Khasiat dan Manfaat Tanaman Daun Puring

advertisement

Khasiat dan Manfaat Tanaman Daun PuringDaun puring rupanya bisa kita gunakan untuk mengobati sakit perut. Apalagi saat musim hujan seperti sekarang ini, gampang kena masuk angin. Selain memakai produk obat-obatan, rupanya daun puring juga mampu mengobati sakit perut, ada beragam jenis tanaman puring, semuanya memiliki khasiat yang sama, namun yang paling manjur untuk obat ialah daun puring yang berwarna kuning, tanaman puring ini tergolong mudah didapatkan di Indonesia.

Khasiat dan Manfaat Tanaman Daun Puring

Khasiat dan Manfaat Tanaman Daun Puring

Daun puring punya kemampuan untuk menyerap unsur TB (Timbal) yang ada dan bertebaran di udara terbuka. Cara pakai daun puring ini cukup mudah, daun puring hanya perlu ditumbuk halus hingga keluar airnya lalu diusapkan ke perut yang sedang sakit. Daun puring juga punya manfaat untuk melancarkan peredaran darah serta meluruhkan keringat. Tak hanya itu, daun puring juga dapat digunakan sebagai obat cacingan, perut mules, dan untuk menambah nafsu makan. Bagi anda yang sedang mengalami sulit BAB (buang air besar), daun puring ini juga dapat dipakai untuk mangatasi sembelit.

Herbal Puring dan Khasiatnya Puring ( Codiaeum variegatum )

Termasuk jenis tanaman perdu dengan batang bulat, berkayu, serta bercabang, warna cokelat kehijauan. Jenis Daun tunggal, lonjong, ujungnya meruncing, pertulangannya menyirip, berwarna kuning kehijauan. Bunganya majemuk bentuk tandan pada ketiak daun, buahnya bulat, warna kuning kehijauan. Akar tunggang warna kuning muda. Bagian yang dipakai ialah seluruh bagian tanaman. Memiliki Kandungan Kimia : Saponin dan tannin. Baca juga: Manfaat Ketepeng Cina

Khasiat : untuk obat Sipilis, Sakit Perut, dan Sukar berkeringat

Cara Pemakaian sebagai Obat :

  • Penyakit Sipillis : takaran 15 gram, rebus dengan 5 gelas air selama kurang lebih 15 menit, dinginkan ramuan, lalu saring. Hasil saringan ditambahkan dengan 10 gram gula merah, kemudian aduk hingga merata, minumlah sehari 3 kali porsi sama banyaknya.
  • Sakit perut pada anak: Ambil daun puring muda dan segar, yang berwarna kuning, haluskan dengan sedikit air sampai halus. Balurkan ramuan ini pada perut anak yang sedang sakit.
    Sukar berkeringat : Minumlah air rebusan daun puring dengan jumlah secukupnya, dan lakukan hal ini secara rutin.
  • Sembelit kejang lambung, penyakit saluran kencing pada anak-anak, kehilangan selera, : Minum rebusan akar serta kulit batang puring dengan porsi secukupnya.

Demikian artikel kali ini tentang Khasiat dan Manfaat Tanaman Daun Puring, semoga bermanfaat untuk anda semua.

Khasiat dan Manfaat Tanaman Daun Puring | Planter | 4.5