Hal Penting yang Perlu Anda Tahu Tentang Ikan dan Manfaatnya

Hal penting tentang ikan dan manfaatnya – Mengkonsumsi ikan memang cukup penting, bagaimana tidak bila dalam ikan segar terdapat banyak sekali nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan kita. Ikan segar tinggi akan kandungan omega 3 dan vitamin D. Berikut ini merupakan hal yang perlu Anda ketahui dari ikan seperti yang telah kami lansir dari sebuah sumber kesehatan:

  1. Ikan yang masih segar tidak berbau anyir. Bila ikan yang akan Anda beli sudah berbau busuk dan berbau cukup tajam, lebih baik jangan dikonsumsi karena kemungkinan ikan telah tercemar bakteri.
  2. Bila Anda membeli ikan segar, segeralah dimasak. Dan bila terpaksa menyimpannya dalam freezer, simpanlah tidak lebih dari 48 jam.
  3. Anda perlu lebih teliti bila membeli ikan beku. Karena ikan beku, telah mengalami pembekuan sejak ikan ditangkap. Periksalah kembali tanggal kadaluwarsanya.
  4. Hindari jenis ikan olahan, karena telah dicampur dengan bahan kimia dan juga bumbu yang punya kandungan tinggi kalori.
  5. Mengkonsumsi suplemen ikan memang cukup baik, namun yang perlu Anda ketahui ialah tak ada yang lebih baik dari manfaat ikan segar.
  6. Batasilah konsumsi ikan bila Anda punya ketahanan tubuh yang kurang. Karena kita tak akan tahu kandungan dari ikan yang Anda beli, dan bisa jadi mengandung merkuri yang berbahaya untuk tubuh.

Mengkonsumsi ikan memang sangatlah baik untuk kesehatan. Namun, sebaiknya Anda tahu bahwa manfaat dari mengkonsumsi ikan tak bisa langsung Anda peroleh. Perlu waktu beberapa lama untuk tahu manfaatnya.Hal Penting yang Perlu Anda Tahu Tentang Ikan dan Manfaatnya

Manfaat Mengkonsumsi Ikan

Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dengan mengkonsumsi ikan.

  1. Kesehatan kardiovaskular

Asam lemak omega 3 yang terdapat dalam ikan sudah terbukti manfaatnya untuk jantung, arteri, dan vena yang membentuk system kardiovaskular Anda. Konsumsi ikan akan membantu mencegah pnyakit jantung dan juga gagal jantung dengan cara mencegah akumullasi trigliserida, mengurangi tingkatt trigliserida yang berlebihan, meningkatkan HDL (Kolesterol yang baik), dan juga mncegah pembekuan darah. Sebuah studi para ahli mengemukakan, bahwa makan hingga 2 porsi ikan dlam seminggu akan mengurangi resiko kematian akibat penyakit jantung 3 kali lipat. Baca juga, manfaat mengkonsumsi almond

  1. Menurunkan tekanan darah

Minyak ikan amat sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, namun perannya dalam pencegahan belum jelas. Tapi, mengasup/mengkonsumsi banyak  minyak ikan tak dianjurkan.

  1. Menurunkan berat badan 

Menurut sebuah penelitian yang pernah dilakukan di University of Georgia, bahwa minyak ikan dengan DHA dapat membantu menghentikan konversi pra-sel lemak kedalam sel lemak sehingga akan mengurangi terjadinya pnumpukan lemak scara keseluruhan. Bahwa penelitian sebelumnya juga telah menunjukkan, konsumsi kapsul minyak ikan, lalu diikuti dengan berolahraga, maka akan cukup efektif dalam menurunkan lebih banyak lemak dibanding olahraga namun tanpa asupan suplemen minyak ikan. Baca juga, kenali gejala penyakit di area kewanitaan.

  1. Menekan risiko kanker 

Omega 3 dalam ikan sudah terbukti cukup membantu untuk mencegah 3 jenis kanker yang paling umum, yaitu kanker payudara, prostat dan kolon. Suplemen minyak ikan dikenal pula mampu membantu pasien penderita hiperlipidemia.

  1. Meningkatkan fungsi otak 

Asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan bisa membantu perkembangan otak. Asupan omega-3 yang benar akan membantu dalam meningkatkan fokus mental pada anak-anak dan juga orang dewasa. Sebuah studi terbaru menunjukkan, bahwa suplemen minyak ikan akan meningkatkan memori pada orang dewasa. Para peneliti menemukan pula bahwa manfaat asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan, sangat baik dalam meningkatkan perkembangan otak bayi dan juga anak-anak. Baca pula, jangan minum air putih sehabis makan pedas.

  1. Melawan peradangan 

Ikan, utamanya minyak ikan, punya sifat anti-inflamasi. Oleh karenanya, ikan efektif dalam mengurangi peradangan didalam darah dan jaringan. Asam lemak omega-3, khususnya EPA, banyak sekali ditemukan dalam minyak ikan dan punya efek yang sangat baik pada respons inflamasi sehingga akan membantu dalam mengurangi radang sendi, prostatitis (radang prostat), dan juga sistitis (radang kandung kemih).

  1. Menyehatkan mata 

Mengkonsumsi ikan amat baik karena memiliki kemampuan dalam memperbaiki penglihatan. Ikan bisa mlawan degenerasi makula (bgian tengah retina), glaukoma, dan juga sindrom mata kering. Sebuah studi terbaru mengemukakan bahwa orang yang makan setidaknya 2 porsi ikan per minggu, akan lebih kecil kemungkinan mengalami degenerasi makula terkait (penyebab utama terjadinya kebutaan terkait usia) dibanding orang yang tak makan ikan sama sekali. Para peneliti menyimpulkan, asam lemak omega-3 bisa mengurangi resiko inflamasi dan dapat mningkatkan fungsi pembuluh darah.

  1. Perawatan kulit 

Mengkonsumsi ikan akan membantuu menjaga kulit dalam kondisi yang baik. Menurut sbuah penelitian yang diumumkan dalam Journal of Lipid Research, bahwa asam lemak omega-3 EPA yang terdapat dalam minyak ikan akan membantu mencegah keriput dan menunda proses penuaan kulit. Bahkan, menurut sebuah studi terbaru, suplemen minyak ikan akan menjaga kulit kita dari kerusakan karena paparan sinar matahari.

  1. Mengatasi depresi 

Asam lemak omega-3 yang terdapat dalam minyak ikan sangat baik untuk mengurangi depresi dan juga kecemasan. Studi menemukan bahwa masyarakat yang mengkonsumsi banyak ikan punya tingkat depresi yang lebih rendah.

Sekian artikel kami kali ini tentang Hal Penting yang Perlu Anda Tahu Tentang Ikan, dan beberapa manfaat mengkonsumsi ikan. Semoga bermanfaat untuk anda semua.

Hal Penting yang Perlu Anda Tahu Tentang Ikan dan Manfaatnya | Planter | 4.5