Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan

advertisement

Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan – Jamur warna putih yang menyerupai tiram ini bisa anda temukan di alam liar. Akan tetapi, jenis jamur ini telah banyak dibudidayakan oleh para petani dan cukup mudah ditemukan. Jamur tiram punya sejarah panjang dalam hal pengobatan tradisional China, sejak 3.000 tahun lalu.

Menurut seorang ahli akupunktur bernama Christopher Hobbs yang sekaligus penulis Medicinal Mushrooms, jamur ini seringkali dipakai untuk tonik dalam mendukung sistem kekebalan tubuh. Berikut ini merupakan berbagai manfaat kesehatan dari jamur tiram.

Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan

Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan

1. Efek antioksidan
Jamur tiram punya kandungan ergothioneine, zat antioksidan yang unik hanya diproduksi oleh jenis jamur ini. Sebuah studi oleh Joy Dubost mengungkapkan bahwa jamur tiram punya sifat antioksidan yang mampu melindungi sel-sel dalam tubuh.

2. Efek anti-bakteri
Jamur tiram punya sifat antibakteri, menurut salah satu studi dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry tahun 1997. Studi ini mengungkap bahwasannya senyawa active benzaldehida bisa mengurangi terjadinya infeksi bakteri dalam tubuh.

3. Nilai Gizi
Selain rendah akan kalori, jamur tiram juga cukup tinggi nutrisi. Sebuah penelitian yang dikeluarkan dalam Food Chemistry, jamur tiram punya kandungan kadar seng, besi, fosfor, kalsium, kalium, vitamin C, niasin, asam folat dan vitamin B-1 dan B-2. Studi ini menemukan bahwa mengkonsumsi jamur tiram sebagai bagian diet sehat akan mendukung sistem imun tubuh. baca pula manfaat anggur

Nah, Sudah tahu bukan apa aja manfaat dari jamur tiram?. Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan Lalu, tunggu apalagi! Anda dapat menyajikannya untuk menu lezat di meja makan Anda.

Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan | Planter | 4.5