Jangan Minum Air Putih Sehabis Makan Pedas! Ini Alasannya

Tuesday, December 22nd, 2015 - Kesehatan

Jangan Minum Air Putih Sehabis Makan Pedas – Telah diketahui bersama bahwa kebanyakan orang Indonesia amat menyukai jenis masakan atau makanan pedas. Belum lengkap rasanya bila makanan tak ada rasa pedasnya. Bahkan salah satu resep makanan khas Indonesia yang sudah terkenal ialah sambal yang cukup terkenal rasa pedasnya.

Bila sudah makan makanan pedas, salah satu minuman pendamping yang biasanya harus ada di samping Anda pasti ialah air putih, benar bukan? Namun rupanya tak baik lho minum air putih sesudah makan makanan pedas. Rupanya selama ini kita melakukan kebiasaan yang salah lho, yakni dengan cara minum air putih dingin untuk menghilangkan rasa pedas yang dirasa.Jangan Minum Air Putih Sehabis Makan Pedas

Jangan Minum Air Putih Sehabis Makan Pedas

Mungkin memang sangat wajar bila kita lebih memilih minum air putih yang netral dan segar untuk pilihan pertama sebagai penghilang rasa pedas, namun penelitian membuktikan bahwa kebiasaan ini rupanya salah. Disaat Anda minum air sesudah makan pedas, rasa pedas tadi justru akan menyebar ke seluruh bagian mulut, tak hanya di lidah.

Capsaicin yang terdapat di dalam cabai ataupun makanan pedas akan mengenai reseptor yang merasakan nyeri pada lidah yang disebut reseptor TRPV1. Respon dari reseptor ini akan memberikan impuls ke otak dan akan memberikan sensasi terbakar dari makanan pedas tersebut. Maka, ini merupakan sebuah mekanisme dasar yang terjadi saat kita makan makanan pedas.

Dan dikarenakan capsaicin adalah molekul non-polar, rasa terbakar ini cuma akan larut dalam zat non-polar yang lain. Namun karena air merupakan zat polar, hal ini tak bisa menghilangkan rasa pedas dalam mulut. Sebaliknya, justru akan menyebarkan rasa pedas dan rasa terbakar pada seluruh bagian mulut. Tak cuma itu, sensasi terbakar ini juga akan membuat Anda semakin merasa haus.

Nah, lalu minuman apa yang baik untuk diminum untuk menghilangkan rasa pedas?, jawabannya adalah Susu. Susu cair adalah minuman non-polar dan mengandung casein dapat menetralkan capsaicin dan juga menghilangkan sensasi terbakar dalam mulut. Susu juga berguna untuk mencegah masalah lambung (rasa panas dalam perut) akibat kebanyakan konsumsi makanan pedas. Maka, ada baiknya mulai saat ini Anda harus mengganti minuman wajibmu disaat makan pedas dengan susu deh sobat karena susu lebih cepat dalam menghilangkan rasa panas dan terbakar dalam mulut sesudah makan makanan pedas.

Jangan Minum Air Putih Sehabis Makan Pedas! Ini Alasannya | Planter | 4.5