Cara Mengobati Asam Lambung Naik

Mengobati Asam Lambung Naik – Lambung adalah salah satu bagian organ pencernaan yang fungsinya untuk tempat menyimpan makanan. Lambung ialah tempat berkumpulnya makanan dan juga cairan yang sudah dikunyah. Di dalam lambung, makanan akan digiling atau diproses kembali menjadi bentuk yang lebih kecil lagi dan lebih halus untuk dialirkan ke duodenum (bagian awal usus kecil). Lambung bisa memproduksi asam lambung yang memiliki kandungan asam klorida dan pepsin (hormon pencernaan). Asam ini berguna untuk membantu pencernaan makanan.

Mengatasi Asam Lambung

Jadi, pada kondisi normal, asam ini dibutuhkan untuk membantu pencernaan dalam mengolah makanan. Bila produksi asam di lambung ini berlebih, maka akan menyebabkan lapisan mukosa iritasi sehingga lambung akan menjadi luka.

Cara Mengobati Asam Lambung Naik

Cara Mengobati Asam Lambung Naik

 PENYAKIT ASAM LAMBUNG

Untuk dapat membantu mengatasi asam lambung yang berlebihan maka bisa kita gunakan obat maag. Obat maag atau umum dikenal dengan istilah antasid memiliki kandungan senyawa basa atau garam yang bersifat basa. Senyawa basa ini akan menetralkan kelebihan asam pada lambuung. Semakin banyak kadar senyawa basa yang ada dalam obat maag, maka semakin banyak asam yang bisa dinetralkan sehingga akan lebih efektif dalam mengatasi gejala sakit maag dengan tuntas. Senyawa basa atau garam ini bersifat basa yang terdapat dalam obat maag, di antaranya ialah magnesium hiroksida, kalsium karbonat, aluminium hidroksida, aluminium karbinat, dan natrium bikarbonat.

Banyak sekali penyebab asam lambung naik mulai dari jenis makanan yang terlampau banyak yang dapat memadati lambung dan mengakibatkan terhambatnya aktivitas lambung sehingga asam lambung tak bisa bersentuhan dengan makanan yang berbeda pada bagian tengah lambung. Selain itu pula asam lambung bisa disebabkan oleh makanan yang sudah tertelan namun masih dalam bentuk kasar sehingga lambung dan usus halus perlu bekerja keras untuk mengolahnya. Umumnya karena kebiasaan makan yang tergesa-gesa akan menyebabkan sejumlah udara tanpa sengaja masuk ke dalam bagian lambung. Bila pada saat itu sudah terdapat sejumlah besar asam lambung, maka sebagian asam lambung ini akan keluar bersama udara. Nah, hal inilah yang kadang kala akan menimbulkan gejala perut serasa seperti kembung.

Radang ataupun luka pada mukosa lambung muncul karena sekresi asam lambung (pepsin) dan mukus yang tak seimbang. Histamin dan antiinflamasi nonsteroid bisa menghambat sekresi asam lambung. Selain itu juga, pekerjaan berat, pikiran yang tegang, perasaan yang gelisah ataupun sulit tidur juga bisa meningkatkan jumlah kadar asam lambung.

MENGATASI ASAM LAMBUNG

Cara Mengatasi Asam Lambung atau penyakit maag bisa dilakukan agar supaya menetralkan asam lambung, mengobati infeksi pada mukosa lambung, menekan produksi asam lambung, dan juga mengurangi sakit akibat iritasi mukosa ataupun kejang otot dinding lambung. Obat-obatan yang umumnya diberikan ialah antasid, demulcent, antihistamin, antikolinergik, dan antibiotik (bila diperlukan).

Cara Mengatasi Asam Lambung dengan Kunyit juga bisa menjadi pereda dan sebagai obat maag yang aman untuk dikonsumsi tanpa efek samping. Secara eksperimental, kurkumin telah terbukti efektif dalam mencegah dan mengobati luka lambung yang di picu oleh zat phenylbutazone dan aspirin. Terdapat percobaan klinis tentang efek kunyit pada tukak lambung yang dilakukan pada 12 pasien. Dan hasilnya, 5 pasien tukak lambung sembuh dalam kurun waktu 4 minggu dan 7 pasien yang lain sembuh dalam kurun waktu 4 hingga 12 minggu.

Baca juga tentang :

Cara Mengatasi asam lambung naik dengan cara alami selain menggunakan obat asam lambung tersebut diatas, Anda juga dapat melakukan langkah untuk mengatasi asam lambung tinggi dengan beberapa cara berikut ini :

  1. Mengunyah permen karet
    Salah satu penelitian telah membuktikan bahwa dengan mengunyah permen karet selama kurang lebih 30 menit, maka akan dapat membantu dalam mengurangi keluhan naiknya asam lambung. Hal ini karena permen karet bisa membantu agar merangsang laju pelepasan dari air liur. Asam yang terkumpul dalam perut akan menjadi bersih dan tercuci hingga habis dengan waktu cepat. Bila asam dalam perut telah menghilang, maka gejala asam lambung naik akan hilang.
  2. Baking Soda
    Sifat basa yang terdapat dalam baking soda dapat dimanfaatkan untuk mengurangi nyeri dada. Selain itu pula, manfaat lain ialah dalam untuk membantu dalam menghilangkan asam. Caranya ialah campurkan setengah sampai 1 sendok teh baking soda kedalam segelas air. Bila Asam lambung naik dengan frekuensi yang cukup sering, maka carilah cara lainnya. Jangan pakai ramuan baking soda setiap saat karena kandungan sodium bikarbonat yang terdapat di dalamnya yang mengandung garam akan memberikan efek samping seperti mual dan muntah.
  3. Lidah buaya
    Lidah buaya adalah salah satu tanaman herbal alami yang berguna dalam membantu mengatasi asam lambung yang berlebih. Sifatnya meredakan dan juga sebagai anti inflamasi dalam esofagus ataupun dalam kerongkongan dan sebagaimana halnya yang terdapat dalam lambung. Manfaat dari lidah buaya ialah untuk mencegah asam lambung naik ke bagian kerongkongan. Anda dapat mengonsumsi setengah gelas lidah buaya sebelum makan yang dapat membantu untuk menenangkan asam lambung. Efek yang dihasilkan juga harus diwaspadai yakni jus yang sifatnya laksatif atau dapat meningkatkan frekuensi terjadinya buang air besar.

Nah sobat sehat, Itulah tadi informasi tentang cara mengatasi & mengobati asam lambung naik. Sekian dan Semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Cara Mengobati Asam Lambung Naik | Planter | 4.5