Cara Membuat Masker Putih Telur Serta Manfaatnya

Masker putih telur merupakan salah satu dari berbagai jenis masker wajah alami yang dapat dipakai dalam perawatan kecantikan kulit wajah utamanya wanita. Bila kuning telur punya banyak kandungan lemak, maka putih telur merupakan sumber protein tinggi yang sangat dibutuhkan tubuh dalam membangun tenaga. Kandungan lain yakni berupa mineral seperti Kalium, Kalsium, Magnesium, Tembaga, Fosfor, Seng, dan zat Besi. Putih telur merupakan sumber alami asam folat yang sangat baik untuk otak kita.

Dewasa ini, putih telur telah banyak dipakai dalam dunia kecantikan, utamanya untuk perawatan wajah. Putih telur seringkali dipakai untuk membuat masker alami wajah. Apa saja manfaat masker putih telur untuk wajah kita? Mari simak bersama ulasannya berikut ini.

Cara Membuat Masker Putih Telur Serta Manfaatnya

Manfaat Masker Putih Telur

Pemakaian putih telur sebagai masker wajah tentu punya banyak alasan. Zat-zat yang ada di dalamnya dapat mengatasi pelbagai permasalahan pada area wajah mulai dari masalah jerawat, komedo, mengecilkan pori kulit, menjadikan kulit wajah lebih cerah kencang dan awet muda, mengatasi kulit kering, kulit berminyak sampai menyegarkan wajah.

Masker putih telur juga bisa dipakai sebagai perawatan keindahan rambut. Cara penggunaanya sama, yakni dipakai untuk masker rambut. Untuk perawatan rambut, dapat langsung memakai putih telur yang telah dicampur dengan air pada bagian rambut anda layaknya memakai hair tonic.

Dan untuk pembuatan masker rambut, caranya agak berbeda. Kocok dahulu putih telur sampai mengembang, atau hingga berbusa putih dan kaku. Aplikasikanlah pada rambut, diamkan sampai mengering kemudian bilas dengan menggunakan air dingin. Cara menghilangkan bau amisnya, keramaslah memakai shampoo seperti biasa.

Cara Membuat Masker Putih Telur

Membuat masker wajah menggunakan putih telur pada dasarnya tidak sulit. Tapi dalam pembuatan memang ada proses yang harus dikerjakan, yakni meramu. Beda dengan masker yang beredar di pasaran dimana penyajiannya sudah siap dan tinggal pakai saja.

Kali ini kami akan berbagi informasi tentang cara pembuatan masker putih telur untuk pelbagai keperluan. Mulai dari menghilangkan jerawat, komedo sampai perawatan untuk beragam jenis kulit. Namun sebelumnya, perlu anda ketahui bahwa telur yang dipakai adalah telur ayam kampung, agar lebih baik dan mujarab.

Masker Putih Telur dan Madu untuk Kulit Normal

Punya kulit normal tidak berarti bebas dan tak perlu lagi melakukan perawatan kulit wajah. Jenis perawatannya yakni lebih pada mencerahkan, menyegarkan wajah dan melembutkan. Sedangkan madu merupakan salah satu bahan alami yang paling tepat dan pas untuk itu. Madu punya kandungan vitamin C serta antioksidan yang cukup tinggi.

Cara pembuatan: Ambilah telur ayam kampung lalu pisahkan kuning dan putihnya. Campurkanlah dengan madu sampai merata kemudian aduk secukupnya. Oleskanlah pada area wajah dengan merata sampai mengering dan wajah kerasa tertarik. Tahan dan jangan banyak menggerakkan wajah contohnya tersenyum dan lain sebagainya. Basuhlah wajah memakai air hangat untuk membuka pori-pori kemudian pakai air dingin.

Bahan lainnya yang dapat dipakai untuk pengganti madu ialah wortel, tomat serta bengkoang.

