Ketahui Penyebab Badan Menjadi Kurus

Tips Kesehatan – Pada Dasarnya, tubuh bagi setiap orang mempunyai daya serta tingkat kegemukan yang berbeda, Pada kebanyakan kaum wanita yang sudah berumur diatas 30 akan menjadi gemuk. Namun sangat berbanding terbalik dengan pria yang tambah tua kadang tambah kurus. Nah, yang jadi pertanyaan disini adalah Kenapa badan kurus kok gak gemuk – gemuk? Dan kenapa sulit sekali mendapatkan badan yang ideal? pertanyaan diatas sudah tidak aneh untuk dilontarkan, Oleh karena itu, sobat jangan berputus asa dulu, Kenali tubuh sobat dan jalankan semua tips yang akan kami bagikan ini!
Pertama, Sobat harus ketahui dulu apa penyebab dari badan menjadi kurus, Berikut beberapa faktor yang bisa membuat badan menjadi kurus :
 
Ketahui Penyebab Badan Menjadi Kurus
Ketahui Penyebab Badan Menjadi Kurus
 
 
>> Faktor Genetika / Keturunan
Kadang memang jarang kita perhatikan hal yang satu ini, Karena setiap tubuh manusia mempunyai sifat yang berbeda dengan pola makan, gaya hidup dan lain – lainnya. Dengan faktor genetika seperti ini, orang akan sulit menjadi gemuk.
 
>> Kurang Asupan Gizi /  Zat Makanan
Bagi sebagian orang yang makannya sedikit tapi gemuk dan juga makannya banyak tapi gak gemuk – gemuk. Hehe.. Sabar sobat, Faktor yang satu ini juga berpengaruh pada tingkat metabolisme tubuh. Jika tubuh kita tidak bekerja baik dalam mencerna makanan, maka percuma saja kita makan banyak. Dan Asupan serta kandungan gizi juga ikut serta didalamnya. Pada anak SD saja sudah dijelaskan dalam 4 Sehat 5 Sempurna. Penuhi makanan tersebut dan ada kemungkinan tubuh akan terisi sedikit demi sedikit.
 
>> Stress / Terlalu Banyak Pikiran
Hal yang satu ini termasuk sangat berpengaruh dalam menguruskan badan. Pada kaum wanita biasanya stress akan dialihkan dengan makan, namun pada pria hal ini akan menjadikan tidak enak makan. Maka dari itu, berusahalah santai meski dikejar banyak hutang.. Heheheh….! Dan jangan lupa untuk refresing atau berlibur.
 
>> Terlalu Capek Kerja
Hal yang satu ini memang sangat berpengaruh dengan selera makan, dengan kerja yang berat, maka kita akan malas makan atau bahkan lupa dengan kebutuhan tubuh tersebut. Tubuh kita sangat membutuhkan kalori dan juga karbohidrat yang merupakan sumber utama penghasil tenaga. Jika semua itu tidak terpenuhi, maka hanya akan mengambil dari sisa cadangan yang ada pada tubuh kita seperti lemak atau bahkan sampek daging. Dengan hal ini sobat akan menjadi cepat kurus. Hindarilah terlalu capek kerja dan usahakan makan secara rutin.
 
>> Kurangnya Asupan Air Mineral
Air merupakan suatu zat yang paling dibutuhkan untuk metabolisme tubuh. Dengan air yang cukup 8 gelas perhari, maka tubuh akan tercegah dari yang namanya dehidrasi. Dan air juga akan menjaga kulit kita tetap bugar serta memnuhi kebutuhan oksigen dalam darah. Intinya, kurang minum akan membuat badan kita kurus dengan cepat.
 
>> Jarang Olah Raga
Olah raga merupakan salah satu kegiatan yang dapat menyehatkan tubuh, karena selain membuat aliran darah lancar. Olah raga juga akan membuat kulit kita kencang dan pencernaan pun menjadi lancar. Olah raga sangat dibutuhkan untuk kesehatan. Karena jika kita sehat, maka selera makan pun tetap normal.
 
Hal diatas hanya beberapa faktor penyebab dari kurusnya badan saja. Namun juga ada lagi kegiatan yang perlu sobat hindari atau kurangi demi mendapat tubuh menjadi lebih sehat dan berat badan tetap terjaga dan stabil. Apa saja kegiatan yang harus dihindari? Dan Apa saja yang harus dilakukan agar tubuh tidak kurus? Berikut langkah – langkah dalam menjaga berat tubuh tetap normal :
 
>> Hindari Mengkonsumsi Kopi
Kandungan Cafein dalam kopi sangat berpengaruh dalam menjaga selera makan. Cafein akan menyebabkan kita akan merasa kenyang dan malas untuk mengkonsumsi makanan. Oleh karena itu, bagi sobat yang penggemar kopi, hindari mengkonsumsi kopi dipagi hari atau sebelum sarapan. Karena hal tersebut akan menjadikan sobat tidak berselera.
 
>> Kurangi Merokok
Kegiatan yang satu ini memang sulit untuk ditinggalkan. Bagi yang sudah kecanduan, hal ini bisa dilakukan dengan mengurangi porsi rokok yang sobat konsumsi. Asap rokok akan membuat darah kita kotor, mudah tumbuh jerawat dan membuat mata merah. Kurangi rokok maka makan akan enak dan berat badan terjaga.
 
Sekian dulu tentang artikel kali ini yang membahas tentang Ketahui Penyebab Badan Menjadi Kurus dan semoga bermanfaat bagi semuanya. Jangan lupa di share ya sob…! Terima kasih…!
Ketahui Penyebab Badan Menjadi Kurus | Khoirun Nisa' | 4.5