Khasiat dan Manfaat Ketepeng Cina untuk Pengobatan

advertisement

Khasiat dan Manfaat Ketepeng Cina untuk PengobatanKetepeng Cina sudah banyak dipakai oleh nenek moyang kita dan telah menjadi sebuah resep kuno untuk mengatasi beragam penyakit kulit dan beberapa penyakit lainnya diantaranya panu, eksema, kurap, sembelit, sariawan hingga dapat mengatasi cacing kremi.

Khasiat Manfaat Ketepeng Cina sebagai Resep Pengobatan Tradisional. Ketepeng Cina adalah salah satu jenis tanaman yang asalnya dari daratan Amerika tropik.

Tanaman ini memiliki nama latin Cassia alata, Ketepeng cina banyak tumbuh di beberapa kawasan di Indonesia dan punya banyak sekali manfaat. Bahkan mungkin bisa dikata tanaman ini cukup mudah kita temukan di berbagai daerah di Indonesia.

Khasiat dan Manfaat Ketepeng Cina untuk Pengobatan

Khasiat dan Manfaat Ketepeng Cina untuk Pengobatan

Ketepeng Cina memiliki beberapa nama-nama sendiri di Indonesia, setiap daerah memiliki istilah nama yang berbeda-beda, diantaranya ialah:

  • Seven golden candlestick (Inggris)
  • Ketepeng Badak (Sunda)
  • Ketepeng Kebo (Jawa)
  • Acon-aconan (Madura)
  • Tabankun (Tidore)
  • Sajamara (Halmahera)
  • Kupang-kupang (Ternate)

Senyawa Kimia

Sesudah tanaman ini di teliti oleh para Ahli herbal rupanya ketepeng cina mengandung banyak senyawa kimia yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, beberapa diantaranya  adalah; Rein aloe-emodina, reinaloe-emodina, rein aloe-emodina-diantron, asam krisofanat, dan tanin.

Spesifikasi Tanaman Ketepeng Cina

Ketepeng cina adalah salah satu tanaman perdu. Di negeri kita tanaman ini seringkali dipakai sebagai tanaman perindang atau tanaman penyejuk. Adapun Ciri-ciri tanaman ini punya daun yang besar bentuk bulat telur yang saling berhadapan. Bunga mahkota berwarna kuning di bagian bawah. Bentuk buahnya polong bersayap pipih warna hitam.

Khasiat dan Kegunaan Ketepeng Cina

Selain sebagai tanaman penyejuk, Manfaat ketepeng cina ialah untuk pengobatan berbagai penyakit. Ada sedikit resep pengobatan tradisional dengan menggunakan ketepeng cina yang akan kami bagikan pada Anda.

Bagian tanaman ketepeng yang banyak dipakai untuk obat herbal ialah daunnya yang punya sifat khas dari daun tanaman ini yakni ada rasa pedas, hangat sehingga bisa berfungsi untuk insektisidal, dapat mengatasi gatal-gatal, untuk obat cacing, sampai obat kelaianan kulit yang diakibatkan oleh parasit kulit.

Cara Penggunaan Sebagai Obat Herbal :

  • Panu, Kurap, Eksema : 1 genggam daun ketepeng cina segar ditambah dengan sedikit tawas ( atau satu sendok makan kapur sirih ) dilumat, lalu digosokkan secara kuat-kuat pada kulit yang sedang sakit, lakukan 2 kali sehari.
  • Sembelit : daun muda segar sebanyak 7 lembar ditambah dengan dua gelas air, didihkan hingga tersisa 1 gelas, minumlah sekaligus.
  • Sariawan : 4 lembar daun dicuci hingga bersih kemudian dikunyah dengan garam secukupnya¬† (layaknya mengunyah sirih) selama sekian menit, lalu telan airnya sedangkan ampasnya dibuang.
  • Cacing Kremi pada Anak : 7 lembar daun ditambahkan asam secukupnya (agar menghilangkan baunya) ditambah dengan dua sendok teh bubuk akar kelembak (rheumofficinale baill), rebuslah dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas, saringlah, bila sudah hangat silahkan diminum.

    Khasiat Ketepeng Cina

    Khasiat Ketepeng Cina

Khasiat Manfaat Ketepeng Cina untuk Resep Pengobatan Tradisional lainnya

Untuk obat Eksim. Ambillah segenggam daun ketepeng cina, tambahkan sedikit adas pulowaras, dan tambahkan pula sedikit kapur sirih. Haluskan semua bahan jadi satu. Oleskan tumbukan ketepeng cina tadi pada area yang sakit.

Untuk obat Cacingan. Ambillah 3 pucuk daun ketepeng cina, tambahkan sedikit asam jawa, sepotong kelembak, serta sedikit saja gula merah. Rebuslah semua bahan tadi dengan 3 gelas air, tunggu sampai mendidih hingga tersisa satu gelas saja. Saringlah dan minum ramuan tadi.

Untuk obat Panu atau Sakit Kulit. Ambillah Ketepeng Cina secukupnya, tambahkan bawang putih secukupnya. Tumbuk kedua bahan ini sampai halus. Oleskan pada area tubuh yang sakit. Insyallah masalah kulit akan lekas teratasi. Nah, ketika sudah tahu Khasiat dan Manfaat Ketepeng Cina untuk Pengobatan, tentu anda tak perlu ragu lagi menggunakannya sebagai obat alami tradisional.

Khasiat dan Manfaat Ketepeng Cina untuk Pengobatan | Planter | 4.5