Masker Alpukat dan Putih Telur untuk Kulit Kering

Salah satu ciri punya jenis kulit kering ialah permukaan kulit berasa kasar pada saat disentuh. Salah satu penyebab ialah kurangnya kadar minyak pada kulit. Maka dari itu kulit akan terlihat kusam, seringkali gatal, serta tak terlihat cerah. Salah satu bahan alami yang dapat mengatasi kulit kering untuk campuran putih telur ini ialah alpukat. Buah alpukat ini banyak mengandung zat antioksidan, minyak esensial dan asam amino yang bisa membantu menjaga kelembaban kulit kering.

Cara pembuatan: Ambilah buah alpukat yang telah matang, lalu keruklah daging buahnya. Kulit serta bijinya dibuang saja. Haluskanlah daging buah alpukat hingga benar-benar halus. Tambahkan pula putih telur ayam kampung kemudian aduk sampai benar-benar merata. Oleskanlah ramuan ini pada wajah sampai mengering. Bilaslah dengan air hangat kemudian basuh menggunakan air dingin.

Masker Putih Telur dan Lemon untuk Kulit Berminyak

Kulit berminyak bisa membuat Anda terlihat awet muda dan kusam serta memicu timbulnya jerawat. Minyak umumnya berkumpul pada daerah wajah sekitar dagu, dahi, hidung, dan di bawah tulang pipi. Untuk mengatasi hal ini, perlu bahan yang punya kandungan magnesium, sebum dan vitamin C. Lemon merupakan jawaban yang sangat tepat.

Cara membuat: Ambilah 3 buah lemon kemudian peras lalu ambil airnya. Campurkanlah air perasan lemon tadi bersama putih telur ayam kampung sampai tercampur dengan rata. Oleskanlah pada wajah, hindarilah daerah sensitif yakni di sekitar mata dan bibir. Diamkan sekitar 20 menit kemudian bilaslah memakai air bersih.

Tak hanya lemon, Anda pun dapat memakai buah mangga, apel dan pepaya. Baca juga artikel mengenai cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami.

Masker Putih Telur dan Mentimun untuk Wajah Berjerawat

Timbulnya jerawat dikarenakan pori yang tersumbat oleh minyak, sel-sel kulit mati, dan kotoran dari luar yang dapat menjadi sarang bakteri. Buah mentimun, punya kandungan astringen yang bermanfaat untuk tonik wajah. Karenanya paduan putih telur dan mentimun amat ampuh dalam mengatasi jerawat.

Cara membuat: Ambilah mentimun berukuran sedang, cuci hingga bersih kemudian parut. Campurkanlah parutan timun dengan putih telur sampai merata. Oleskanlah ramuan ini pada area wajah sebagai masker. Tunggu beberapa menit, kemudian bilaslah dengan air bersih.

Menghilangkan Komedo dengan Masker Putih Telur

Komedo adalah jenis jerawat yang tak meradang. Komedo ini terdapat dua jenis yakni hitam (terbuka) dan putih (tertutup). Kedua jenis komedo ini bisa mengganggu penampilan dan bisa menyebabkan timbulnya jerawat jika dibiarkan. Salah satu cara untuk menanganinya, yakni dengan memakai masker putih telur.

Caranya, ambilah 1 butir telur ayam kampung, ambillah bagian putihnya. Kocok putih telur sampai berbusa kemudian aplikasikan ke area wajah. Tempelkanlah tisu kering hingga menutupi area wajah yang diolesi masker putih telur ini. Bila sudah kering, angkatlah tisu maka komedo tadi akan terbawa. Bilaslah wajah memakai air hangat lalu lanjutkan dengan air dingin agar pori-pori tertutupi.

Bila Anda ingin yang praktis, belilah nosepack. Namun tentu saja tak akan merasakan khasiat & manfaat masker putih telur lainnya. Baca juga artikel tentang 8 bahan pembersih komedo secara alami.

Demikian tadi trik cara membuat masker alami dari putih telur serta manfaat putih telur untuk kecantikan wajah serta rambut Anda. Semoga menambah wawasan kita bersama.

Cara Membuat Masker Putih Telur Serta Manfaatnya | Planter | 4.5