Hindari Makanan Ini saat Sahur dan Berbuka Puasa

Friday, June 10th, 2016 - Kesehatan

TanamanObat | Jenis Makanan Yang perlu dihindari Saat Sahur dan Berbuka – Memilih menu untuk santap sahur yang tepat akan amat bermanfaat untuk menjaga agar supaya tubuh tetap sehat selama kita menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Maka, jangan sembarangan dalam memilih menu untuk makan sahur atau buka puasa.

Dalam memilih menu makan sahur dan juga buka puasa yang benar akan dapat menjaga agar kondisi kesehatan tubuh. Berikut ini merupakan 4 jenis makanan dan minuman yang perlu anda hindari di saat sahur dan buka puasa, khususnya bagi Anda yang memiliki masalah dengan asam lambung:

Hindari Makanan Ini saat Sahur dan Berbuka Puasa

Makanan Yang perlu dihindari Saat Sahur dan Berbuka

Makanan pedas dan banyak kandungan merica

Mengkonsumsi makanan pedas pada saat berpuasa akan merusak dinding lambung. Khususnya untuk Anda yang memiliki masalah dengan lambung, sebaiknya hindarilah makanan jenis ini. Agar supaya lambung tak kaget, berbuka dengan jenis makanan ringan lebih dahulu.

Jangan langsung anda konsumsi makanan berat karena itu akan membuat pencernaan menjadi kaget karena perlu langsung bekerja dalam mencerna makanan sesudah sebelumnya beristirahat bekerja sepanjang hari. Dan jangan lupa, biasakan pula untuk mengunyah makanan dengan baik karena akan dapat membantu dalam meringankan kerja pencernaan, jangan terbiasa terburu-buru dalam mengunyah makanan, seperti yang dicontohkan baginda Rosul SAW.

Baca Juga: Makanan yang baik untuk menu Sahur

Keju dan coklat

Keju dan coklat termasuk jenis makanan yang susah dicerna. Mengkonsumsi jenis makanan ini akan membuat lambung jadi lambat untuk memproses, sehingga akan menyebabkan perut jadi kembung.

Kopi dan teh

Adanya kandungan kafein dalam kopi dan teh amat tidak baik bagi lambung. Pada saat berpuasa, lambung kita tak terisi lebih dari 14 jam. Maka, secara otomatis asam lambung akan jadi meningkat. Hal ini tentu akan menjadikan kita merasa mual.

Baca Juga: Makanan yang baik untuk buka puasa

Gorengan

Jenis makanan yang digoreng dengan minyak yang tak sehat, dapat memicu keluarnya asam lambung. Maka, hindarilah memakan gorengan pada saat berbuka puasa, karena pada saat berpuasa perut kita akan sangat sensitif. Hal ini akan berakibat pada asam lambung yang akan meningkat dengan cepat.

Makanan berlemak

Makanan berlemak dapat menyebabkan kegemukan dan gangguan pencernaan juga nyeri pada ulu hati. Selain itu pula, makanan yang memiliki banyak kandungan lemak juga akan membuat perut kita jadi cepat kenyang, sehingga makanan lain yang lebih bernutrisi jadi tak termakan.

Untuk menu makanan sahur, konsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat dan karbohidrat amat dianjurkan. Karena jenis makanan ini akan membantu melepaskan energi secara perlahan selama berjam-jam pada saat berpuasa. Makanan dengan kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi dapat kita temukan dalam gandum, ikan, kacang hijau, oat, kacang-kacangan, buah-buahan, dan jenis sayuran lainnya.

Sekian informasi kali ini tentang Hindari Makanan Ini saat Sahur dan Berbuka Puasa, semoga bermanfaat bagi kita semua, dan semoga puasa kita tahun ini lancar dan mendapatkan berkahNya.

Hindari Makanan Ini saat Sahur dan Berbuka Puasa | Planter | 4.5