8 Akar Tanaman yang Berguna Sebagai Ramuan Obat

Akar Tanaman Sebagai Ramuan Obat – Akar adalah salah satu bagian dari tanaman. Keberadaan akar itu sendiri tak hanya sebagai penyerap air dan zat-zat makanan bagi tumbuhan. Untuk manusia, beberapa jenis akar tanaman juga punya fungsi, terlebih untuk kesehatan. Di Indonesia, ramuan obat dari jenis tumbuh-tumbuhan merupakan salah satu alternatif proses obat pemyembuhan beberapa jenis penyakit selain menggunakan obat yang sifatnya medis.

Telah banyak akar yang diketahui memiliki manfaat sebagai obat penyembuh, seperti akar-akar yang sudah kami rangkum dalam artikel di bawah ini. 8 akar tanaman ini hanya sebagian atau beberapa jenis dari banyaknya akar yang bisa dijadikan ramuan obat tradisional untuk penyembuh penyakit. Apa saja itu? Mari kita simak bersama.

  1. Akar aren. gambar akar aren Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa aren termasuk jenis tanaman yang dipakai sebagai penghasil gula merah atau dikenal dengan aren. Selain bisa menjadi penghasil gula, akar dari pohon aren ini juga berkhasiat sebagai obat. Akar aren punya kandungan kalium dan juga silikat yang dapat melancarkan buang air kecil.
  2. Akar pepaya. gambar akar pepaya Anda pasti sudah tak asing lagi, dengan buah pepaya? karena hampir semua bagian dari tanaman ini memiliki kegunaan dan manfaat untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Mulai dari buah, daun, sampai akarnya. Akar pepaya ini sendiri memiliki zat midosim, papayatin, damar, papalna, kalium, dan tasin. Akar pepaya dapat membasmi cacing yang merugikan di dalam tubuh.
  3. Akar pule. akar pule Mungkin Anda cukup asing dengan jenis akar tanaman ini. Tapi, jangan salah, jika akar dan pangkal batang pule biasa dimanfaatkan sebagai ramuan obat. Mengandung alkaloida agnalima dan alkaloida serpentina berguna untuk mengobati hipertensi atau darah tinggi dengan pemberian 100-400 mg/hari di pagi dan malam hari.
  4. Akar bangle. gambar tanaman bangle Akar tanaman ini memiliki kandungan senyawa kimia diantaranya seperti damar, asam-asam organik, mineral, lemak, minyak atsiri, goun, gula, dan abumivoida yang berguna sebagai penghangat badan. Tak heran bila dari zaman dahulu sampai kini, masyarakat Indonesia menjadikan tumbuhan bangle sebagai obat penurun suhu panas pada bayi.
  5. Akar temu ireng. akar temu ireng Tanaman temu ireng bisa ditemukan pada hampir seluruh kawasan di Indonesia. Ya, tanaman ini tumbuh subur di berbagai daerah. Kandungan minyak atsiri pada jenis tumbuhan berakar tunggal ini bermanfaat sebagai obat gosok yang dapat meringankan pegal, rematik, dan juga sebagai minyak pijat keseleo. Baca juga, Manfaat akar manis bagi kesehatan
  6. Akar alang-alang. manfaat-akar-alang-alang Banyak orang beranggapan tentang alang-alang sebagai tumbuhan pengganggu, karena secara tumbuh liar dan jadi semak. Meskipun begitu, jangan remehkan tentang khasiat dari akarnya. Kandungan asam kermik, damar, dan logam alkali punya manfaat untuk melancarkan buang air kecil dengan konsumsi 4-12 gram/hari.
  7. Akar brotowali. gambar tanaman brotowali Zat pikroretin atau zat pahit ialah zat yang melekat pada tanaman ini. Pikroretin berguna sebagai perangsang kinerja urat saraf pada bagian saluran pernafasan. Untuk Anda yang kerap kali mengalami sesak nafas di saat kelelahan, mungkin anda dapat mengkonsumsi jamu yang terbuat dari ramuan akar brotowali. Asalkan tahan rasa pahitnya. Baca juga, Manfaat akar binasa bagi kesehatan
  8. Akar wangi. gambar akar wangi Cocok dengan namanya, akar wangi kerap kali dipakai untuk hal-hal yang berhubungan dengan wewangian. Contohnya minyak esensial yang diperlukan pada industri kosmetik, parfum, hingga sabun mandi. Akar wangi juga dapat dipakai untuk mengusir serangga. Hingga, ramuan akar wangi juga bisa dipakai sebagai obat kumur dan obat gosok.

Sekian ulasan kami tentang 8 Akar Tanaman yang Berguna Sebagai Ramuan Obat, semoga ulasan kami kali ini dapat menambah pengetahuan anda tentang dunia herbal & tanaman obat alternatif, yang insya allah berguna bagi kita semua. Sekian dan terima kasih.

8 Akar Tanaman yang Berguna Sebagai Ramuan Obat | Planter | 4.5