7 Manfaat Teh Oolong yang Perlu Anda Tahu

Tuesday, September 29th, 2015 - Kesehatan

7 Manfaat Teh Oolong yang Perlu Anda Tahu – Pernahkah Anda minum teh Oolong? Teh ini punya paduan rasa antara teh hitam dan hijau. Ada banyak macam jenis teh oolong, namun jenis yang cukup terkenal berasal dari Propinsi Fuijan, China. So, mengapa kita musti minum teh Oolong? Sebagai salah satu teh yang cukup populer di China dan juga Taiwan, Oolong dikenal punya banyak manfaat bagi tubuh. Nah, berikut ini merupakan 7 manfaat teh Oolong bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya :7 Manfaat Teh Oolong yang Perlu Anda Tahu

7 Manfaat Teh Oolong yang Perlu Anda Tahu

  1. Membantu menurunkan berat badan

Hal ini merupakan salah satu khasiat teh oolong untuk mereka yang sedang melakukan diet. Teh oolong akan membantu proses pembakaran lemak lebih cepat dengan cara meningkatkan metabolisme, 2 jam sesudah meminumnya. Oolong juga memiliki kandungan polifenol yang dapat menangkal enzim yang membentuk lemak dalam tubuh.

  1. Menurunkan kolesterol

Teh oolong juga disebut mampu menurunkan kolesterol. Itu artinya teh ini dapat meningkatkan kesehatan jantung kita. Kandungan zat polifenol yang ada dalam oolong juga bisa mengaktifkan zat enzim lipase yang akan melarutkan lemak dalam tubuh.

  1. Menyehatkan rambut

Karena kaya akan zat antioksidan, teh oolong juga bisa menyehatkan rambut dan juga kulit kepala. Kita dapat memakainya untuk proses membilas rambut. Membuat rambut kita jadi lebih tebal dan juga berkilau.

  1. Menstabilkan gula darah

Bagi para penderita diabetes tipe 2 biasanya punya kadar glukosa darah yang cukup tinggi. Penelitian mengemukakan bahwa mereka para penderita diabetes dapat mengkonsumsi teh oolong untuk menormalisasi kadar glukosa darah.

  1. Mencegah kerusakan gigi

Teh oolong juga mampu melindungi gigi kita dari zat asam yang ditimbulkan oleh jenis bakteri tertentu. Ini artinya, teh ini cukup efektif untuk mencegah terjadinya kerusakan gigi dan timbunan plak.

  1. Mencegah osteoporosis

Selain susu, kita dapat mengkonsumsi teh oolong agar tulang kuat. Oolong mampu mencegah terjadinya osteoporosis dan juga menguatkan tulang. Sebuah Penelitian menyimpulkan bahwa mereka yang secara rutin mengonsumsi teh oolong maka akan cenderung punya tulang yang lebih padat, karena teh ini akan membantu dalam mempertahankan mineral dari berbagai makanan sehat yang telah di konsumsi.

  1. Meningkatkan fokus

Dengan secangkir teh oolong bisa membantu untuk meningkatkan fokus karena memiliki kandungan kafein. Anda dapat mengganti kopi dengan teh oolong sebagai cara alternatif untuk meningkatkan fokus pada saat bekerja.

Karena kandungan kafein ini, Anda tak boleh mengkonsumsinya dengan berlebihan. Karena, mengkonsumsi dalam jumlah banyak kafein akan menyebabkan efek samping contohnya sakit kepala, sindrom iritasi usus, rasa gelisah, denyut jantung yang tak teratur dan terjadinya peradangan. Bila Anda sedang hamil, menyusui ataupun punya kondisi medis serius yang dapat berpengaruh karena konsumsi kafein, maka coba untuk konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

7 Manfaat Teh Oolong yang Perlu Anda Tahu | Planter | 4.5