Manfaat Daun Basil bagi Kesehatan

Manfaat Daun Basil – Daun basil (Selasih, tlasih, basil, atau basilikum (Ocimum)) telah diketahui termasuk salah satu jenis dedaunan yang punya banyak sekali kandungan gizi, vitamin dan mineral. Hal ini bisa ditemukan dari hasil penelitian yang mengatakan bahwa daun basil ternyata punya kandungan vitamin, mineral dan zat serta enzim yang amat kaya. Berikut ini merupakan beberapa vitamin dan mineral yang terdapat dalam daun basil, diantaranya :

  • Asam Folat
  • Minyak astiri
  • Niacin
  • Riboflavin
  • Thiamin
  • Vitamin A
  • Vitamin B12
  • Vitamin B6
  • Vitamin C
  • Vitamin D
  • Vitamin E
  • Vitamin K

Manfaat Daun Basil bagi Kesehatan

Manfaat Daun Basil bagi Kesehatan

Dari sekian banyak kandungan zat dan vitamin yang terdapat pada daun basil ini, maka telah pasti hal ini menunjukkan bahwa daun basil punya banyak sekali manfaat penting bagi tubuh kita. Apa saja sih manfaat daun basil bagi kesehatan manusia? Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari daun basil diantaranya :

  1. Melindungi DNA

Manfaat pertama dari daun basil ialah dapat membantu menjaga kesehatan DNA. Adapun cara daun basil menjaga kesehatan DNA ini ialah melindungi DNA dengan memakai zat yang dikenal dengan nama flavonoid. Flavonoid adalah salah satu zat yang terkandung dalam daun basil, dan punya manfaat yang amat baik untuk membantu mencegah terjadinya kerusakan DNA dan juga infeksi virus dalam DNA.

Jadi, konsumsi daun basil tentu akan menjaga kesehatan tubuh seseorang secara keseluruham, karena daun basil dapat mencegah DNA anda terinfeksi dari beragam macam virus yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan karena kerusakan DNA.

  1. Anti Bakteri

Daun basil punya manfaat lainnya yang tak kalah penting. Manfaat lain dari daun basil ini yang tak kalah penting ialah kandungan minyak astiri yang bermanfaat untuk menangkal bakteri masuk kedalam tubuh. Ya, cukup banyak sekali bakteri yang bisa dibunuh oleh kandungan minyak astiri dalam daun basil tersebut.

Untuk anda yang mendambakan hidup sehat tanpa terserang penyakit berbahaya karena bakteri, mengkonsumsi daun basil ini tentu sangat efektif untuk anda gunakan. Karena dapat membunuh berbagai macam bakteri yang menjadi penyebab berbagai macam penyakit, seperti staphylocus aureus, Listeria monocytogenes, dan lainnya.

  1. Mampu menjaga kesehatan jantung

Manfaat lain dari daun basil yang tak kalah penting dengan beberapa manfaat tersebut ialah dapat membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Ya, daun basil punya banyak sekali kandungan vitamin dan mineral yang amat baik untuk memperbaiki dan juga mempertahankan kinerja jantung kita.

Hal ini akan menjadikan jantung jadi lebih sehat, dengan kinerja yang lebih optimal, sehingga akan mengurangi resiko terserang beragam macam gangguan kesehatan yang menyerang jantung anda, contohnya gagal jantung dan juga serangan jantung. Kondisi jantung yang tak sehat adalah salah satu penyebab timbulnya berbagai macam kasus kematian mendadak yang cukup mengkhawatirkan banyak orang.

  1. Anti Inflamasi

Apakah anda seringkali mengalami gejala peradangan dalam tubuh anda? peradangan dapat terjadi dimana saja, mulai dari tubuh bagian luar, seperti daerah kulit dan bagian mulut, hingga pada bagian dalam tubuh, seperti radang usus, radang tenggorokan, sampai radang pada organ-organ dalam yang punya peran dan fungsi yang amat vital.

Untuk bisa mencegah dan menyembuhkan hal ini, anda bisa mencoba untuk mengonsumsi daun basil. Daun basil punya kandungan minyak astiri yang bermanfaat yang amat baik untuk mencegah peradangan atau dikenal dengan anti inflamasi. Ketika Anda mengalami peradangan dalam tubuh, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang punya kandungan manfaat daun basil di dalamnya, sehingga dapat meredakan peradangan yang anda alami. Baca juga, Manfaat daun pegagan.

  1. Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat selanjutnya dari daun basil ialah dapat menjaga daya tahan tubuh kita. hal ini amat berkaitan erat dengan kandungan bermacam vitamin dan mineral yang terdapat pada daun basil ini. Utamanya, kandungan vitamin C yang terdapat pada daun basil ini, menjadikan daun basil sebagai salah satu jenis dedaunan yang bisa menjaga daya tahan tubuh dalam level yang lebih optimal.

Dengan adanya daya tahan tubuh yang terjaga dengan baik, tentu akan terhindar dari banyak sekali jenis penyakit yang muncul. Karena kurangnya daya tahan tubuh seperti flu dan batuk. Selain itu pula, dengan daya tahan tubuh yang optimal, tentu saja akan membuat anda untuk beraktivitas lebih baik lagi selama seharian penuh. Tanpa gampang merasa lelah, dan merasakan terganggu kesehatannya. Baca juga, Manfaat daun kemuning

  1. Menangkal radikal bebas

Efek lain dari kandungan vitamin yang terdapat dalam daun basil ialah menangkal radikal bebas. Ya, beragam jenis vitamin yang terdapat pada daun basil dapat menghasilkan zat antioksidan. Zat antioksidan ini berguna untuk membantu anda untuk mencegah infeksi dari radikal bebas yang masuk kedalam tubuh anda. radikal bebas adalah salah satu penyebab dari munculnya berbagai macam penyakit, seperti penyakit kanker. Hal ini kemudian dapat disimpulkan bahwa daun basil adalah salah satu jenis daun yang bisa menjaga daya tahan tubuh dan mencegah tubuh dari serangan infeksi penyakit berbahaya, contohnya dari penyakit kanker. Baca juga, manfaat tanaman kumis kucing

Sekian pembahasan kami kali ini tentang Manfaat Daun Basil bagi Kesehatan, semoga bermanfaat bagi anda semua.

Manfaat Daun Basil bagi Kesehatan | Planter | 4.5