10 Tips Cara Melahirkan Normal dan Tanpa Rasa Sakit

Cara Melahirkan Normal dan Tanpa Rasa Sakit – Tentu semua ibu ingin agar bisa melahirkan / persalinan dengan mudah, begitu pula para suami tak akan tega melihat isterinya menderita untuk melahirkan anaknya. Akan tetapi, melahirkan tanpa rasa sakit sama sekali tentu aja itu merupakan hal yang tidak mungkin. Disini kami akan membagikan untuk anda 10 tips yang dapat membantu ibu untuk membantu proses melahirkan dengan mudah yang kami kutip dari berbagai sumber, apa saja itu? Yuk kita simak bersama.

10 Tips Cara Melahirkan Normal dan Tanpa Rasa Sakit

10 Tips Cara Melahirkan Normal dan Tanpa Rasa Sakit

Cara Melahirkan Normal dan Tanpa Rasa Sakit

  1. Jalan kaki

Bagi anda yang biasa melakukan jalan kaki setiap pagi dengan teratur apalagi pada trimester ketiga akan cukup membantu anda dalam mempersiapkan proses persalinan. Otot-otot yang diperlukan dalam membantu persalinan anda akan menjadi lebih kuat. Selain itu pula, Lakukanlah jalan-jalan kecil di sekitaran ruang persalinan sebelum kontraksi mulai memuncak. Hal ini akan sangat membantu seorang ibu untuk memperlancar persalinan

  1. Lakukan Teknik Pernafasan

Memakai teknik pernafasan yang benar akan mengatur pasokan oksigen, dan juga membantu rileksasi. Adapun Salah satu teknik pernafasan yang dianjurkan adalah slow breathing yang terdiri dari menarik dan juga mengeluarkan napas perlahan-lahan 1 hingga 3 hitungan lewat hidung.

  1. Hiruplah Aromaterapi
    Adapun Minyak esensial dari Aroma terapi ini berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit dan memberikan ketenangan, karena memiliki kandungan senyawa terpena. Ketenangan akan menjadikan otot-otot mengendur sehingga membuat proses bersalin jadi lancar.

 

  1. Lakukan Senam Hamil

Senam hamil dibutuhkan agar supaya ibu hamil tetap dalam keadaan sehat, bugar dan terlatih utamanya untuk mengatur pernafasan. Karena latihan pernafasan akan cukup membantu pada saat menarik nafas pada waktu mengejan.

  1. Lakukan Pijatan di Bagian Punggung

Mintalah suami Anda atau salah seorang anggota keluarga untuk memijat pada bagian punggung hingga pinggang. Pijatan akan sangat membantu dalam mengurangi sakit punggung dan juga membantu otot untuk proses relaksasi dari ketegangan di akhir kontraksi

  1. Cobalah Pijatan di bagian Puting Payudara

Pijatan lembut di bagian payudara, utamanya puting akan merangsang produksi hormon oxytocin yang hal ini akan menimbulkan kontraksi pada rahim. Maka, mintalah suami untuk memijat area kehitaman pada sekitar puting dengan menggunakan pangkal telapak tangan. Lakukanlah selama 15 – 20 menit dengan rutin setiap jam.

 

  1. Lakukan Hubungan Intim

Sejak dahulu, Hubungan intim telah dipercaya sebagai salah satu cara untuk mempercepat proses kelahiran. Akan tetapi lakukanlah dengan rileks dan tenang. Hubungan intim juga tak boleh dilakukan jika air ketuban Ibu sudah pecah. (Note: pada beberapa dokter, hubungan intim saat hamil tua; saat usia kehamilan memasuki 9 bulan, biasanya tidak disarankan, jadi intinya pertimbangkan hal ini dengan baik, konsultasikan kembali pada dokter atau bidan Anda)

 

  1. Minum Minyak Kelapa

Adapun salah satu resep untuk mudah melahirkan yang dianjurkan yang ada dalam buku – buku tradisional nusantara ialah dengan minum minyak kelapa, utamanya pada saat usia kehamilan memasuki 9 bulan.

