5 Cara Perawatan Kaki Bagi Penderita Diabetes

5 Cara Perawatan Kaki Bagi Penderita Diabetes – Diabetes melitus, DM (dalam bahasa Yunani: διαβαίνειν, diabaínein, pancuran air atau tembus) (bahasa Latin: rasa manis, mellitus) yang dikenal juga di Indonesia dengan istilah nama penyakit kencing manis merupakan kelainan metabolik yang diakibatkan oleh banyak faktor seperti diantaranya kurangnya insulin atau ketidakmampuan tubuh untuk memanfaatkan kandungan insulin (Insulin resistance), dengan simtoma yang berupa hiperglikemia kronis dan juga gangguan metabolisme karbohidrat, protein dan lemak, yang merupakan akibat dari:

aktivitas insulin, defisiensi sekresi hormon insulin, ataupun keduanya.

defisiensi transporter glukosa. maupun keduanya.

Glukosa ialah bukan gula biasa yang umum ada di toko ataupun pasar. Glukosa merupakan karbohidrat alami yang dipakai tubuh untuk sumber energi. Yang banyak dijual di pasaran adalah sukrosa dan ini amat berbeda dengan glukosa. Adapun Konsentrasi tinggi dari glukosa bisa ditemukan pada minuman ringan (berupa soft drink) dan jenis buah-buah tertentu. Kadar gula darah cuma menyiratkan kadar glukosa darah dan tak menyatakan kadar fruktosa, sukrosa, laktosa (banyak pada susu) dan maltosa. Yang bukan glukosa akan diubah sebagian jadi glukosa melalui serankaian proses yang dapat panjang tergantung dengan jenisnya, karena itu mungkin tak cepat menaikkan kadar gula darah. Buah selain punya kadar glukosa juga punya fruktosa dengan komposisi yang berbeda tergantung jenis buahnya. Sukrosa termasuk cepat untuk berubah menjadi glukosa, namun gula batu karena proses membuatnya berbeda lebih baik dari gula pasir, sedangkan jenis gula aren dan gula jawa itu lebih baik untuk penderita diabetes.

Penderita diabetes rentan akan luka pada tubuhnya. Kaki merupakan salah satu bagian tubuh penderita diabetes yang perlu dijaga dan dihindarkan dari berbagai luka sekecil apapun. Bila perawatannya tak seksama, luka yang memborok akan mengakibatkan infeksi yang cukup berbahaya sampai berujung tindakan amputasi.5 Cara Perawatan Kaki Bagi Penderita Diabetes

5 Cara Perawatan Kaki Bagi Penderita Diabetes

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat kaki bila Anda ataupun kerabat Anda menderita diabetes, mari kita simak bersama, diantaranya :

·         Jaga Kaki Tetap Kering dan Bersih

Lakukan dengan teratur, cuci lalu keringkan kaki memakai sabun lembut dan juga air hangat. Keringkan bagian kaki utamanya pada bagian sela-sela jari.

·         Pakai Lotion dengan Teratur

Pemakaian lotion akan menghindarkan kaki dari masalah kulit seperti pecah-pecah. Oleskanlah lotion untuk kulit tipis kemudian ratakan.

·         Rapikan Kuku Kaki

Caranya, Gunting dan rapikan kuku kaki satu kali seminggu atau sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa haluskan ujung-ujung kuku sesudah digunting supaya tak melukai. Hindarilah menggunting kutikula kuku dan sudut kuku yang masuk ke bagian dalam daging agar tak terluka. Bila Anda kesulitan untuk melakukannya, kami sarankan untuk meminta bantuan orang lain atau dengan mengunjungi salon kecantikan kuku ataupun dokter.

·         Hindari Berjalan Tanpa Alas Kaki

Selalu pakai alas kaki, utamanya saat berjalan di tempat terbuka. Adanya benda-benda kecil seperti kerikil ataupun pecahan kaca yang tidak terlihat akan cukup berbahaya untuk kaki Anda.

·         Gunakan Sepatu Yang Pas dan Nyaman

Selalu lindungilah kaki Anda dengan ukuran sepatu yang pas dan nyaman. Hindarilah sepatu dengan bentuk meruncing di bagian ujungnya, berhak tinggi atau yang ujungnya terbuka yang berpotensi terantuk ataupun kena benda-benda yang melukai.

Bagi orang penderita diabetes, luka tak bisa disepelekan begitu aja. Dengan mencegah terjadinya luka merupakan hal yang perlu perhatian khusus. Semoga tips kecil ini bisa berguna untuk Anda semua ya. Sekian artikel kami tentang 5 Cara Perawatan Kaki Bagi Penderita Diabetes, semoga dapat menambah wawasan kita bersama. Salam sehat.

5 Cara Perawatan Kaki Bagi Penderita Diabetes | Planter | 4.5