Manfaat dan Khasiat Terong Untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Terong Untuk Kesehatan – Terong ungu (terung ; Solanum Melongena) sudah tak asing lagi bagi kita semua. Selain kaya akan kandungan nutrisi, terong ini banyak dipakai untuk beragam masakan nusantara. Ada banyak ragam masakan yang dapat dikombinasikan dengan terong ungu; namun belum tentu semua orang suka terong. Nah, Bagi Anda yang tak suka terong, dan sedang menjalani diet, inilah saatnya anda mulai melirik terong sebagai salah satu sayur pendukung program diet anda. Beberapa manfaat dan khasiat terong berikut ini mungkin akan mengubah pola pikir anda tentang terong, yang tadinya tidak suka akan menjadi suka. Cekidot! 🙂

Manfaat dan Khasiat Terong Untuk Kesehatan

  • Kaya Nasunin

Terong sering pula disebut dengan makanan otak karena punya kandungan Phytonutrisi Anthocyanin yang disebut dengan nasunin dalam kulit. Tak hanya nasunin antioksidan yang kuat namun terong juga dapat membersihkan radikal bebas. Sangat bermanfaat dalam melindungi membran sel otak dari berbagai macam kerusakan. Nasunin juga bisa membantu untuk memastikan bahwa anda tidak memiliki kelebihan kandungan zat besi dalam tubuh.

  • Kaya senyawa fenolik antioksidan

Terong punya kandungan senyawa fenolik yang disebut dengan asam klorogenat. Pembersih radikal bebas ini punya manfaat untuk makanan pencegah sel kanker, anti mikroba, anti virus, serta sifat anti-LDL (kolesterol jahat).

  • Membantu dalam mengobati kanker

Karena jumlah serat yang cukup tinggi pada sayur terong, manfaat lain dari terong ialah sangat bermanfaat dalam mengobati kanker usus besar, dengan cara menyerap bahan kimia dan racun yang seringkali dapat menyebabkan resiko berkembangnya kanker usus besar. Kulit terong juga sangat baik untuk dikonsumsi, karena pada kulitnya memiliki lebih banyak serat. Kandungan Serat ini sangat bagus bagi anda yang sedang menjalani program diet.

  • Menjaga kulit sehat

Kandungan air yang tinggi pada terong; maka terong bisa membantu untuk menjaga kulit dan rambut agar tetap sehat. Akan lebih baik, bila mencoba mengkonsumsi terong mentah karena memasaknya dapat membuat hilangnya kandungan air dalam terong itu sendiri.

  • Bisa membantu berhenti merokok

Dalam suatu penelitian ditemukan bahwa terong punya sejumlah kecil nikotin. Maka, bagi Anda yang mencoba berhenti merokok, dapat menambahkan terong dalam hidangan makan Anda dan hal ini setidaknya bisa membantu mengurangi hasrat merokok Anda.

  • Sangat baik untuk jantung

Terong dapat membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh, juga dapat menjaga kolesterol pada level yang sehat, terong sangat baik bagi kesehatan jantung karena berfungsi untuk membantu dalam relaksasi pembuluh darah pada jantung. Berkat zat fitonutrien yang terdapat dalam terong, maka resiko terkena serangan jantung juga akan berkurang, termasuk penyakit jantung ataupun stroke.

Sekian artikel kami kali ini tentang Manfaat dan Khasiat Terong Untuk Kesehatan, semoga dengan apa yang telah kami kemukakan diatas dapat mengubah pola makan anda yang tadinya tidak suka sayur terong dan berubah mulai menyukainya.

Manfaat dan Khasiat Terong Untuk Kesehatan | Planter | 4.5