Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Tubuh РTanaman obat yang satu ini sudah dikenal oleh semua orang dan sangat dibutuhkan dalam semua aneka makanan dan minuman. Begitulah  orang mengenalnya. Namun siapa tahu, ternyata didalam tanaman yang mempunyai aroma wangi ini terdapat kandungan yang tersembunyi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Daun pandan lebih dikenal dengan pengharum dalam membuat kue, Es Dawet, kolak sekaligus sebagi pewarna makanan alami. Begitu banyak manfaat tersebut, orang Рorang kurang menyadari dan khasiat tersembunyinya pun terbengkalai.
Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Tubuh
Tanaman yang mempunyai nama ilimiah jenus pandanaceae ini sangat banyak tumbuh di daerah yang mempunyai tanah lembab, seprti dipinggir sungai, rawa, danau dan tempat lain yang mempunyai kadar air tinggi. Kembali kebahasan, adapun beberapa manfaat yang terdapat pada daun pandan hijau adalah :
  • Menurunkan Tekanan Darah Pada penderita darah tinggi : Jika sobat ingin menggunakan sebagai obat alternatif penurun tekanan darah, Sobat bisa menyiapkan beberapa helai daun pandan dan rebus hingga mendidih, Gunakan air secukupnya saja. Jangan lupa tambahkan sedikit garam guna menghindari rasa enek pada saat meminumnya.
  • Menghitamkan Rambut dan menghilangkan ketombe : Cara unik ini terbukti sangat ampuh untuk mengatasi semua keluhan soal kulit kepala. Untuk proses penggunaan, Sobat tinggal potong – potong saja beberapa helai daun pandan tersebut lalu haluskan. Rebus dengan menambah satu buah mengkudu masak atau sudah berwarna putih yang sudah dihaluskan juga. Tambah sedikit air dan tunggu hingga mendidih. Maka hasilnya akan berbentuk gel. Untuk pemnfaatan yang lebih maksimal, sobat bisa menyimpannya terlebih dahulu didalam frezer dan digunakan keseokan harinya dengan membalutkan gel tersebut ke kulit kepala dan helai rambut. Setelah didiamkan beberapa menit, bilas dengan air bersih.
  • Menyembuhkan Rheumatik dan juga Pegal Linu : Orang dulu masih belum mengenal yang namanya obat gosok. Sehingga mereka hanya mampu menggunakan daun pandan sebagi alternatif menghilang pegal pada otot. Dengan menghaluskan dan merebus beberapa helai daun pandan sampai mendidih, diamkan sejenak dan oleskan pada daerah yang dirasa pegal tersebut.
  • Menyembuhkan Lemah Saraf : Dengan Merebus beberapa helai daun pandan yang sebelumnya dipotong kecil – kecil. Lalu tambahkan sedikit garam, barulah sobat minum selagi hangat.

Bagaimana? Masih ragu dengan semua manfaat tanaman obat ini? Jadi tidak ada salahnya jika sobat juga menanamnya dibelakang rumah untuk berjaga – jaga siapa tahu butuh. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca Artikel tanaman obat yang lain :

Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Tubuh | Khoirun Nisa' | 4.5