Manfaat dan Khasiat Buah Melon untuk Kesehatan dan Kecantikan

advertisement

Manfaat dan Khasiat Buah Melon untuk Kesehatan dan Kecantikan – Melon, mendengar namanya saja sudah terbayang kelezatannya. Buah yang satu ini dikenal sangat kaya betakaroten, vitamin A dan vitamin C.

Melon adalah nama umum untuk beragam buah. Mulai dari melon (Cucumis melon), pare (bitter melon, Momordica charantia), semangka (water melon, Citrullus lanatus), pinyin (wintermelon, Benincasa hispida), dan melano (horned melon, Cucumis metuliferus E. Mey). Melon umumnya Cucumis melo, juga disebut dengan muskmelon. Sebutan ini dipakai untuk membedakannya dengan watermelon (semangka), bittermelon (pare), wintermelon (pinyin), dan horned melon (melano). Di wilayah Indonesia, istilah melon cuma khusus dipakai untuk muskmelon.

Manfaat dan Khasiat Buah Melon untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat dan Khasiat Buah Melon untuk Kesehatan dan Kecantikan

Terdapat tiga jenis melon yang punya khasiat untuk kecantikan dan kesehatan, Diantaranya sebagai berikut :

Melon Orange

Warna orange pada melon ini memberi khasiat penyembuhan luka dari dalam. Beta karoten yang terdapat di dalamnya juga akan memberikan asupan vitamin A yang bagus untuk mata. Menurut penelitian, betakaroten dalam buah melon ini bisa mengurangi risiko katarak sejumlah 50%.

Tak hanya itu, antioksidannya yang cukup tinggi sangat bagus untuk kulit, serta dapat memberikan asupan air agar kulit Anda tetap lembab. Melon, sering disebut pula dengan cantaloupe juga kaya akan antioksidan.

Melon (Muskmelon)

Disebut pula honeydew melon, yang juga merupakan sumber mineral tembaga, berfungsi untuk memperbaiki dan menjaga sel-sel kulit yang rusak. Juga diperkaya dengan kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan jumlah kolagen yang ada dalam kulit, sehingga akan membantu menunda efek penuaan serta dapat mengatasi kerutan pada wajah.

Semangka (water melon)

Sama dengan tomat, semangka kaya akan kandungan lycopene. Lycopene ini dapat membantu menjaga keremajaan kulit dan dapat membantu memenuhi kebutuhan air / kelembaban pada kulit.

Zat Glutathione pada buah semangka juga dapat membantu mendetoks liver supaya tetap sehat dan dapat mengeluarkan toksin / racun dari dalam tubuh. Hebatnya lagi, semangka dijuluki sebagai buah viagra, karena dapat membantu pria dalam meningkatkan gairah se*sualnya.

Beberapa Manfaat Lain Buah Melon

Manfaat Lain dari Buah Melon

Manfaat Lain dari Buah Melon

Melon tak hanya sekedar manis dan enak, kandungan vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya juga dapat menjaga kesehatan Anda. Manfaat lain dari buah melon, diantaranya :

Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang amat kuat. Vitamin ini mampu sangat berperan penting dalam proses tumbuh kembang serta daya tahan tubuh kita. Fungsi vitamin C paling banyak kita jumpai dalam pertumbuhan serta regenerasi tulang rawan, tulang dan juga gigi. Pada orang dewasa diharuskan mengkonsumsi 90 mg vitamin C /hari. Sedangkan untuk secangkir melon mengandung 30 mg vitamin C.

Vitamin A

Vitamin A amatlah penting dalam mendukung dan menjaga kesehatan gigi, tulang, kulit, dan selaput lendir. Vitamin A juga dapat membantu sistem indera mata dengan menjaga kesehatan retina. Kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan penurunan sistem imun tubuh. Melon dengan daging warna jingga punya kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Dalam secangkir melon, sudah dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin A sejumlah 25 %.

Kalium

Kalium merupakan mineral penting untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan mengkonsumsi kalium dalam jumlah cukup maka akan menurunkan tekanan darah serta dapat mengurangi dampak tingginya zat natrium makanan yang dikonsumsi dalam tubuh. Orang dewasa dianjurkan untuk mengkonsumsi 4700 mg potasium /hari. Melon dengan daging warna jingga punya jumlah kalium yang cukup tinggi, yakni 473 mg dalam porsi secangkir.

Demikian artikel kali ini tentang Manfaat dan Khasiat Buah Melon untuk Kesehatan dan Kecantikan, semoga informasi yang telah kami paparkan diatas dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda. Jika berkenan silahkan bagikan artikel ini ke akun sosial media Anda. Terima Kasih

Manfaat dan Khasiat Buah Melon untuk Kesehatan dan Kecantikan | Planter | 4.5