7 Makanan yang Baik dan Sehat Untuk Buka Puasa

Tuesday, June 7th, 2016 - Kesehatan

7 Makanan Sehat Untuk Buka Puasa – Bulan ramadhan merupakan bulan dimana seluruh umat muslim melakukan puasa wajib. Puasa adalah sebuah bentuk ibadah kepada Allah SWT dengan cara menahan diri dari berbagai sesuatu yang bisa membatalkan puasa, baik jasmani ataupun rohani dimulai sejak terbitnya matahari (masuk waktu subuh) sampai terbenamnya matahari (maghrib).

Menjaga kesehatan di saat puasa ramadhan adalah sebuah keharusan, salah satu caranya ialah dengan selalu memperhatikan setiap makanan yang kita konsumsi pada saat sahur dan juga berbuka puasa.

Kebanyakan orang memiliki kecenderungan untuk makan terlampau banyak atau berlebih saat berbuka puasa, apalagi dengan adanya hidangan yang enak dan menggoda selera. Yang perlu anda perhatikan ialah komposisi makanan haruslah sesuai sehingga apa yang kita konsumsi memiliki nilai gizi yang cukup baik dan tak menimbulkan dampak negatif sesudahnya.

Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang baik untuk kita konsumsi pada saat berbuka puasa, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Kurma

Kurma adalah menu wajib si saat berbuka puasa. Sebaiknya tak mengonsumsi makanan yang berat terlebih dahulu saat kita hendak buka puasa. Usahakanlah mengkonsumsi makanan yang ringan dan manis, salah satunya ialah kurma.

buah kurma siap makan

Kurma punya banyak sekali manfaat baik bagi tubuh kita. Kurma banyak mengandung glukosa, fruktosa dan sukrosa dengan kandungan kalori yang cukup rendah. Dengan kandungan gula alami ini, kurma akan mengembalikan energi yang hilang selama melakukan puasa.

  1. Madu

Madu juga punya banyak sekali manfaat bagi tubuh bila dikonsumsi. Madu memiliki kandungan kalium, kalsium, zat besi, antioksidan, vitamin, magnesium, mangan dan sulfur. Madu mampu melancarkan sistem metabolisme dan juga dapat mengatasi gangguan pencernaan. manfaat madu untuk buka puasa

Selain itu pula kandungan glukosa dan fruktosa yang dimiliki amat mudah diserap oleh tubuh sehingga akan mengembalikan stamina dan juga energi yang hilang.

  1. Air Putih

Pada saat berpuasa, tubuh kita akan mengalami dehidrasi yang akan menyebabkan lelah, sakit kepala dan juga sulit berkonsentrasi. manfaat air putih saat puasa

Oleh karenanya, kami anjurkan untuk langsung minum air putih dahulu di saat berbuka puasa, agar supay cairan dalam tubuh yang hilang dapat kembali normal. Baca juga, makanan berlemak yang justru bikin kurus

  1. Buah-buahan Segar

Mengkonsumsi buah segar di saat berbuka puasa juga amat di anjurkan, karena buah-buahan mudah dicerna usus. Pilihlah buah yang banyak mengandung air seperti semangka, anggur dan jeruk dan lainnya untuk mengatasi dehidrasi. manfaat buah saat puasaSelain itu pula, usahakan mengkonsumsi buah yang kaya serat, contohnya pisang dan pepaya  karena buah ini mudah dicerna dan mampu mengembalikan energi yang hilang.

  1. Sayur-sayuran

Sayuran amat cocok untuk makanan berbuka puasa karena amat mudah dicerna oleh tubuh kita. Di saat berpuasa, lambung beristirahat sehingga ukuran lambung akan mengecil dan enzim pencernaan dalam tubuh akan berkurang, itulah mengapa kita perlu makan makanan yang mudah dicerna tubuh agar supaya lambung tidak shock dan tak bekerja terlalu keras. Baca juga, 9 Makanan penyebab kanker yang perlu dihindarimanfaat sayuran bagi yang berpuasa

Sayuran yang kami rekomendasikan ialah sayuran hijau, karena banyak mengandung nutrisi seperti mineral, vitamin serat, protein, dan zat besi yang tentu sangat bermanfaat bagi tubuh.

  1. Ikan

Biasanya ikan dikonsumsi sebagai pendamping nasi atau lauk pauk saat berbuka puasa. Ikan memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, karena daging ikan memiliki kandungan protein, vitamin D, vitamin B2, omega 3, antioksidan, dan berbagai mineral.manfaat konsumsi ikan saat puasa

  1. Telur

Telur amat baik untuk menu buka puasa. Selain karena mudah dalam penyiapan dan juga penyajiannya, telur amat mudah dicerna dan memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Karena dalam satu telur terdapat 6 gram protein dan juga 9 macam asam amino. Baca juga, 4 Makanan yang dapat turunkan stres dan berat badanmanfaat konsumsi telur saat berbuka

Demikianlah beberapa jenis makanan yang amat baik bila dikonsumsi saat kita berbuka puasa. Semoga bermanfaat dan tentunya semoga puasa ramadhan kita tahun ini dan ibadah lainnya akan semakin baik serta kita bisa berjumpa kembali dengan ramadhan tahun depan. Amiin, Terimakasih.

7 Makanan yang Baik dan Sehat Untuk Buka Puasa | Planter | 4.5