Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Sunday, October 2nd, 2016 - Daun

Manfaat Daun Singkong. Ketela pohon atau seringkali kita sebut dengan singkong adalah salah satu tanaman yang sering dipakai bagian umbinya. Singkong sudaha biasa dijadikan sebagai salah satu makanan pokok di beberapa daearah di Indonesia. Singkong punya nama ilmiah yakni Manihot utilissima tanaman ini terbilang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Ini karena iklim yang cocok untuk budidaya tanaman ini, tanaman singkong akan tumbuh dengan subur.

Selain bagian umbinya, manfaat daun singkong juga telah diketahui banyak orang. Umumnya daun singkong seringkali dipakai sebagai makanan dalam bentuk olahan sayur atau lalapan. Apalagi bila kita bicara tentang masakan padang, daun singkong tak pernah lepas dan selalu ada untuk dapat menambah cita rasa masakan ini.

manfaat-daun-singkong-untuk-kecantikan

Manfaat Daun Singkong

Manfaat daun singkong untuk kecantikan

Manfaat daun singkong dalam dunia kecantikan awalnya dari kandungan daun singkong. Bahwa daun singkong kaya akan beragam kandungan kalori. Kalori ini dapat diubah menjadi energi sesudah dikonsumsi. Daun singkong yang termasuk jenis tanaman hijau, jelas akan membuat anda kenyang dan tak menyebabkan pengubahan jadi gula yang cukup banyak. Ini akan membuat daun singkong amat pas untuk mereka yang sedang menjalani program diet. Program diet yang dengan tetap makan namun dalam jumlah takaran yang pas. Daun singkong juga menjadi solusi yang pas. Mengenyangkan, akan tetapi rendah kalori. Bagi mereka yang mendambakan tubuh langsing dan sehat tanpa diet yang menyulitkan, daun singkong amat bermanfaat.

Manfaat daun singkong untuk kesehatan

Manfaat daun singkong bagi kesehatan bisa dilihat dari daftar penyakit yang bisa diatasi dengan daun singkong ini. Daun singkong bisa memberi solusi dan pencegahan untuk berbagai penyakit: sebagai penyembuh luka, mencegah terjadinya osteoporosis, meningkatkan daya ingat, meningkatkan kecepatan regenerasi kulit, anti kanker, mencegah penuaan, mencegah penyakit tulang, mencegah menopause, mengobati cacingan, meningkatkan daya ingat, membantu metabolisme tubuh, mengencangkan kulit, mengobati penyakit flu, rematik, konstipasi, mengobati asam urat dan sakit kepala.

Beragam solusi dari penggunaan daun singkong ini sendiri menyebabkan amat disayangkan bila kita tidak menggunakannya. Apalagi daun singkong seringkali tumbuh di sekitaran rumah kita dan gampang kita temukan di pasar-pasar tradisional. Daun singkong dapat dipakai untuk beragam pencegahan dan pengobatan penyakit bagi kesehatan dengan 2 cara:

Cara Pakai Daun Singkong

  1. Manfaat Daun Singkong Dengan Direbus. 

Cara penggunaan daun singkong ini terbilang paling mudah dan tak makan biaya. Cara pakainya cukup dengan mencari daun singkong secukupnya. kemudian, cuci bersih dan rebuslah dengan 1 hingga 2 gelas air aja. Kemudian biarkan hingga mendidih. Jika sudah mendidih, pindahkan ke gelas. Di gelas, bisa anda tambahkan beberapa tanaman obat yang anda sukai dan cocok dengan daun singkong. Tanaman obat lainnya yang cocok ialah jahe dan kapur sirih. Minumlah air rebusan tersebut. Air rebusan ini diminum langsung dan lakukanlah dengan teratur.

 

  1. Khasiat Daun Singkong Dengan Dijus. 

Cara penggunaan daun singkong yang kedua ialah dengan cara dijus. Cara pakai dengan dijus ini tergolong mudah. Caranya, siapkan blender dan daun singkong. Cucilah sampai bersih daun singkong lalu potong kasar sedikit agar memudahkan penggilingan dengan menggunakan blender. Sebelum mulai diblender, rebuslah dahulu daun singkong dengan 2 gelas air sampai mendidih dan susut hingga separuhnya. Kemudian, blender daun singkong. Daun singkong yang sudah diblender dapat ditambahkan pemanis alami yakni berupa madu dan jeruk nipis agar supaya lebih terasa manis dan segar.

Manfaat Daun Singkong

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Dengan adanya kandungan vitamin C yang tinggi, daun singkong bisa membantu untuk meningkatkan daya tahan dan kesehatan tubuh. Tapi, alangkah baiknya bila selain dengan mengonsumsi daun singkong, anda juga melakukan olah raga dan menjaga kebersihan diri agar supaya terhindar dari penyakit.

  • Mengobati penyakit stroke

Sebuah penelitian yang dilakukan para ahli, mengemukakan bahwa daun singkong sudah terbukti dapat menyembuhkan penyakit stroke. Hal ini dikarenakan daun singkong memiliki kandungan isoflavon dan zat ini amat ampuh bila dipakai untuk mengobati penyakit stroke.

  • Mencegah terjadinya osteoporosis

Daun singkong bisa anda manfaatkan untuk mencegah osteoporosis karena daun singkong memiliki kandungan fosfor dan kalsium. Dua zat ini berperan aktif dalam menjaga kesehatan tulang dan otomatis bila anda mengonsumsi daun singkong, maka juga akan menjaga kesehatan tulang Anda.

  • Untuk menjaga kesehatan mata

Daun singkong juga mengandung vitamin A dengan kadar yang tinggi. Oleh karenanya, daun singkong ini terbilang ampuh dan baik dalam menjaga kesehatan mata. Anda hanya perlu mengonsumsi sayuran ini 3 kali dalam seminggu agar kesehatan mata anda tetap terjaga.

  • Mencegah penuaan dini

Bagi sebagian orang, penuaan dini merupakan salah satu masalah yang cukup penting. Bahkan kadangkala banyak diantara mereka melakukan operasi plastik atau suntik botoks agar supaya tetap awet muda. Tapi, cara tadi sangat berbahaya untuk kesehatan. Anda mungkin bisa memakai daun singkong sebagai pengganti cara pengobatan kimia agar anda tetap awet muda dan tanpa efek samping.

  • Sebagai Penyembuh luka

Daun singkong sangat kaya kandungan serat dan zat besi. Kedua zat ini sudah terbukti dapat mempercepat proses penyembuhan luka dan juga meminimalisir bekas luka jika luka tersebut telah sembuh.

Artikel menarik lainnya:

Bagaimana sobat sehat, manfaat daun singkong banyak bukan?. Selain karena rasa daun singkong yang enak, daun singkong juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh dengan cara mengonsumsinya. Oleh karenanya, janganlah ragu untuk mengkonsumsi daun singkong apalagi anda beranggapan bahwa daun singkong adalah sayuran yang tak berguna karena harganya yang murah. Sekian dan Semoga ulasan kami tentang manfaat daun singkong ini bermanfaat bagi anda semua.

Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan dan Kecantikan | Planter | 4.5