Manfaat Bangle Untuk Kesehatan Tubuh

Friday, September 12th, 2014 - Rimpang, Tanaman Obat
Manfaat Bangle Untuk Kesehatan Tubuh – Tanaman obat yang satu ini mempunyai mana ilmiah Zingiber montanum yang merupakan salah satu jenis temu – temuan. Yang paling banyak dimanfaatkan dari tanaman ini adalah rimpangnya sebagai bahan rempah dan sekaligus merangkap dengan tanaman atau obat tradisional. Pada kalangan masyarakat umumnya, bangle hanya dikenal sebagai bumbu masakan dan tidak dimanfaatkan secara maksimal. Padahal khasiat dan kegunaan dari bangle cukuplah banyak dan juga berpengaruh besar dalam bidang kesehatan.
Manfaat Bangle Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Bangle Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Bangle Untuk Kesehatan Tubuh sangatlah banyak dan beberapa dari khasiat yang didapat dari mengkonsumsi bangle adalah :
  1. Mengobati sakit kepala : Penyakit ini memang tidak terelakkan bagi setiap orang, sehingga banyak juga yang memakai obat yang memakai bahan kimia yang sudah banyak beredar di warung – warung. Namun siapa sangka, ternyata sobat juga bisa membuat obat sakit kepala sendiri dengan menghaluskan beberapa rimpang bangle lalu peras dan minum airnya. Tapi sebelumnya harus direbus dulu agar kuman yang ikut dalam air mati dan dicampur dengan sedikit garam agar rasanya agak sedikit sedap.
  2. Melancarkan BAB : Hal ini sering disebut sembelit, namun sobat mengakalinya dengan secara teratur mengkonsumsi perasan bangle.
  3. Mengobati Nyeri pada perut : Sama seperti yang dijelaskan diatas, selain melancarkan BAB, bangle juga bisa meredam nyeri pada perut akibat dari asam lambung yang naik. Sangat cocok bagi sobat yang penggila pedas dan rasa asam yang berlebihan.
  4. Mengurangi Perut Kembung : Masih terkait dengan dua sakit diatas, Kembung disebabkan karena banyaknya angin yang masuk kedalam tubuh. Dan hal ini menimbulkan penumpukan gas yang begitu banyak pada lambung. Alternatifnya ya mengkonsumsi bangle secara rutin, maka kembung yang sobat derita akan sembuh.
  5. Menyembuhkan Penyakit Kuning : Penyakit ini disebabkan oleh pembengkakan pada hati, sehingga proses penetralan racun pada tubuh agak tehambat. Untuk mengobati, sobat bisa menggunakan bangle sebagai obat alternatif yang dikonsumsi sebagai jamu.
  6. Melangsingkan Tubuh : Hal ini banyak kaitannya dengan penyakit – penyakit  yang sudah disebutkan diatas. Dengan lancarnya pencernaan, otomatis penumpukan lebak juga akan berkurang dan racun dalam tubuh bisa keluar secara rutin. Bangle memang sangat cocok bagi sobat yang sedang melakukan program diet.

Sudah tidak ragu untuk menanam bangle sebagai tanaman apotik hidup kan? Kami rasa sekian dulu bahasan tentang Manfaat Bangle Untuk Kesehatan Tubuh ini. Dan semoga bermanfaat!

Artikel lain tentang tanaman obat :

Manfaat Bangle Untuk Kesehatan Tubuh | Khoirun Nisa' | 4.5