Ini Lho 5 Efek Buruk bila Anda Kebanyakan Tidur

Efek Buruk Kebanyakan TidurTidur adalah salah satu kebutuhan penting bagi tubuh kita. Dengan melakukan tidur, tubuh dan pikiran akan jadi lebih rileks dan kembali berenergi. Dan jika Anda kurang tidur, kesehatan tubuh juga akan terganggu. Kurang tidur akan memicu penuaan dini, menurunnya sistem kekebalan tubuh, kurangnya fokus dan banyak lagi hal lainnya.

Akan tetapi, tak cuma kurang tidur yang dapat menimbulkan beragam macam masalah kesehatan. Sebuah sumber kesehatan menyebutkan, terlalu banyak tidur juga akan memicu timbulnya berbagai masalah kesehatan. Nah, kira-kira apa aja sih masalah-masalah kesehatan yang akan terjadi bila Anda terlalu banyak tidur? Mari simak ulasannya yang berikut ini.Efek Buruk bila Anda Kebanyakan Tidur

Efek Buruk bila Anda Kebanyakan Tidur

  • Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup sering terjadi saat seseorang terlalu banyak tidur. Tak jarang, bila tidur lebih dari 10 jam setiap hari akan memicu sakit kepala yang hebat. Apalagi, bila Anda ialah seseorang yang tak biasa tidur dalam waktu yang lama. Lalu, mengapa tidur terlalu lama dapat memicu sakit kepala? Para peneliti mengemukakan bila kelebihan tidur akan mempengaruhi pada neotransmitter tertentu yang ada pada otak seperti serotonin. Bila hal ini terjadi, maka kepala utamanya otak akan merasa pusing dan sakit.

  • Diabetes

Untuk Anda yang suka tidur, coba untuk lebih hati-hati kembali. Beberapa studi mengemukakan bila Anda terlalu banyak tidur, hal ini akan memicu terjadinya diabetes. Sebuah studi yang pernah diterapkan pada 9 ribu orang di Amerika menyimpulkan bahwa mereka yang tidur lebih dari 9 jam /hari punya resiko diabetes 50% lebih besar. Namun resiko ini juga terjadi pada mereka yang tidur kurang dari 5 jam /hari.

  • Obesitas

Ternyata, tak cuma mereka yang kurang tidur dan suka makan di malam hari yang akan berisiko terkena obesitas. Mereka yang tidur terlalu lama setiap hari juga akan rentan dengan masalah obesitas. Apalagi, untuk mereka yang suka telat bangun pagi hari. Jadi bila Anda ingin bebas dari resiko obesitas, maka usahakan untuk tidur cukup yakni antara 7 hingga 8 jam /hari. Pastikan anda punya pola hidup sehat, minum air putih yang cukup dan biasakan olahraga cukup.

  • Depresi

Dalam sebuah studi yang digelar pada tahun 2014, diungkap bahwa jika terlalu banyak tidur akan meningkatkan resiko timbulnya depresi. Para peneliti mengemukakan bila mereka yang tidur dalam waktu yang cukup lama ialah orang-orang yang sedang mengalami gejala depresi. Lebih dari 27% penderita depresi disebutkan punya waktu tidur lebih dari 9 jam setiap harinya.

  • Mempersulit Kehamilan

Salah satu efek buruk dari kebanyakan tidur ialah mengalami kesulitan kehamilan. Ya, dalam sebuah studi yang digelar pada tahun 2013 di Korea mengungkapkan bila dari 650 wanita yang telah diteliti, mereka yang tidur lebih dari 10 jam /hari akan mengalami kesulitan untuk hamil / mengandung. Sementara untuk mereka yang tidur antara 7 hingga 8 jam, dikatakan lebih mudah untuk hamil. Kesehatan tubuh mereka secara keseluruhan juga disimpulkan baik.
Sobat, itulah beberapa efek buruk bila Anda terlalu banyak tidur. Selain beberapa efek di atas, efek buruk lain yang mungkin terjadi ialah, kerusakan otak, menurunnya kesehatan hati dan juga jantung, memicu timbulnya stroke bahkan meningkatkan resiko kematian. Maka, bagaimana nich, masih hoby berlama-lama tidur dan tak segera beranjak dari tempat tidur di pagi hari?.

Sekian artikel kami kali ini tentang 5 Efek Buruk bila Anda Kebanyakan Tidur, semoga apa yang telah kami jelaskan diatas dapat menambah wawasan anda semua.

Ini Lho 5 Efek Buruk bila Anda Kebanyakan Tidur | Planter | 4.5