Manfaat Buah Duku bagi Tubuh dan Nutrisinya

Manfaat Buah Duku – Buah yang bentuknya bulat kecil ini seringkali dikonsumsi cuma sebagai pencuci mulut, tapi buah ini dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai isian pudding, selai, dan sebagainya.

Buah duku yang masih mentah warnanya kehijauan dan terasa masam, bila warna sudah mulai kekuningan, ini adalah tanda bahwa buah duku mulai matang dan memiliki rasa yang lebih manis. Kadangkala ada yang menganggap bahwa buah duku terasa pahit, tapi rasa pahit ini dihasilkan bila menggigit biji yang terdapat didalamnya.

Manfaat Buah Duku bagi Tubuh

Berikut merupakan beberapa manfaat buah duku bagi kesehatan yang perlu anda ketahui:

  1. Sumber Antioksidan

Buah duku memiliki kandungan manfaat vitamin C yang sangat berperan sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri adalah sebuah nutrisi yang berfungsi untuk menghindari tubuh dari kerusakan yang dikarenakan oleh zat radikal bebas. Kerusakan ini umumnya dikarenakan oleh proses pencernaan yang mengubah makanan menjadi energi dalam tubuh. Antioksidan juga sangat berperan untuk menghindarkan tubuh dari adanya kerusakan yang dikarenakan oleh polusi ataupun zat beracun.Manfaat Buah Duku bagi Tubuh dan Nutrisinya

  1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat buah duku lainnya ialah akan mencegah penuaan dini. Salah satu penyebab penuaan dini yakni karena adanya radikal bebas. Seperti yang telah disebutkan diatas, vitamin C dalam buah ini cukup efektif untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas.

Vitmain C juga sangat bermanfaat untuk melindungi protein lipid, asam nukleat, dan juga karbohidrat dari adanya kerusakan yang dikarenakan oleh radikal bebas ataupun polusi atau racun.

  1. Menguatkan Gigi

Buah duku bermanfaat untuk menguatkan gigi karena kandungan fosfor yang terdapat didalamnya. Gigi akan jadi lebih kuat dan sehat bila sering mengonsumsi buah ini. Hal ini juga dapat dioptimalkan dengan cara mengonsumsi manfaat strawberrry untuk kesehatan gigi.

  1. Menjaga Kesehatan Gusi

Kesehatan gusi dapat dirawat dengan cara mengkonsumsi vitamin C. Seperti yang telah kami sebutkan bahwa buah duku memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gusi. Kandungan vitamin C juga cukup banyak terdapat dalam :

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Vitamin C amat diperlukan bagi semua orang untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan vitamin C dalam buah duku sangat berkhasiat untuk menjaga kekebalan tubuh dan berkhasiat juga untuk orang yang sedang ada dalam masa pemulihan.

  1. Menurunkan Berat Badan

Buah duku tak disangka rupanya juga dapat dipakai untuk menurunkan berat badan. Buah duku akan membantu tubuh kita untuk mendapatkan carnitine. Carnitine berguna untuk mengarahkan molekul lemak ke sebuah jaringan pembakaran lemak. Molekul lemak ini perlu diperhatikan bagi siapapun yang sedang menurunkan berat badan karena bila terjadi kekurangan molekul lemak, maka tubuh akan merasa lelah dan kurangnya energi.

Maka, bila carnitine dalam tubuh berkurang maka akan terjadi penimbunan lemak. Buah duku ini dapat dikonsumsi bersamaan dengan manfaat apel untuk anda yang tengah menjalani program diet.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah duku memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Hal ini seperti yang juga ditemukan pada manfaat buah pepaya. Selain itu juga, buah ini berkhasiat untuk mencegah penyakit kanker pada saluran pencernaan. Kandungan kalori, mineral dan zat besi pada buah duku juga lebih banyak bila dibanding dengan buah apel atau jeruk manis.Manfaat buah duku x78

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit bisa dijaga dengan sering mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan manfaat vitamin E. Buah duku juga punya kandungaan vitamin E sehinggaa cukup efektif untukk menjaga kesehatan kulit seperti :

  • mencegah penuaan dini
  • menghaluskan dan melembutkan kulit
  • menjagaa kelembaban kulit
  • menjagaa kulit dari sinar UV
  • Membantu penyembuhan lukaa
  1. Mengendalikans Kadar Kolesterol

Metabolisme kolesterol dalam tubuh akan menjadi asamm empedu. Untuk penderita penyakit kolesterol, hal ini akan dapat dibantu dengan sering mengonsumsi buah duku.

  1. Mengatasi Diare dan Demam

Buah duku bermanfaat efektif dapat mengobati diare dan bermanfaat untuk menurunkan panas ataupun demam tinggi. Caran pembuatannya cukup mudah :

  • Ambillah biji buah duku
  • Tumbuklah bijinya hingga halus
  • Campurkan dengan air
  • Minumlah sehari satu kali.

Sekian artikel kami kali ini tentang Manfaat Buah Duku bagi Tubuh dan Nutrisinya, semoga banyak memberikan pengetahuan dan pencerahan bagi kita semua tentang manfaat buah bagi tubuh kita.

Manfaat Buah Duku bagi Tubuh dan Nutrisinya | Planter | 4.5