9 Makanan Penyebab Kanker yang Harus Anda Hindari

advertisement

9 Makanan Penyebab KankerAda banyak jenis makanan di pasaran, akan tetapi tak semuanya sehat. Ada makanan yang dapat menutrisi tubuh dengan baik, dan ada pula yang justru dapat mengundang penyakit seperti contohnya penyakit kanker.
Secara tidak kita sadari, sumber penyebab munculnya kanker ialah dari makanan sehari-hari.

9 Makanan Penyebab Kanker

Kemudian makanan seperti apa yang dapat menimbulkan penyakit kanker? Mari kita simak bersama yang berikut ini.

·         Makanan yang telah direkayasa genetika

Makanan yang telah mengalami rekayasa genetika, entah bertujuan untuk menambah nilai jualnya ataupun mengurangi kelemahannya seperti contoh buah tanpa biji, buah yang berwarna macam-macam, dimana bukan dari warna alaminya, nah, buah jenis ini diduga memiliki potensi menimbulkan kanker karena terdapat gen yang telah dirusak.9 Makanan Penyebab Kanker yang Harus Anda Hindari

·         Popcorn

Meskipun menjadi camilan enak untuk menemani waktu senggang, namun popcorn telah kehilangan banyak gizi pada saat dimasak. Banyak orang percaya bahwa uap yang dihasilkan oleh popcorn pada saat meletup atau matang memiliki kandungan senyawa diasetil yang dapat menyebabkan kanker.

·         Makanan kaleng

Makanan kaleng tak hanya memiliki banyak pengawet, namun juga dipercaya memiliki kandungan bisphenol-A (BPA) dimana kandungan tersebut dapat menyebabkan munculnya penyakit kanker payudara, kanker prostat dan juga penyakit kanker lainnya.

·         Daging bakar di atas bara api

Memasak daging dengan cara dipanggang di atas bara api merupakan yang paling buruk. Acara memanggang atau bakar-bakar mungkin menjadi acara seru pada saat berkumpul bersama teman atau keluarga di malam hari, namun daging yang dibakar di atas bara api atau pada suhu panas tinggi akan melepaskan senyawa yang bersifat karsinogenik.

·         Gula

Gula yang telah diproses seperti diputihkan, dihaluskan, ditambahkan perasa dan beberapa hal lain sebagainya yang mungkin bertujuan agar lebih enak dipandang dan banyak disukai, namun jenis gula seperti itulah yang justru memiliki potensi besar untuk menimbulkan kanker. Tak hanya memicu diabetes, namun juga dapat memicu timbulnya penyakit kanker payudara, saluran kencing, pancreas, prostat, dan usus besar.

·         Soda

Jenis minuman bersoda atau berkarbonasi memiliki peran cukup besar dalam menimbulkan penyakit kanker. Tak hanya dapat membuat Anda jadi obesitas, soda menghasilkan 4-methylimidazole, yang dapat menjadi pemicu penyakit kanker.

·         Daging olahan

Seperti yang telah diketahui banyak orang, bahwa daging olahan seperti kornet, kentang goreng, nugget, sosis, dan lainnya merupakan makanan sumber penyakit, dan salah satunya yang cukup serius ialah kanker. Tak hanya rendah gizi, namun juga mengandung banyak bahan kimia berbahaya yang dapat memicu timbulnya penyakit kanker.

·         Pemanis buatan

Pemanis buatan umumnya dipakai untuk banyak jenis minuman kemasan dan diduga juga dapat menyebabkan kanker. Sebuah penelitian mengatakan bahwa konsumsi pemanis buatan pada tikus dapat memicu kanker, namun belum jelas apakah juga berpengaruh sama pada manusia. meskipun begitu, Anda juga perlu berhati-hati.

·         Kerupuk dan keripik

Masyarakat kita suka sekali dengan keripik ataupun kerupuk, namun makanan ini tak hanya tak memiliki gizi, jajanan renyah ini juga memiliki potensi besar untuk menyebabkan kanker.

Sesekali makan tentu tidak masalah, akan tetapi jangan jadikan sebagai menu harian ya sobat. Anda harus menghindari atau membatasi konsumsinya setiap hari. Dan selalu usahakan makanan yang Anda makan sehat ya sobat. Sekian dan semoga bermanfaat.

9 Makanan Penyebab Kanker yang Harus Anda Hindari | Planter | 4.5