Macam-macam Tanaman Obat dan Manfaat beserta Gambar

Macam-macam Tanaman Obat – Negara kita adalah negara agraris yang telah dikenal memiliki berbagai kekayaan alam rempah rempah dan berbagai macam jenis tanaman untuk obat alami. Dari jaman dahulu kala hingga saat ini tumbuhan herbal atau tanaman obat dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Namun sayangnya kebanyakan masyarakat kita saat ini malah lebih memilih produk impor dari luar negeri dibanding negara kita sendiri. Sebenarnya kita tak perlu jauh pergi ke negeri orang dengan biaya mahal, untuk apa kita ke negeri orang bila negara kita nusantara memiliki lebih banyak kekayaan obat alami dalam hal pengobatan tradisional. Mari kita ketahui dan kenali beragam jenis tanaman obat dari nusantara serta khasiatnya.

Tumbuhan Obat atau biasa disebut dengan Tumbuhan herbal ini banyak sekali jenisnya dan khasiatnya,mulai yg dapat mengatasi penyakit ringan hingga penyakit berat. Selain itu pula Tumbuhan herbal juga telah teruji mampu menyembuhkan jika kita banding dengan obat yang berbahan kimia. Berikut ini kami paparkan beberapa tumbuhan herbal yang bisa kita jadikan Pengobatan Alternatif. Beberapa jenis tanaman obat yang akan kami jelaskan ini hanya bagian kecil saja, sebenarnya masih banyak sekali jenis tanaman obat lainnya.

  1. Daun Seledri / Apium Graviolens.

Tanaman ini sudah tak asing lagi untuk kita, selain rasanya yang enak bila digunakan sebagai penyedap rasa masakan rupanya daun seledri juga bermanfaat untuk obat alamiah karna kaya akan kandungan kalsium, fosfornya.

Misalnya daun seledri bisa dijadikan sebagai Mengobati Asam Urat. Caranya Cukup dengan merebus beberapa biji seledri untuk segelas air kemudian panaskan dan minum selagi hangat tiap paginya.

gambar daun seledri

  1. Tanaman Blustru / Luffa Aegyptica Mill

Blustru atau biasa disebut Ketela Manis (di jawa barat bernama Lapang Oyom dan di Palembang bernama Hurung Jawa) merupakan tanaman herbal nusantara yangg telah mengalir turun temurun. Namun sekarang ini sudah jarang yang menjadikannya sebagai obat bahkan ada sebagian kita belum tahu bagaimana bentuknya Blustru. Ketela manis dapat dijadikan sebagai Obat Asma, caranya cuci dahulu daun blustru yang muda, taruhlah diatas nasi panas (bisa disimpan diatas pada saat memasak nasi) lalu makanlah untuk lalapan tiap hari.

gambar tanaman obat blustru

3.Tanaman Pasak Bumi / Tongkat Ali / Eurycoma Longifolia Jack

Jenis tumbuhann ini biasa tumbuh di daerah Kalimantan. Tanaman pasak bumi dapat membantu meningkatkan jumlah kadar testosteroon dan dapat menambah gairah pria. Selain itu juga bisa digunakan sebagai Obat Ejakulasi Dini. Kebanyakan Toko obat umumnya menjual obat ini sudah berupa teh, kopi, atau berbentuk kering.

gambar tanaman akar pasak bumi

  1. Buah Mengkudu / Morinda Citrifolia

Tumbuhan Mengkudu memiliki nama yang berbeda pada tiap daerah contohnya di jawa barat disebut Cangkudu, di Aceh dinamakan boeh Keumeudee, dan di Jawa dinamakan kudu. Tumbuhan ini umumnya di desa ditanam di tiap pekarangan rumah ada (walau tidak semua) karena dapat dipakai untuk makanan pelengkap rujak atau menu berbuka puasa. Namun tahukah anda bahwa buah Mengkudu juga bisa menjadi Obat Jantung Koroner dan sebagai pencegahan penyakit jantung koroner. Caranya ialah, cukup buat jus mengkudunya lalu saring air dari sarinya dapat ditambahkan madu agar supaya lebih enak dan minumlah dua kali sehari setelah makan.

gambar Buah Mengkudu

5.Tanaman Lidah Buaya / Aloe Vera

Tanaman Lidah buaya sudah sejak jaman dulu kala sudah biasa dijadikan sebagai bahan perawatan kosmetik kecantikan wanita dan juga untuk obat alami. Sekarang ini di jepang telah dikembangkan sebuah studi penelitian lidah buaya sebagai Obat Kanker. Saat ini sudah banyak sekali tips untuk mengkonsumsi lidah buaya contohnya dijadikan Cendol atau makanan lainnya. Baca juga, manfaat daun beringin

gambar Tanaman Lidah Buaya

6.Tanaman Buah Makasar / Brucea Javanica

Buah ini memiliki rasa yang sangat pahit dan beracun. Namun jika dipakai dengan sebaik-baiknya dan benar takaran dosisnya tumbuhan ini bermanfaat sebagai obat Penyakit Diabetes Melitus karena mampu menurunkan kadar gula dalam tubuh. Baca juga, manfaat daun cangkring

Selain itu pula Buah ini juga dapat menjadikan Obat Kanker Serviks, Caranya ialah dapat dengan diseduh kedalam setengah gelas air dan meminumnya 2 hingga 3 x sehari (biasanya Toko obat yang menjual Buah Makasar dalam keadaan kering jadi kita tak perlu susah menumbuk dan mengeringkannya).

