Hati-Hati, Salah Olah Daging Kambing Sebabkan Infeksi Salmonella

Cara mengolah daging kambing yang benar dan sehatDaging kambing adalah bahan makanan sumber protein hewani yang dapat membantu tumbuh kembang tubuh kita agar lebih baik. Rasanya yang lezat, sering membuat penyuka daging hewan yang menjadi favorit pada saat momen Hari Raya Idul Adha menjadi ketagihan untuk mengkonsumsinya. Namun sayangnya, mengkonsumsi daging kambing tak sepenuhnya bebas risiko dari kontaminasi bakteri yang terdapat didalam daging kambing tersebut.

Hati-Hati, Salah Olah Daging Kambing Sebabkan Infeksi Salmonella

Hati-Hati, Salah Olah Daging Kambing Sebabkan Infeksi Salmonella

Sama dengan daging hewan lainnya, daging kambing juga punya risiko kontaminasi dari bakteri salmonella. Daging kambing yang mentah punya potensi terkontaminasi racun dari bakteri salmonella yang bisa memicu terjadinya penyakit dalam tubuh manusia.

Sebuah sumber kesehatan menyebutkan, bakteri salmonella ini adalah bakteri jahat yang dapat menjadi racun pada beberapa bahan makanan seperti diantaranya ; daging unggas, susu, telur, dan daging yang belum diolah seperti daging kambing dan sapi.

Sifat racun yang ada dalam bakteri salmonella ini akan menyebabkan keracunan makanan bila Anda tak mengolah bahan makanan tersebut dengan benar. Bila terjadi adanya kesalahan selama proses pengolahan daging kambing misalnya daging tak dibersihkan dengan baik dan benar, ataupun tak dimasak dengan cara yang benar, maka bakteri salmonella ini akan mudah menyebar dan akan menyebabkan terjadinya berbagai macam penyakit pada tubuh manusia.

Salah satu penyakit yang dapat diakibatkan karena bakteri salmonella ini ialah demam tifoid. Gejala yang timbul dari penyakit ini umumnya seperti adanya demam tinggi, tubuh yang menggigil disertai denyut jantung yang melemah. Tak hanya itu saja, kemungkinan terjadinya sakit kepala yang amat sangat di malam hari yang akan menyertai demam pun juga dimungkinkan dapat terjadi.

Cara mengolah daging kambing yang benar dan sehat

Oleh karenanya, Kita harus lebih waspada dan berhati-hati dalam tata cara mengolah daging kambing ini. Bila dibersihkan, bersihkanlah dengan air yang mengalir, kemudian masaklah hingga cukup matang agar dapat membunuh kandungan bakteri yang terdapat di dalamnya. Usahakan pula untuk menghindari makan daging kambing yang masih dalam kondisi mentah, karena daging kambing yang masih mentah punya potensi terkontaminasi racun dari bakteri salmonella yang lebih banyak dibanding daging yang sudah dimasak matang.

Sekian informasi kami kali ini tentang, Hati-Hati, Salah Olah Daging Kambing Sebabkan Infeksi Salmonella semoga artikel kecil ini dapat menambah wawasan kita bersama, utamanya disaat kita akan memasuki hari raya idul adha yang tentunya makanan berupa olahan daging sapi dan kambing akan semakin banyak terhidang di meja makan kita, sekian dari kami dan selamat hari raya idul Adha.

Hati-Hati, Salah Olah Daging Kambing Sebabkan Infeksi Salmonella | Planter | 4.5