Cara Berkebun atau Budidaya Tanaman Sirih

Thursday, April 9th, 2015 - Tanaman Obat

Cara Berkebun atau Budidaya Tanaman Sirih – Anda pasti kenal daun sirih yang punya banyak manfaat. Baik untuk menjaga kesehatan mulut ataupun untuk menjaga kesehatan bagian kewanitaan. Berikut kami sajikan ulasan tentang cara budidaya tanaman sirih yang dapat anda lakukan.

3 Teknik Budidaya Tanaman Sirih

Perlu diketahui teknik budidaya yang dapat Anda lakukan ada 3 macam. Antara lain : stek, runduk, dan stek air. Bila anda ingin mendapat hasil maksimal, 3 cara tanam yang direkomendasikan ini harus dilakukan dengan benar.

Cara Menanam Sirih dengan Metode Stek

Jika ingin memakai cara menanam stek, langkah yang harus dilakukan. Cara ini merupakan cara paling mudah. Pertama, siapkanlah media tanam untuk stek yakni tanah, pasir dan pupuk kompos. Pastikan perbandingan bercocok tanam memakai media ini punya jumlah yang tepat yakni perbandingan 3:1:3. Kemudian masukan bahan yang disiapkan tadi kedalam polybag berdiameter 10 cm.

Cara Berkebun atau Budidaya Tanaman Sirih

Cara Berkebun atau Budidaya Tanaman Sirih

Media penanaman tanaman sirih harus dilubangi dahulu bagian bawahnya. Untuk melakukan penanaman, diharuskan menyediakan batang sirih berusia sudah cukup tua. Potonglah batang sirih tadi kira-kira dua ruas lalu rendam batang ini kedalam air kira-kira 15 menit. Kemudian angkatlah dari rendaman.

Masukan hasil stek kedalam media tanam yang sudah disediakan. Nantinya yang akan menjadi bakal pohon sirih baru. Pastinya juga harus dilakukan perawatan yang pas untuk tanaman ini. Tanamlah pada media yang teduh dan selalu perhatikan pertumbuhannya. Bila anda menemukan adanya infeksi ataupun serangan hama, segeralah memakai pestisida atau bakterisida supaya infeksi tidak semakin parah.

Proses Penanaman Sirih Secara Merunduk

Jenis sirih yang dapat anda temukan salah satunya ialah jenis sirih merah. Tanaman ini dapat ditanam dengan memakai proses merunduk. Adapun cara melakukannya?. Pertama, pilihlah batang daun sirih cukup panjang lalu letakan batang ini di tanah ataupun media yang sudah disiapkan. Setelah sekian minggu, akar tanaman ini kemudian akan tumbung dan akan tumbuh lagi batang sirih baru yang telah siap untuk dipotong.

Gambar sirih merah

Gambar sirih merah

Metode penanaman ini juga dapat dipakai untuk jenis tanaman sirih hitam. Jika anda melakukan langkah tersebut dengan benar, maka tanaman ini akan tumbuh dan berkembang dengan sempurna. Pertumbuhan tanaman sirih tergolong cukup unik karena tanaman ini hidup secara merambat serta bersandar pada pohon lain. Tanaman ini dapat memiliki batang pohon yang tingginya mampu mencapai 5 hingga 15 meter. Tanaman yang sangat kaya manfaat ini dapat menjadi salah satu sumber penghasilan untuk peluang bisnis Anda.

Cara Menanam Sirih dengan Metode Stek Air

Selain 2 jenis tadi, ada jenis lainnya yakni sirih hijau. Sirih yang ini dapat ditanam dengan memakai metode stek air. Cara ini juga merupakan cara termudah untuk dilakukan bagi petani pemula. Pertama, potong batang sirih yang sudah disediakan, lalu rendam batangnya di dalam air. Lalu tunggulah hingga batang tadi mengeluarkan akar. Namun Ingat, pada saat melakukan proses ini batangnya saja yang direndam, bukan daunnya.

Gambar sirih hitam

Gambar sirih hitam

Perawatan pada Tanaman Sirih

Usahkan dalam memelihara tanaman sirih ini dengan cara menyirami setiap hari. Penyiraman secara rutin mampu membuat tanaman ini tumbuh cepat. Pada saat panen, tanaman sirih dapat dijadikan sarana bisnis yang menguntungkan untuk Anda karena tanaman ini banyak dicari oleh orang karena khasiat dan manfaatnya yang sangat luar biasa.

Cara Berkebun atau Budidaya Tanaman Sirih | Planter | 4.5