gambar Tanaman Buah Makasar

  1. Buah Belimbing / Averrhoa Carambola

Buah Belimbing yang terasa manis banyak memiliki kandungan vitamin A, B, C, Protein, Kalsium. Buah Belimbing, Selain rasanya yang enak juga dapat dijadikan Obat Kolestrol Tinggi dan menurunkan Darah Tinggi. caranya ialah cukup memakan buah belimbing tersebut setiap harinya sehabis makan.

gambar Buah Belimbing

  1. Tanaman Sambiloto

Sambiloto Bermanfaat dalam mencegah pembentukan radang, melancarkan air seni (diuretika), dapat menurunkan panas badan (antipiretika), sebagai obat sakit perut, terkena racun dan kencing manis. Kandungan senyawa kalium dapat memberi khasiat untuk menurunkan tekanan darah. Hasil percobaan farmakologi membuktikan bahwa air rebusan daun sambiloto 10% dengan takaran 0.3 ml/kg berat badan mampu memberikan penurunan kadar gula darah yang sebanding dengan pemberian sebuah suspensi glibenclamid. 10 sampai 15 daun yang direbus hingga mendidih dan diminumm air rebusannya. Baca juga, manfaat daun bakung

gambar Tanaman Sambiloto

9.Tanaman  Daun Dewa / Gynura Divaricata

Tanaman Daun Dewa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Daun Dewa memiliki kandungan minyak atsirin, saponin. Daun Dewa umumnya dijadikan sebagai Obat Penyakit Stroke ataupun sebagai Pencegahan timbulnya Penyakit Stroke. Yang dapat pula mengatasi luka memar dan sebagai penurun Darah Tinggi.

gambar Tanaman Daun Dewa

  1. Tanaman pohon Jarak / Ricinus Communis

Biasa dikenal dengan nama Kaliki di Jawa Barat dan Dulang di Sumatra, Kalek madura. tumbuhan pohon Jarak ini berkhasiat sebagai obat anti reumatik dan bisa meringankan. Pada bijinya terasaa manis, pedas taopi netrall. Bijinya umumnya dibuat Obat Kangker Rahim, Hernia, TBC, Rematik. Namun waktu mengolahnya biji jarak sebagai obat agar perlu berhati-hati karena jika meminum obat tersebut berlebihan maka akan timbul keracunan dengan ciri-ciri Sakit kepala, berak mencret, muntah, dan panas kulit.

gambar Tanaman pohon Jarak

  1. Temulawak

Adapun Tanaman obat yang satu ini bernama Latin Curcumamaxanthorrhiza. Temulawak sangat bermanfaat untuk menambah nafsu makan, kurang darah atau anemia, mengobati Hepatitis B, juga dapat mengurangi jerawat. Selain itu pula sebagai  antioksidan, anti keracunann empedu atau anti radangg dan untuk mencegah kanker hati.

gambar tanaman Temulawak

  1. Daun Beluntas

Tanaman ini sangat berkhasiat untuk menambah nafsu makan anda, juga membantu melancarkan pencernaan, dapat meluruhkan keringat, untuk menghilangkan bau badan hingga bau mulut, bermanfaat pula untuk meredakan demam, nyeri tulang, sakit pinggang, hingga keputihan. Kadar minyak atsiri pada daun beluntas sebanyak 5% mampu menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus, sedangkan dalam kadar 20% mampu menghambat pertumbuhan bakteri Escherechia coli. Sangat bermanfaat bukan? Cocok sebagai lalapan makan anda.

gambar daun Beluntas

  1. Lengkuas

Dan yang terakhir adalah Lengkuas. Lengkuas tak cuma dijadikan sebagai penyedap rasa masakan, namun juga dapat mengobati berbagai jenis penyakit seperti tumor, limfa, sakit kepala, rematik radang dan diare. Dalam bahasa Latin lengkuas ialah Alpina Purpurata. Untuk anda yang punya masalah panu, maka dapat diatasi dengan lengkuas. Anda cukup mengirisnya miring kemudian dipukul perlahan-lahan, dan gosokkan berulang pada area kulit yang terdapat panu.

gambar Lengkuas

Seperti yang telah kami katakan tadi, sebenarnya jenis dan macam tanaman obat masih banyak lagi yang lainnya. Akan tetapi untuk kali ini kami hanya menjelaskan 13 jenis aja, insyallah akan kami ulas dalam kesempatan yang lain, Silahkan mengomsumsi obat herbal alami, untuk dapat mencegah dan mengobati berbagai macam jenis penyakit yang menyerang kapan aja. Jaga kesehatan dengan cara minum jamu dan rajin berolah raga.

Itulah uraian singkat tentang 13 Macam Tumbuhan Tanaman Obat dan Manfaatnya. Jika merasa artikel ini berguna untuk anda, maka silahkan bagikan pada sahabat, teman atau saudara anda sekalian agar mereka juga semakin tahu tentang dunia pengobatan herbal yang cukup mujarab dan tak kalah berkhasiat dibanding obat-obat kimia modern. Sekian dan semoga bermanfaat untuk anda semua.

Macam-macam Tanaman Obat dan Manfaat beserta Gambar | Planter | 4.5