Manfaat Dan Kandungan Yang Terdapat Pada Kencur

advertisement
Manfaat Dan Kandungan Yang Terdapat Pada Kencur – Tanaman obat yang mempunyai nama ilmiah Kaempferia galanga ini terbukti sangat mempunyai multi fungsi dalam kehidupan sehari – hari pada kalangan masyarakat. Dan pada umunya, Kencur dimanfaatkan sebagai bahan rempah pelangkap masakan. Namun selain itu, kencur juga banyak berkhasiat bagi kesehatan tubuh kita. Pada masakan, biasanya yang kita kenal adalah urap sayur, rasa yang agak pedas pada kencur sangat memberi aroma tersendiri pada masakan tersebut. Dan dikenal masyarakat dengan nama beras kencur untuk jamu tradisional olahan dari tanaman yang termasuk salah satu jenis suku temu – temuan.
Manfaat Dan Kandungan Yang Terdapat Pada Kencur
Manfaat Dan Kandungan Yang Terdapat Pada Kencur
Penyebaran dari tanaman temu mini ini sangat luas mencapai sampai seluruh Indonesia, dikarenakan pertumbuhannya dan pembudidayaannya sangat mudah. Kencur ini boleh dibilang tanaman musiman yang sangat baik tumbuh pada saat musim penghujan saja. Tak luput dari manfaat dan khasiat yang terdapat pada kencur, Ada beberapa kandungan yang perlu sobat ketahui terlebih dahulu. Apa saja kandungan tersebut?  
Berikut beberapa kandungan yang terdapat pada rimpang kencur :
  • Pati
  • Mineral
  • Minyak Atsiri berupa : Sineol, Asam Metil Kanil, Penta dekaan, Asam Sinamat, Etil Ester, Borneol, Kamphene, Paraeumain, Asam Anisat Dan Alkaloid
  • Gom

Beberapa manfaat bagi kesehatan yang didapat dari mengkonsumsi kencur adalah :

  • Menambah nafsu makan : Hal ini sangat baik dikonsumsi bagi anak- anak, karena sangat membantu dalam proses pertumbuhan guna memenuhi kebutuhan gizi dan lain – lainnya.
  • Mengobati Sakit kepala : Mengkonsumsi kencur secara rutin, akan menurunkan sakit pada kepala. Sangat membantu bagi sobat yang mempunyai pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi.
  • Mengobati Batuk : Pada manfaat yang satu ini, kencur sangat membantu dalam menyembuhkan batuk, hampir sama dengan manfaat yang terdapat pada jahe. Kencur juga bisa melancarkan pernafasan dan mengeluarkan dahak pada tenggorokan.
  • Melancarkan keringat : Jika sobat merasa meriang dan tidak enak badan, maka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi beras kencur. Efek panas yang terdapat pada tanaman obat ini sangat baik untuk mengeluarkan keringat dan membantu menyehatkan tubuh.

Dari semua manfaat diatas, tidak ada ruginya kalau kita menggenapkan koleksi tentang tanaman obat pekarangan yang sekalian bisa dijadikan apotik hidup. Sekian dulu tentang Manfaat Dan Kandungan Yang Terdapat Pada Kencur. Semoga bermanfaat!

Artikel tentang tanaman obat yang lain :

Manfaat Dan Kandungan Yang Terdapat Pada Kencur | Khoirun Nisa' | 4.5