Cara Merawat Dan Menjaga Kesehatan Mata

Wednesday, September 24th, 2014 - Kesehatan
Tips Kesehatan – Mata merupakan salah satu indra yang paling dibutuhkan pada tubuh kita. Tanpa mata, kita tidak bisa melihat dan merasakan indahnya memandang suatu hal atau barang didepan kita. Oleh karena itu, sedari dini kita harus Menjaga dan Merawat mata agar selalu sehat dan tidak terkena penakit. Beberapa penyakit yang biasanya terjadi pada mata adalah : Katarak, rabun, atau bahkan ada kemungkinan terburuk yaitu buta. Faktor dari beberapa penyakit tersebut boleh dibilang bervariasi. ada yang faktor keturunan dan juga kegiatan yang sangat mengancam kesehata mata tersebut.
Cara Merawat Dan Menjaga Kesehatan Mata
Cara Merawat Dan Menjaga Kesehatan Mata
Sebalumnya kami sudah memposting tentang Cara Alami menghilangkan Kantung Mata, dan kami kembali dengan bahasan yang hampir sama namun berkaitan dengan penyakit mata serta Cara mencegah Penyakit mata. Hal ini tak luput dari beberapa kegiatan agar sobat tidak terjangkit serta perawatan tersebut harus diketahui terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan mata. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan mata :
Mengkonsumsi Vitamin A : Vitamin merupakan salah satu kebutuhan tubuh yang harus terpenuhi. Tak terkecuali juga Vitamin A yang merupakan faktor utama dalam menjaga kesehatan mata. Contoh makanan dan buah yang baik untuk mata adalah : Anggur, Wortel, Semangka dan lain – lainnya.
Faktor Keturunan : Sobat harus mengecek dan bertanya pada anggota keluarga apakah itu ayah atau ibu sobat. Tanyakan apakah nenek atau kakek sobat ada yang menderita penyakit mata. Sehingga sobat bisa lebih berjaga – jaga dan mengantisipasi hal tersebut bisa terjadi kepada sobat.
Jaga Jarak Pandang : Kegiatan yang satu ini memang harus diperhatikan, salah satunya adalah saat sobat menonton TV ataupun mantengin layar komputer dan juga membaca buku. Hal ini dapat mencegah mata kita dari penyakit rabun dekat dikarenakan lensa mata tidak begitu berat dalam melakukan fokus pada suatu media.
Perhatikan Warna : Hal yang satu ini juga sangat berpengaruh dalam menjaga kesehatan mata. Contohnya pada saat kita sekolah dan menulis dengan menggunakan Pulpen merah, guru yang mengerti akan memarahi kita. Karna warna meah tersebut akan membuat pandangan menjadi kabur. Dan jika dalam jangka waktu lama, bisa menyebabkan kerabunan. Warna yang baik untuk terapi mata adalah hijau daun, hal ini bisa sobat lakukan dengan memandangi daun hijau di depan rumah di pagi hari.
Hindari Mengucek Mata : Kegiatan ini pastikita lakukan pada saat sudah ngantuk atau sedang kelilipan. Padahal mengucek mata berdampak buruk. Sehingga lebih baik dibersihkan dengan air atau cuci muka. Karena tangan atau bahkan kuku biasanya sarang bakteri yang paling digemari.
Kurangi Merokok : Kebiasaan ini merupakan suatu hal yang sulit untuk ditinggalkan bagi pecandu yang sudah akut. Namun hal itu bisa kita lakukan dengan mengurangi. Merokok bisa membuat darah kita kotor dan juga mata akan selalu memerah.
Pakai Pelindung : Jika kita akan bepergian atau melakukan erjalanan dengan menggunakan motor, alangkah baiknya jika kita menggunakan kaca mata. Cara ini mencegah mata kita kemasukan debu dan terhindar dari hewan kecil yang biasanya berterbangan dijalan.
Istirahatkan Mata : Mata yang terlalu capek juga perlu diistirahatkan. Jika dipaksakan, maka hanya akan menambah parah keadaan. Alangkah baiknya jika merefresh sebentar dengan memandang lingkungan sekitar atau tidur sejenak.
Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa mencegah dan cara merawat mata, seperti menghindarkan mata dari sinar yang terlalu silau, memeriksakan mata secara rutin dan juga jangan biarkan mata terlalu capek. Demikian artikel Cara Merawat Dan Menjaga Kesehatan Mata dan semoga bisa membantu.
Tips Kesehatan Yang Lain :
Cara Merawat Dan Menjaga Kesehatan Mata | Khoirun Nisa' | 4.5