Manfaat Daun Randu Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Randu Untuk Kesehatan – Tanaman Randu ( ceiba pentandra ) Punya ciri bentuk pohon dengan tinggi sampai 30 m, bulat, tegak, hijau kecokelatan. Berdaun majemuk, bulat, pangkal tumpul, anak daun lanset, ujung runcing, tepinya rata, panjangnya 5-16 cm, lebar 2-3 cm, pertulangannya menyirip, tangkai panjang, hijau. Bunga majemuk, berbentuk lonceng, pada ketiak daun atau pada ujung batang, kelopaknya bentuk lonceng, pada bagian pangkal berlekatan, hijau putihan, kepala sari lekuk, tangkai putik berbentuk benang, warna putih kekuningan, mahkotanya bulat telur, panjangnya 2,5-4 cm, pangkal menyatu. Buah bulat panjang hingga lanset, panjangnya 7,5-15 cm, jika masih muda hijau, bila sudah tua cokelat. Bijinya bulat, keras, berwarna hitam. Dengan Akar tunggang, bulat, bercabang, warna cokelat muda.

Manfaat Daun Randu Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Randu Untuk Kesehatan

Kapuk randu adalah tanaman tropis yang berasal dari daratan utara Amerika Selatan, Amerika tengah, dan juga Karibia. Tanaman ini banyak sekali ditemukan dan dibudidayakan di daerah Asia, termasuk Indonesia, terutama di pulau Jawa, tanaman ini juga dikenal dengan nama Kapok Jawa. Umumnya tanaman ini dibudidayakan untuk diambil buahnya saja, dan dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembuatan bantal dan kasur, dan lain-lainnya.

Namun tahukah Anda, rupanya daun kapuk juga punya banyak manfaat dan khasiat istimewa untuk mengobati serta menyembuhkan beragam penyakit, diantaranya batuk, mencret ( diare ), tonik rambut, penghilang bekas luka, sebagai antiseptik mulut ( obat kumur ), dan obat sakit mata.

Kandungan Kimia : daun ceiba pentandra memiliki kandungan saponin, tlafonoida, dan juga tanin. Daun tanaman ini memiliki zat hidrat arang, dammar dan zat penyamak, sehingga akan terasa pahit.

Manfaat dan Cara Penggunaan Daun Randu

Untuk Obat Batuk : pakailah kurang lebih 8 gram daun segar ceiba pentandra, lalu dicuci. Kemudian ditumbuk sampai lumat, diseduh dengan setengah gelas air matang panas, jika sudah dingin disaring. Hasil saringan ini diminum sehari 2 kali sama banyaknya pagi dan juga sore.

Desinfektan Mulut ( Obat Kumur ) : dua hingga 10 gram daun randu yang segar, lalu bilas sampai bersih. Siapkan 1 gelas air matang yang dituang kedalam baskom, remas-remas daun randu sampai lumat kedalam air tadi hingga airnya berubah jadi sedikit berlendir. Saringlah air remasan ini dan pakai sebagai obat kumur.

Obat Penghilang Bekas Luka : Cucilah daun randu secukupnya sampai bersih, lalu bersihkan dahulu bagian bekas lukanya dengan menggunakan air hangat, lalu gosokkan daun randu secara berulang pada bekas luka. Kemudian, basuh dengan sabun serta air bersih, lakukan hal ini setiap mandi hingga bekas luka memudar atau hilang.

Obat Sakit Mata :  Beberapa helai daun randu yang sudah dicuci sampai bersih. Taruh daun randu kedalam wadah semisal rantang ataupun baskom, tuang air bersih secukupnya. Remas dan lumatkan daun randu tadi hingga air berubah jadi berlendir. Air remasan lalu disaring dan pakai untuk membasuh mata, caranya yakni dengan mencelupkan mata kedalam air sambil mengedip-ngedipkan mata dalam air. Hal ini akan membantu untuk menghilangkan serta mengeluarkan kotoran dari dalam mata.

Obat Penyubur Rambut ( Tonikum ) : Pakailah 15 helai daun randu, kemudian direbus dengan air hingga mendidih. Jika sudah dingin pakai air rebusan tadi sebelum anda keramas dengan shampo. Cara: basahilah rambut dengan air rebusan ini, pijat-pijat kulit kepala lalu diamkan selama setengah jam, bilas dengan memakai shampo seperti biasa. Untuk hasil maksimal pakai cara ini 2 kali dalam seminggu.

Itulah beberapa manfaat dari daun randu untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, dan mungkin perlu Anda coba sebelum memakai obat-obat kimia. Semoga bermanfaat, sehingga Anda bisa tetap sehat dan bugar setiap waktu.

Manfaat Daun Randu Untuk Kesehatan | Planter | 4.5