7 Jenis Makanan Baik dan Sehat untuk Menu Sahur

Wednesday, June 8th, 2016 - Kesehatan

Makanan Sehat untuk Sahur – Berpuasa sudah menjadi salah satu ibadah wajib dalam bulan Ramadan. Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh di dalamnya. Selain iman yang akan bertambah, kesehatan pun juga ikut bertambah. Kesehatan selama Ramadan didukung oleh adanya asupan makanan sehat yang kita konsumsi. Ketika kita salah memasukkan asupan makanan, maka efek yang akan timbul menjadi tidak baik bagi tubuh.

Oleh karenanya, penting sekali untuk menyiapkan menu masakan dalam bulan Puasa sejak awal. Hal ini perlu dilakukan untuk meminimalisir kebingungan dalam memilih menu masakan, yang akibatnya kita akan cenderung memilih menu makanan secara asal-asalan tanpa memperhatikan sisi kesehatan. Sahur sudah menjadi salah satu rutinitas keseharian sebelum menjalankan ibadah puasa. Dan sahur juga telah menjadi penentu kualitas kita selama sehari. Untuk itulah, menjadi penting kiranya untuk mengetahui makanan apa aja sih yang baik dikonsumsi saat sahur.

7 Makanan Baik dan Sehat untuk Sahur

Berikut 7 makanan sehat yang perlu anda konsumsi ketika sahur:

  1. Kurma

Manfaat Kurma untuk Kesehatan TubuhKurma merupakan salah satu buah yang sangat kaya manfaat. Seperti temuan dalam berbagai penelitian, bahwa buah kurma mampu mengurangi resiko penyakit stroke, sebagai obat anti inflamasi dan juga mengatasi masalah sembelit dan menjaga kesehatan organ pencernaan. Selain itu pula, kurma juga mampu memberikan energi cukup untuk dapat menahan lapar selama sehari penuh. Jumlah yang dianjurkan ialah 3 butir pada saat sahur, sebagaimana yang sudah dicontohkan sesuai sunnah. Maka, silahkan makan kurma dari sekarang dan rasakan pula manfaatnya!

  1. Nasi Merah

nasi merah baik untuk sahurNasi merah yakni berasal dari beras merah yang dalam proses olahnya tak melalui penggilingan ataupun pengelupasan kulit seutuhnya, sehingga lapisan yang melapisi biji masih ada.

Jarang kita temukan orang yang mengkonsumsi nasi merah, padahal jika kita tahu, banyak sekali kandungan dalam nasi merah yang sangat baik bagi tubuh kita. Salah satunya ialah karbohidrat kompleks. Kandungan ini akan meningkatkan gula darah secara perlahan sehingga tak kan membuat tubuh kita shock. Baca juga, Makanan yang baik untuk diet

Selain itu juga, karbohidrat kompleks juga akan terasa cukup lama dicerna oleh tubuh. Sehingga membuat perut kita akan terasa kenyang lebih lama. Oleh karenanya, cocok sekali mengkonsumsi nasi merah ini di saat sahur ataupun sebagai makanan berbuka puasa, atau pengganti nasi putih.

  1. Apel

manfaat Apel untuk energi tubuhBagi anda yang sekarang sedang menjalani program diet. Maka, ada baiknya untuk rutin mengkonsumsi buah apel saat sahur. Karena sebutir apel cuma mengandung 80 kalori dan 4 gram serat. Mengkonsumsi apel sehabis makan sahur, selain akan membantu melancarkan penceranaan, juga akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu pula, rupanya apel juga bisa membersihkan plak gigi dan juga membantu menghasilkan air liur bersih, sehingga akan mengurangi bau mulut di saat berpuasa. Baca juga, Cara sehat kurangi gula dalam tubuh

  1. Ikan

Hal Penting yang Perlu Anda Tahu Tentang Ikan dan ManfaatnyaIkan merupakan salah satu hewan yang memiliki kandungan lemak baik untuk tubuh kita. Lemak ikan sehat yang ada pada ikan salmon, makarel, tuna, dan juga sarden mengandung zat omega-3 yang cukup tinggi. Amat baik untuk kesehatan otak kita, dapat menurunkan tingkat kolesterol, dan dapat melancarkan proses metabolisme tubuh. Di saat sahur, maka sebaiknya olah ikan dengan cara dipanggang, dikukus ataupun dipadukan dengan sayur.

  1. Kacang-kacangan

8 Manfaat Menakjubkan Kacang Tanah Bagi KesehatanKacang bisa menjadi salah satu menu alternatif makanan sehat saat sahur. Jenis kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi ialah kacang kedelai (contoh; tempe), buncis, kacang merah, dan kacang panjang. Mengkonsumsi kacang di saat sahur akan membuat perut kita terasa kenyang lebih lama, karena kacang-kacangan memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang penyerapannya memerlukan waktu yang relatif lama. Baca juga, 5 alasan kenapa vegetarian berumur panjang

Selain itu pula, mengkonsumsi kacang almond, kacang mede ataupun pistachio pada saat menunggu imsak dapat Anda lakukan, karena termasuk kombinasi sempurna antara lemak, protein dan juga serat.

  1. Telur

Manfaat Putih Telur untuk Kesehatan TubuhSiapa yang tak suka telur? Makanan ini sudah menjadi kesukaan hamper semua kalangan. Dari yang masih kecil hingga yang sudah berumur. Telur bisa dimasak dengan cara digoreng ataupun direbus, juga bisa dicampur dengan susu jadi omelete. Sebutir telur memiliki kandungan protein sekitar 6 gram. Kandungan ini cukup untuk membuat kita terasa kenyang dalam waktu yang cukup lama. Nah sobat, mulai sekarang yuk kita konsumsi telur.

  1. Air lemon

air lemon baik sehat untuk sahur puasaSudah booming di tahun 2015 tentang food combining. Apakah itu food combining? Menurut Wikipedia, food combining ialah sebuah pengaturan pola makan yang disesuaikan dengan kebutuhan pagi, siang dan juga malam hari.

Menurut seorang pakar food combining dalam buku “Food Combining di Bulan Ramadhan,” minum air hangat perasan jeruk lemon di saat sahur menjadi sangat baik untuk tubuh. Adapun Manfaatnya ialah untuk menormalkan kondisi liver yang sudah bekerja semalaman menjadi katalisator serap di saat tidur. Bagaimana, anda tertarik untuk mencobanya?

Demikian tadi beberapa makanan yang bisa dijadikan sebagai pilihan menu selama Ramadan maupun puasa sunah. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat berpuasa bagi anda yang menjalankannya.

7 Jenis Makanan Baik dan Sehat untuk Menu Sahur | Planter | 4.5