjadi pada orang tua)
  6. Meringankan gejala sesak nafas dan mengatasi asma.
  7. Ampuh untuk mengobati batuk serta mengeluarkan dahak.
  8. Mengurangi nyeri sakit perut akibat penyakit maag, kembung, dll.
  9. Melancarkan sistem pencernaan dan membantu proses penyerapan sari makanan menjadi lebih cepat. Sehingga mencegah penumpukan racun dalam tubuh. Fungsi ini amat baik untuk mengurangi obesitas atau kelebihan berat badan.
  10. Membantu pembentukan sel darah merah yang sangat cocok bagi anda penderita anemia (kurang darah).
  11. Mencegah penuaan dini dengan mengurangi keriput dan menyamarkan garis halus pada wajah.
  12. Menjaga kesehatan organ paru-paru.

Berbagai khasiat yang sudah kami sebutkan diatas bisa didapat dengan mudah yaitu cukup hanya mengkonsumsi buahnya saja. Namun sebagai alternatif lain, berikut kami sudah menyediakan resep herbal buah kesemek yang bisa anda coba sendiri di rumah.

  1. Untuk mengurangi dan mengatasi sakit perut, rebus 2 buah kesemek kering dengan 400cc air (2 gelas). Tambahkan 1/2 cangkir beras ketan kemudian terus aduk hingga menjadi bubur. Campurkan juga perasan jeruk nipis dan dimakan 3x sehari.
  2. Untuk mengurangi Tekanan darah tinggi (Hipertensi), Kukus 3 buah kesemek yang sudah dikeringkan hingga matang. Haluskan dan dipadukan dengan 1 sendok makan madu asli. Makan 1x sehari.

Sekian ulasan kami tentang 12 Manfaat Dan Khasiat Buah Kesemek Bagi Kesehatan. Semoga Bermanfaat!

12 Manfaat Dan Khasiat Buah Kesemek Bagi Kesehatan | Khoirun Nisa' | 4.5