15 Manfaat Leunca Bagi Kesehatan

Wednesday, November 18th, 2015 - Sayur

15 Manfaat Leunca Bagi Kesehatan – Buah Ranti (Sayur Leunca) banyak dikonsumsi sebagai lalapan karena dipercaya dapat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh dan melancarkan sistem pencernaan. Memang hal ini tidak bisa disangkal sebab alasan tersebut didukung oleh banyaknya kandungan gizi didalamnya. Beberapa contoh nutrisi tersebut berupa Kalsium, solasonin, Fosfor, Vitamin A, Vitamin C, Zat Besi, Solanin, Glikoalkaloid, Solasodin, Solanidin, Saponin, Atropin, Diosgenin, tigogenin, Minyak Semak, Zat Samak, Kalori, Protein, dan lemak. Jadi sangat tidak heran jika leunca dijadikan salah satu sayur yang mempunyai khasiat sebagai bahan pangan sekaligus tanaman obat yang sangat banyak penggemarnya.

15 Manfaat Leunca Bagi Kesehatan

Sayur Leunca memang berkemampuan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dan penemuan ini sudah diketahui sejak 2000 tahun lalu. Namun meski begitu, sayur ini juga tidak bisa sembarangan dikonsumsi jika anda tidak paham betul dengan jenis dan macamnya. Karena kesemua leunca juga memiliki kandungan racun, sehingga hanya sebagian saja (jenis yang mempunyai kandungan racun terkecil) dari jenis leunca yang bisa dikonsumsi.

Leunca ((Solanum nigrum) jenis sayur yang tergolong dalam terung-terungan dan berasal dari Asia Barat. Cirinya bisa diketahui dengan melihat pohon yang berbentuk terna tahunan, habitat hidup di alam terbuka seperti ladang dan sawah, dan mempunyai ketinggian batang mencapai 1m lebih. Batangnya boleh dibilang tidak berkayu dan mempunyai bulu halus. Daun bercabang, Bunganya putih dengan warna kepala sari kuning. Sedangkan buah buni berwarna cokelat kehitaman jika sudah matang (Buah yang bisa dikonsumsi bisa dilihat dari galurnya).

15 Manfaat Leunca Bagi Kesehatan :

  1. Mempunyai sifat Anti-kanker yang berkemampuan untuk mencegah dan menyembuhkan.
  2. Sebagai Anti-Inflamasi yang baik untuk mengobati peradangan.
  3. Mengurangi rasa nyeri dan sakit (Analgetik).
  4. Bersifat menyejukkan dan menurunkan demam (Antipretik).
  5. Meluruhkan dan melancarkan saluran kemih (Diuretik).
  6. Melegakan nafas dan meredakan batuk.
  7. Mencegah Hipertensi / Tekanan darah tinggi.
  8. Meningkatkan kinerja Organ hati sehingga berguna untuk menetralkan dan mengeluarkan racun dalam tubuh.
  9. Berfungsi sebagai Anti-Mikroba, Anti-Biotik gunanya untuk membunuh kuman dan virus.
  10. Meringakan nyeri sakit pinggang, pegal linu, otot dan pinggang kaku, dan encok.
  11. Menyembuhkan rematik dan gejala yang disebabkan.
  12. Mengobati kutilan (dengan menggunakan getah leunca).
  13. Bersifat Anti-Pruritus yang mampu menghilangkan gatal pada kulit.
  14. Sebagai alat Kontrasepsi pada pria (leunca mampu mengurangi produksi sperma dan mengurangi kesuburan).
  15. Bersifat Sitoprotektif yang mencegah dan melawan kerusakan pada ginjal (hal ini ditopang oleh aktifitas Anti-Ulserogenik yang terkoneksi langsung dengan sistem saraf pusat, lambung, dan agen Anti-Neoplastik)Fungsinya untuk sitoprotektif.

Untuk menggunakan sebagai obat herbal, anda bisa mencampurkan 10 butir buah leunca pada jus sayuran. Atau dengan menyiapkan 20gr leunca kering yang kemudian direbus dengan 800cc air (4 gelas) hingga tersisa separuhnya. Konsumsi sehari 2x (1 gelas / perkonsumsi) sore dan pagi hari.

Sekian ulasan kami tentang 15 Manfaat Leunca Bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat!

15 Manfaat Leunca Bagi Kesehatan | Khoirun Nisa' | 4.5