Manfaat dan Khasiat Rambutan untuk Kesehatan

Friday, March 20th, 2015 - Buah

Manfaat dan Khasiat Rambutan untuk Kesehatan – Buah rambutan merupakan salah satu buah asli Indonesia dan juga Malaysia. nama rambutan sebenarnya berasal dari bahasa Melayu yang memiliki arti berambut. Menurut salah satu sumber, rambutan amat kaya kandungan zat besi, yang diperlukan tubuh untuk dapat mengontrol kadar oksigen yang ada dalam tubuh. Zat besi berfungsi untuk membantu mencegah dari kelelahan serta pusing akibat anemia. Tak hanya itu, daging buah rambutan juga dapat memenuhi 4,3 % kebutuhan fosfor harian tubuh kita. Fosfor bermanfaat untuk membantu menyaring limbah dalam ginjal, dan berfungsi untuk pertumbuhan, pemeliharaan, serta perbaikan jaringan dan sel.

Manfaat dan Khasiat Rambutan untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Rambutan untuk Kesehatan

Menurut penelitian yang dikelola oleh berbagai lembaga dan ahli kesehatan membuktikan bahwa rambutan punya manfaat dan berbagai kandungan yang sama persis dengan jeruk dan apel. Di dalam buah rambutan ada banyak senyawa penting yang diperlukan tubuh misalnya vitamin C, zat besi, protein, fosfor dan karbohidrat, serta berbagai zat yang diperlukan oleh tubuh setiap harinya. Buah rambutan merupakan buah yang amat rendah lemak. Sebagian besar kalori yang terdapat pada rambutan berasal dari karbohidrat. Institute of Medicine menganjurkan 130 gram rambutan untuk dikonsumsi harian.

Nah, apa saja manfaat dan khasiat rambutan untuk kesehatan manusia, mari kita bahas bersama berikut ini:

1. Anti Kanker

Rambutan punya kandungan zat antioksidan. Sebuah studi yang dilakoni oleh University of Chiang Mai di Negara Thailand mengungkapkan bahwa buah, biji serta kulit rambutan punya zat antioksidan kuat disebut flavonoid. Beberapa jenis flavonoid diketahui mampu mengurangi kolesterol, obat anti-kanker serta anti-inflamasi / pembengkakan.

2. Penangkal Radikal Bebas

Salah satu senyawa yang terdapat dalam kulit rambutan ialah asam Galia. Senyawa ini berfungsi sebagai penangkal radikal bebas karena dapat membantu melindungi tubuh dari terjadinya kerusakan oksidatif. Ini juga yang menjadi salah satu pencegah penyakit kanker.

3. Kaya Vitamin C

Rambutan kaya akan vitamin C. Bila seseorang mengonsumsi 10 hingga 12 buah rambutan, sama dengan mengkonsumsi 75-90 mg asam askorbat, lebih dari 2x jumlah yang dianjurkan dalam menu sehari-hari. Selain bermanfaat sebagai anti-oksidan, vitamin C juga akan mencegah terjadinya kerusakan sel serta dapat membantu terjadinya penyerapan zat besi.

4. Pembentukan Sel Darah

Buah yang manis ini juga punya sejumlah kecil tembaga. Zat ini dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel darah putih dan juga sel darah merah. Selain itu pula, rambutan juga memiliki kandungan zat besi yang bisa mencegah anemia.

5. Pencernaan Sehat

Rambutan juga mengandung serat yang bermanfaat untuk membantu agar terhindar dari sembelit. Selain itu juga, rambutan bisa membunuh parasit yang ada dalam usus serta dapat meringankan gejala diare.

Nah, sekarang sudah tahu bukan beberapa manfaat dan khasiat rambutan untuk kesehatan kita. So, mulai sekarang jangan pernah ragu mengonsumsi salah satu buah manis ini agar tubuh kita selalu terjaga kesehatannya.

Manfaat dan Khasiat Rambutan untuk Kesehatan | Planter | 4.5