5 Dedaunan Yang Berfungsi Sebagai Tanaman Obat

Sunday, December 7th, 2014 - Daun

Tanaman Obat | Pada posting terdahulu mungkin kami sudah membahas beberapa tanaman obat yang bisa didapatkan dari tanaman-tanaman dibawah ini, namun tak ada salahnya jika kami merangkumnya untuk anda supaya lebih ringkas dan mudah untuk mengetahui 5 tanaman berkhasiat tersebut. Mari kita simak bersama, apa saja 5 tanaman berkhasiat yang bisa kita manfaatkan daunnya, diantaranya ;

 

Gambar daun arbei

Gambar daun arbei

  • Daun Arbei
    Tanaman ini tumbuh subur di Indonesia dan sudah banyak yang membudidayakannya terutama didaerah yang berhawa sejuk. Umumnya orang mengenal buahnya saja (yang mirip stroberi), namun yang perlu anda tahu bahwa daunnya ternyata memiliki khasiat untuk obat. kandungan zat yang dimiliki daun ini, diantaranya : alkali tanah , logam-logam alkali, garam, molat, sitrat, pectin dan gula. Daun ini dipercaya berkhasiat untuk bahan bakal obat yang bisa memperlancar aliran air seni.

 

gambar daun randu

gambar daun randu

  • Daun Randu
    Tanaman randu juga merupakan salah satu tanaman yang tumbuh subur di Indonesia. Banyak dari kita yang hanya mengenal buahnya saja. Tapi yang perlu juga kita tahu bahwa daunnya pun bermanfaat untuk kesehatan manusia. Kandungan DaunĀ  randu ialah; zat penyamak, zat hidrat arang, serta damar yang pasif. Daun randu sangat bermanfaat untuk mengobati mencret dan untuk obat kumur. Adapun Dosis yang umumnya digunakan ialah 2-10 gram.

 

Gambar daun salam

Gambar daun salam

  • Daun Salam
    Tanaman salam termasuk mudah kita jumpai, banyak orang yang menanamnya terutama di pedesaan. Masyarakat Indonesia umumnya memanfaatkan daun salam untuk bahan penyedap masakan. Adapun kandungan yang dimiliki daun salam ialah ; zat penyamak dan minyak atsiri. Daun salam juga bisa dipakai untuk bahan bakal obat astringensia dengan dosis umum antara 5-15 mg.

 

Gambar daun jambu biji

Gambar daun jambu biji

  • Daun Jambu Biji
    Tanaman jambu biji mudah sekali dijumpai, banyak masyarakat kita yang menanamnya karena memang buahnya yang lezat untuk disantap. Dan memang selama ini banyak dari kita yang hanya mengenal dari buahnya saja, namun tahukah anda bahwa daunnya pun ternyata bermanfaat untuk pengobatan. Daun jambu biji memiliki kandungan minyak atsiri berwarna kehijauan yang mengandung egenol, zat penyamak, minyak lemak, garam-garam mineral dan damar. Daun jambu biji berguna untuk mengatasi penyakit mencret dan astringensia.

 

Gambar daun teh

Gambar daun teh

  • Daun Teh
    Sejak ratusan tahun yang lalu Tanaman teh sudah dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat kita, terutama dinikmati untuk minuman yang menyegarkan. Daun teh memiliki kandungan zat ; tatin, kafein, dan sedikit minyak atsiri. Disamping sebagai penyegar minuman, daun teh juga berkhasiat untuk obat antidotum pada keracunan karena logam berat dan alkaloida. Caranya, Petiklah pucuk daun teh beserta 2-3 helai daun dibawahnya. Daun teh tersebut siap menjadi Obat.

Sekian informasi dari kami tentang 5 Dedaunan yang berfungsi sebagai tanaman obat semoga apa yang telah kami tuliskan dapat bermanfaat untuk anda.

5 Dedaunan Yang Berfungsi Sebagai Tanaman Obat | Planter | 4.5