Kenali 3 Jenis Ginseng dan Temukan Manfaatnya

Monday, December 8th, 2014 - Tanaman Obat

Tanaman Obat | Salah satu tanaman herbal yang sangat popular dalam dunia pengobatan ialah Ginseng, yang mana ginseng ini ternyata punya 3 jenis varietas yang berbeda-beda, diantaranya: Ginseng Korea (Asia), ginseng Siberia dan ginseng Amerika.

Ginseng Amerika dan ginseng Korea ternyata memiliki jenis kekerabatan yang dekat dan sama-sama merupakan anggota keluarga Panax.

Adapun ginseng Siberia punya hubungan kekerabatan yang lebih jauh jika dibanding dengan kedua jenis sebelumnya serta punya kandungan kimia yang berbeda pula.

Selama ratusan tahun, Ginseng diyakini dapat meningkatkan kekebalan (imun) tubuh. Orang yang suka mengkonsumsi produk-produk yang mengandung ginseng diketahui akan mengalami gejala flu yang lebih jarang jika dibanding yang tidak suka mengkonsumsi. Dan kalaupun ia sampai terserang flu maka durasinya akan relative lebih singkat.

gambar ginseng korea dan manfaatnya

gambar ginseng korea dan manfaatnya

Ginseng Amerika dan ginseng Korea telah diketahui bahwa ternyata memiliki fungsi yang berbeda. Studi para ahli menyimpulkan bahwa keduanya mampu membantu penderita diabetes untuk mengendalikan / mengorganisir kadar gula darah mereka.

Dalam satu tes yang pernah dilakukan, seorang penderita diabetes tipe-2 diberikan ginseng serta jenis minuman dengan kandungan gula tinggi. Hasil pemeriksaan menunjukkan, ternyata level gula darah tidak meningkat sesudah mengkonsumsi ginseng terlebih dulu.

Penelitian lain membuktikan manfaat ginseng untuk ADHD. Akan tetapi kesimpulan ini belum konklusif sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Ginseng yang dipadukan dengan gingko biloba nampaknya dapat membantu orang dengan ADHD agar mampu berkonsentrasi dengan lebih baik.

Ginseng Siberia terkadang disebut juga eleuthero. Eleuthero dapat pula membantu peningkatan sistem kekebalan tubuh. Orang yang telah mengkonsumsi ginseng Siberia menunjukkan peningkatan system kekebalan tubuh.

gambar Ginseng amerika dan manfaatnya

gambar Ginseng amerika dan manfaatnya

Bagi mereka para penderita virus herpes, ginseng Siberia sangat bermanfaat. Sebuah penelitian yang telah dilaksanakan selama enam bulan menyimpulkan bahwa frekuensi, tingkat keparahan dan lama wabah herpes dapat diminimalisir dan diturunkan dengan ginseng.

Walaupun banyak yang telah meyakini bahwa ketiga jenis ginseng tadi dapat membantu meningkatkan fungsi mental, namun hanya eleuthoro yang sepertinya dapat memberikan manfaat tersebut.

Sebuah Penelitian yang dilakukan pada orang paruh baya menunjukkan bahwa peningkatan dalam kemampuan fungsi mental jika dibanding yang cuma mengkonsumsi plasebo.

Yang perlu diperlu diperhatikan, Ginseng tidak boleh dikonsumsi bila seseorang memiliki rheumatoid arthritis atau bronkitis karena efeknya akan membuat kondisi ini semakin buruk.

gambar Ginseng siberia dan manfaatnya

gambar Ginseng siberia dan manfaatnya

Bila memiliki tekanan darah tinggi, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi segala bentuk ginseng. Dan Jangan pula mengkonsumsi ginseng pada saat sedang hamil atau saat menyusui.

Pesan kami, apapun jenis suplemen herbal yang akan anda konsumsi, akan lebih baik jika berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sekian informasi yang bias kami berikan tentang Kenali 3 Jenis Ginseng dan Temukan Manfaatnya, semoga apa yang telah kami paparkan dapat bermanfaat untuk kita semua. Amiin.

Kenali 3 Jenis Ginseng dan Temukan Manfaatnya | Planter | 4.5