Makanan yang Sulit Dicerna Tubuh

Wednesday, February 11th, 2015 - Kesehatan

Makanan yang Sulit Dicerna Tubuh – Apa Anda pernah merasa sesak di perut, kembung, mulas, diare, atau sering buang gas pada saat makan atau beberapa saat sesudah makan? Jangan sepelekan hal seperti itu. Menurut Prof. Dr. Mohammad Juffrie, SpAK, Ph.D., Fakultas Kedokteran, Universitas Gajah Mada, gejala-gejala itu bisa merupakan pertanda bahwa Anda habis makan makanan yang sulit dicerna.

jika anda belum tahu, Ini lah dia 5 makanan yang sulit dicerna tubuh menurut Dr. Ir. Nuri Andarwulan, M.Si, seorang pakar pangan dan gizi, Institut Pertanian Bogor.

Makanan yang Sulit Dicerna Tubuh

1. Makanan Pedas
Anda suka makanan pedas? Berhati-hatilah, Apalagi bila usus dan lambung Anda termasuk kategori sensitif pada senyawa capsaicin. Capsaicin merupakan zat yang terdapat pada paprika, cabe, dan jalapeno (cabe khas Meksiko). Senyawa capsaicin yang memiliki ukuran kecil tak bisa dipecah tubuh sehingga dapat mengakibatkan iritasi pada bagian usus halus. Iritasi pada bagian usus halus akan mengakibatkan gangguan gerakan peristaltik, sehingga nantinya makanan akan terdorong ke usus besar. Akhirnya, muncul rasa mulas yang dapat mengakibatkan pada diare. Karenanya, sedapat mungkin makanlah jenis makanan yang tak terlalu pedas. Bila anda ingin makan makanan pedas, maka makanlah dalam porsi kecil makanan pedas di siang hari, ditambah dengan nasi atau lauk pauk lain yang tidak pedas.

2. Kubis-Kubisan
Kol dan brokoli ialah makanan yang kaya serat dan nutrisi. Namun sayangnya, serat pangan dan senyawa yang terdapat dalam kubis bersifat sulit dicerna, yang artinya kubis juga menjadi salah satu makanan yang menarik bagi mikroflora (bakteri yang terdapat dalam usus). Mikroflora ini yang membuat penumpukan gas yang punya kandungan belerang dalam usus besar. Nantinya, perut akan terasa sesak akibat adanya penumpukan gas di dalam usus. Bila tidak ingin merasa begah habis mengkonsumsinya, rebuslah kubis tak terlalu lama agar senyawa pemicu gas tersebut dapat berkurang.

3. Nangka, Sirsak dan Cempedak
Apakah semua buah aman untuk dikonsumsi? Eits, belum tentu! Contohnya Makan nangka, sirsak, dan cempedak dalam jumlah terlalu banyak bisa membuat rasa kembung seharian. Hal ini terjadi dikarenakan jenis buah ini memang tergolong sulit dicerna. Semangkuk es teler isi nangka, atau 1 gelas jus sirsak, atau juga sebuah cempedak masih termasuk aman untuk pencernaan. Pastikan buah tadi tidak mengkal pada saat dikonsumsi. Buah yang sudah matang akan membuat lunak unsur serat yang membuat perut terasa begah.

4. Kacang-Kacangan
Aneka jenis kacang – kacangan memang sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit jantung, diabetes, kolesterol, kanker, sampai diet. Tapi, kacang juga bisa mengakibatkan timbulnya stres pada lambung kita, ini disebabkan karena kadar lemak dalam kacang cukup tinggi hingga mencapai 60%. Apalagi bila proses penyajian (diolah) dengan cara digoreng. Untuk menghindari gas dan kembung pada perut, Anda bisa mengolahnya jadi masakan sup kacang merah, ataupun kacang rebus. Dan jangan lupa untuk  mengolahnya (memasak) dalam waktu lumayan lama, sehingga kacang-kacangan yang lezat tadi akan lebih mudah dicerna oleh lambung kita.

5. Es Krim
Si dingin manis nan lezat ini bisa mengakibatkan masalah perut, misalnya sesak dan juga kembung. Khususnya bila dimakan dalam jumlah banyak, karena, semua yang terkandung dalam semangkuk es krim ialah lemak. Lemak akan melekat dalam perut lebih lama dibanding makanan lain, sebelum akhirnya bisa dicerna. Apalagi bila kita intoleran terhadap zat laktosa. Bila kekurangan enzim laktase yang diperlukan untuk membantu proses memecah gula susu maka dapat menyebabkan tubuh terserang diare dan akan sering buang gas.

So, sudah tahukan jenis makan apa yang sulit dicerna oleh tubuh?. Yang perlu diperhatikan adalah : “Tak salah dalam mengkonsumsinya, namun perhatikan pola dan jumlahnya dalam mengkonsumsi”. Dan jangan terlalu terburu-buru ketika mengunyah makanan, nikmati suap demi suap sambile berucap syukur pada Tuhan, supaya lambung kita tak perlu kerja ekstra untuk mencerna makanan. Mari hidup sehat untuk hidup yang lebih baik.

Makanan yang Sulit Dicerna Tubuh | Planter | 4.5