Manfaat dan Khasiat Timun Mentimun bagi Kesehatan

advertisement

Manfaat dan Khasiat Timun Mentimun bagi Kesehatan – Meski mentimun termasuk golongan sayur – mayur, tapi belum banyak orang yang bener-bener tahu tentang manfaat dan Khasiat timun untuk kesehatan. Sudah banyak masyarakat kita yang mengkonsumsi timun, tapi kadang timun ini sendiri jadi tersamarkan. Contohnya timun yang dicampurkan dalam sayuran rujak cingur, gado-gado, dan salad yang sudah jadi makanan khas Orang Indonesia. Dalam jenis masakan lain contohnya nasi lalapan, nasi goreng dan lainnya, timun juga cuma diletakkan sebagai pemanis saja.

Manfaat dan Khasiat Timun Mentimun bagi Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Timun Mentimun bagi Kesehatan

Namun sebenarnya timun itu sendiri punya beberapa khasiat dan manfaat lainnya loh. Bagi Anda yang suka merawat kesehatan kulit, pasti sudah tak asing lagi dengan manfaat timun yang satu ini. Ya, Benar sekali!. Untuk membersihkan kulit wajah dengan parutan timun amat baik untuk kesehatan kulit. Timun punya kandungan asam askorbat dan asam caffeic yang amat berguna untuk membantu pembengkakan di sekitar area mata. Zat ini juga berguna untuk membantu mengatasi keluhan pada mata panda yang sering muncul akibat kelelahan.

Timun mengandung 95% air yang dapat menjaga tubuh dari dehidrasi. Tak heran bila habis makan timun anda akan terbebas dari kehausan. Seperti air, timun juga bermanfaat untuk membuang racun yang terdapat dalam tubuh.

Timun yang banyak kandungan vitamin ialah timun yang dikonsumsi tanpa perlu membuang kulitnya dahulu. Karena pada kulit timun ada sejumlah asupan vitamin C yang sangat baik untuk tubuh.

Mentimun merupakan salah satu buah yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia terutama pada saat cuaca panas. Mengkonsumsi timun secara langsung atau dibuat jus dapat menyegarkan tubuh dan menghidrasi dengan sangat baik.

Selain beberapa manfaat diatas, berikut ini ialah manfaat ajaib dari mentimun untuk kesehatan, apa saja itu? Yuk simak bersama.

Memberikan tambahan energi
Makan mentimun merupakan cara yang bagus untuk menambah energi ketika sedang merasa lelah. Karena mentimun banyak mengandung vitamin B6 dan karbohidrat yang akan membuat Anda jadi lebih bersemangat.

Mencegah rasa lapar
Mentimun dapat Anda pakai sebagai cemilan sehat serta cepat menghilangkan rasa lapar. Makan mentimun juga akan mencegah untuk makan secara berlebihan.

Menyembuhkan hangover
Bila sedang merasa hangover atau mabuk, makanlah mentimun sebelum tidur. Kandungan air sebanyak 90% pada timun dan juga kandungan gula, vitamin, serta elektrolit dapat menyeimbangkan tubuh sehingga hangover dapat disembuhkan.

Menghilangkan bau mulut
Bau mulut yang mengganggu dapat diatasi dengan makan mentimun. Caranya dengan mengkonsumsi sepotong mentimun dan tahanlah selama 30 detik dalam mulut lalu ditelan.

Sekian artikel kali ini tentang Manfaat dan Khasiat Timun Mentimun bagi Kesehatan semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat besar untuk Anda. Bila anda suka artikel ini, jangan lupa bagikan artikel ini via fb, twitter atau google plus. Terima kasih, salam sehat untuk Anda.

Manfaat dan Khasiat Timun Mentimun bagi Kesehatan | Planter | 4.5