  1. Perbanyaklah Berdzikir

Alloh yang maha pencipta, maka mintalah / berdoalah sebanyak mungkin, perbanyak dzikir (istighfar, bacaan tasbih, takbir & tahmid) dengan memperbanyak mengingat Alloh maka diharapkan akan mendapat pertolongan Alloh agar supaya proses persalinan yang dilakukan akan berjalan lancar, sehat baik ibu maupun bayi yang dilahirkan dan tak kurang satu apapun. Amiin.

 

  1. Berdo’a Kelancaran Persalinan

Mintalah kepada Allah SWT agar supaya diberikan kemudahan kepada hambanya dalam proses persalinan yang sehat. Maka dianjurkan bagi ibu / ayah untuk membaca do’a berikut ini:

 

حَنَّةُ وَلَدَتْ مَرْيَم وَمَرْيَمُ وَلَدَتْ عِيْسَى فَاخْرُجْ اَيُّهَا الْمَوْلُوْد بِحَقِّ الْمَلِكِ الْمَعْبُوْد

 

Artinya: Hannah melahirkan Maryam, dan Maryam melahirkan Nabi Isa, keluarlah wahai maulud (anak) atas hak tuhan yang ma’bud (yang disembah)

Atau dapat pula membaca doa lainnya seperti:

doa lancar persalinan

doa lancar persalinan

baca juga:

 

Rahasia Melahirkan Normal Tanpa Sakit

Tanpa rasa sakit (atau setidaknya tak terlampau sakit)

  • Rileks, jangan takut, santai & PD saja.   Rasa takut, khawatir merupakan hal negatif yang justru akan menguras energi dan membuat tambah sakit.
  • Tersenyumlah dan ngobrol yang lucu-lucu dengan suami maupun suster / bidan / dokter yang menangani.
  • Jangan suka marah-marah atau berteriak, yang gak guna;  bukan sakitnya yang hilang malah hilang tenaga.  Beteriak dan marah akan membuat pikiran anda terpusat pada rasa sakit, padahal seharusnya anda mengalihkan pikiran dari rasa sakit tersebut.
  • Bila perlu, putarlah musik klasik atau alunan musik lembut agar relaksasi, untuk yang muslim mungkin dapat merelaksasi anda dengan murottal Al-Qur’an.
  • Pada saat kontraksi dating, maka tariklah nafas yang dalam lalu keluarkan dengan perlahan sambil membayangkan hal yang indah.  Tetaplah Berusaha untuk mengalihkan perhatian dari rasa sakit tersebut.
  • Jika rasa sakit terlalu menyengat, carilah kekuatan dalam genggaman suami, remaslah tangan suami jika diperlukan.
  • Jalan-jalan di sekeliling ruangan, selain untuk menghilangkan rasa sakit, juga akan mempercepat terjadi bukaan dan juga untuk memperlancar persalinan
  • Bicara dengan bayi, mintalah ia untuk bekerja sama, karena dia sudah sangat dinantikan, segeralah keluar nak, jangan biarkan mama merasa kesakitan dan kalimat-kalimat semacamnya.
  • Pada waktu seminggu atau 2 minggu sebelum due date, lakukanlah gerakan jongkok berdiri dengan teratur antara 10 hingga 20 set setiap kali (atau semampu anda), frekuensi semampu masing-masing.  Caranya ialah : pegangan dengan kedua tangan di tempat tidur / wastafel atau apapun yang dapat dipegang, teruslah lakukan jongkok berdiri, lakukan terus-menerus & perlahan.

Demikian tulisan kami tentang 10 Tips Cara Melahirkan Normal dan Tanpa Rasa Sakit, semoga apa yang telah kami sampaikan akan menambah wawasan kita bersama dan semoga proses persalinan anda & keluarga anda berjalan sehat dan lancar, sehat baik ibu maupun bayinya. Amiin ya robbal alamiin.

10 Tips Cara Melahirkan Normal dan Tanpa Rasa Sakit | Planter | 4.5