Hindari 4 Kebiasaan Ini Agar Ginjal Anda Sehat

advertisement

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal – Ginjal merupakan organ tubuh yang punya fungsi untuk melakukan detoksifikasi darah dan untuk membantu tubuh dalam proses menyaring produk limbah lewat urin. Selain itu, fungsi lain dari ginjal ialah untuk membuang kelebihan air dari tubuh. Ginjal juga berfungsi untuk membantu dalam mempertahankan air saat tubuh memerlukan lebih banyak. Bila ginjal Anda bermasalah, maka beberapa hal penting di atas tak dapat berjalan dengan baik. Maka dari itu Anda harus menghindari kebiasaan yang bisa merusak fungsi ginjal, nah apa saja kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat merusak fungsi ginjal tersebut?, mari kita simak bersama yang berikut ini:Hindari 4 Kebiasaan Ini Agar Ginjal Anda Sehat

Hindari 4 Kebiasaan Ini Agar Ginjal Anda Sehat

  1. Mempertahankan atau menahan kandung kemih penuh untuk waktu yang cukup lama atau dengan kata lain menunda ingin buang air kecil merupakan salah satu alasan utama di balik terjadinya kerusakan ginjal. Ketika urine tetap berada dalam kandung kemih untuk jangka waktu yang cukup lama, akan menyebabkan bakteri berkembang biak di dalam urin untuk dapat berkembang biak. Yang mana, bakteri ini cukup berbahaya dan dapat menyebabkan infeksi saluran kemih ataupun infeksi ginjal. Selain itu pula, mempertahankan urin akan berakibat pada peningkatkan tekanan pada ginjal dan akan menyebabkan gagal ginjal dan juga inkontinensia.
  2. National Kidney Foundation, mengemukakan bahwa orang dewasa yang sehat perlu minum minimal 10 hingga 12 gelas setiap hari cairan untuk menjaga ginjal agar tetap sehat dan tubuh terhidrasi dengan optimal. Tapi, perlu diingat bahwa minum dalam jumlah terlalu banyak air juga akan menjadikan keras pada ginjal Anda. Jadi, perhatikan jangan berlebihan.
  3. Selalu mengkonsumsi terlalu banyak garam juga akan menyebabkan kerusakan besar untuk ginjal Anda dan beberapa masalah kesehatan lainnya. Ginjal memetabolisme 95% natrium yang dikonsumsi lewat makanan. Saat asupan garam yang tinggi, ginjal perlu bekerja ekstra keras untuk mengeluarkan kelebihan garam tersebut. Hal ini akan dapat memicu fungsi ginjal jadi menurun, dan akan menyebabkan retensi air dalam tubuh. Retensi air bisa menyebabkan kenaikan tekanan darah dan akan meningkatkan resiko terjadinya penyakit ginjal. Baca pula; Cara merawat kaki bagi penderita diabetes.
  4. Pemakaian analgesik atau obat pereda nyeri juga bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada ginjal. Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa analgesik akan mengurangi aliran darah ke ginjal dan dapat merusak fungsi ginjal. Selain itu juga, pemakaian secara jangka panjang analgesik akan menyebabkan gagal ginjal akut ataupun penyakit ginjal kronis yang dikenal pula dengan nefritis interstitial kronis.

Dari itu, menjaga fungsi ginjal agar supaya tetap berjalan dengan baik amat sangat penting. Tetaplah menjaga pola hidup sehat untuk menghindarkan Anda dari resiko penyakit gagal ginjal. Sekian artikel kami kali ini tentang Hindari 4 Kebiasaan Ini Agar Ginjal Anda Sehat, semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat bagi Anda semua, tetap sehat & tetap semangat.

Hindari 4 Kebiasaan Ini Agar Ginjal Anda Sehat | Planter | 4.5