Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami dan Cepat

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami – Masalah gusi bengkak karena sakit gigi adalah sebuah masalah klise yang bisa membuat Anda tak nyaman sepanjang hari. Rasa sakit yang ditimbulkan akan membuat anda merasa serba salah. Gusi bengkak tak cuma membuat demam namun juga membuat nafsu makan jadi hilang.

Minum obat pereda nyeri kadang dapat menjadi solusi alternatif untuk menghilangkan rasa nyeri dan sakit karena gusi bengkak. Namun terlalu banyak minum obat nyeri tak baik untuk kesehatan.Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami dan Cepat

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami

Adapun penyebab gusi bengkak diantaranya :

  1. Kebersihan Mulut

Kebersihan gigi dan mulut adalah hal utama yang perlu diperhatikan dalam menjaga kesehatan mulut dan untuk mengatasi gusi yang bengkak. Pada saat anda makan, sisa makanan akan melengket di sela-sela gigi dan gusi yang dapat beresiko munculnya bakteri yang menjadi salah satu penyebab dari terjadinya gusi bengkak. Banyak orang yang beranggapan bahwa dengan rajin menyikat gigi maka akan menjadi jaminan kebersihan mulut juga. Tapi harusnya Anda tetap memperhatikan hal-hal seperti kebersihan lidah dan area sekitar mulut.

  1. Kawat Gigi atau Behel

Penggunaan behel atau kawat gigi juga bisa menjadi salah satu penyebab utama timbulnya gusi bengkak. Karena bila memasang behel atau kawat gigi dengan amat rapat dengan gusi maka dapat memberi tekanan yang menjadikan gusi bengkak dan bahkan akan menyebabkan iritasi.

  1. Makanan yang Tidak Sehat

Mengkonsumsi makanan yang tak sehat juga dapat mempengaruhi kesehatan dan terjadinya pembengkakan gusi. Oleh karenanya makanan yang memiliki kandungan banyak gula merupakan hal utama yang harus Anda hindari.

  1. Kekurangan Vitamin

Kurangnya vitamin utamanya vitamin C adalah hal yang dapat menyebabkan sariawan dan gusi bengkak.

  1. Masa Kehamilan

Masa kehamilan adalah masa yang amat berpotensi dapat merusak gigi dan terjadinya pembengkakan pada gusi. Hal ini terjadi karena ibu hamil akan mengalami kekurangan kandungan gizi tubuh karena harus dibagi dengan janin yang dikandungnya.

Berikut merupakan cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan sakit karena gusi bengkak, diantaranya sebagai berikut :

  1. Anda dapat mengunyah beberapa siung cengkeh. Atau bila Anda tak tahan dengan baunya Anda bisa mencampur minyak cengkeh dengan lada hitam, oleskanlah pada bagian gusi yang bengkak. Ulangilah hingga bengkaknya berkurang.
  2. Berkumur-kumur dengan air garam hangat juga bisa mengurangi gusi bengkak. Ambil 1 sendok garam campurkan kedalam segelas air hangat, dan jadikan sebagai air kumur.
  3. Soda kue bisa anda pakai sebagai pereda sakit karena gusi bengkak. Caranya, Ambil 1 sendok soda kue, gosokkan perlahan ke bagian yang sakit.
  4. Pakai lidah buaya untuk obat nyeri karena gusi bengkak. Caranya, Ambillah beberapa potong lidah buaya, lalu oleskan gel nya pada bagian yang sakit. Sensasi rasa dinginnya akan membantu meredakan sakit dan memberikan efek menenangkan.

Selalu jaga kebersihan gigi dan gusi untuk menghindarkan Anda dari sakit gigi. Gosok gigi 2 kali sehari, dan usahakan secara rutin 6 bulan sekali periksa ke dokter gigi. Gigi sehat, gusi Anda pun bebas sakit dan nyeri. Sekian ulasan kami tentang Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami dan Semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami dan Cepat | Planter | 4.5