Manfaat & Khasiat Gendola Serta Ciri-Cirinya

Manfaat & Khasiat Gendola Serta Ciri-Cirinya – Tanaman ini biasa tumbuh memanjat atau merayap mencapai ketinggian hingga 6 meter, Tanaman ini bisa ditemukan dari 1-500 m dpl, yuk selengkapnya tentang bahasan kita kali ini Manfaat & Khasiat Gendola Serta Ciri-Cirinya bisa anda simak dalam ulasan kami berikut inimanfaat-khasiat-gendola-serta-ciri-cirinya

·         MANFAAT DAN KHASIAT TANAMAN OBAT GENDOLA

Berikut ini merupakan beberapa manfaat dan khasiat dari tanaman gendola bagi kesehatan maupun dimanfaatkan sebagai tanaman obat untuk mengatasi penyakit :

Mengobati penyakit Radang Usus Buntu
Caranya ialah : Tanaman gendola lengkap mulai bagian ; akar, batang, bunga, dan daun dengan berat sekitar 60-70 gram, kemudian direbus dengan segelas air hingga tersisa ½ gelas (sebelum mulai direbus potonglah dahulu kecil-kecil agar kesemua bagian tanaman dapat terendam seluruhnya). Dinginkan dan saring, kemudian minum sekaligus sekali sehari.

Untuk Mengobati Influensa
Cucilah hingga bersih sekitar 20 gr daun gondola yang masih segar hingga bersih, rebuslah dengan menggunakan 2 gelas air hingga airnya hanya tersisa 1 gelas. Dinginkan dan saring, kemudian bubuhi sedikit garam. Aduklah, silahkan minum sekaligus 1 kali sehari dengan sedikit garam.

Sebagai Obat Herbal Untuk mengobati anyang-anyangan dan Radang kandung kemih
Daun segar gendola 70 gram, rebuslah dengan 2 gelas air hingga tersisa segelas. Minumlah air rebusan ini sekaligus sekali sehari seperti anda meminum teh.

Untuk Mengobati Sakit Diare
Cucilah sampai bersih 30 gr akar gondola yang segar, kemudian rebus menggunakan 2 gelas air hingga tersiasa segelas, minumlah air sekaligus sekali sehari seperti minum teh

Untuk Melancarkan BAB atau Mengatasi Sembelit
Rebuslah 3-5 helai daun gondola dengan menggunakan air secukupnya hingga mendidih. Angkatlah daunnya, tiriskan, kemudian makan sebagian lalap sebanyak sekali sehari.

Untuk Mengobati Berak Darah
25 gram tanaman gendola lengkap (mulai bagian ; akar, batang, bunga, dan daun), ditambahkan 35 gram kapulaga, tambah 1 ekor ayam betina tua yang telah dibuang bagian kepala, kaki, dan jeroannya, masaklah dengan menggunakan air secukupnya, dan masakan siap dimakan.

Bermanfaat untuk mengobati Campak dan cacar air
Caranya, cuci hingga bersih 30 gr bunga gondola, kemudian rebus dengan menggunakan 2 gelas air hingga tersiasa 1 gelas saja. Dinginkan lalu sering, minumlah sekaligus sekali sehari.

Tanaman Gendola untuk Obat tetes mata
Cucilah 10 butir biji gondola, tumbuklah halus hingga keluar airnya, saringlah, kemudian teteskan pada bagian mata yang sakit. Lakukanlah cara ini sebanyak 2 kali sehari, masing-masing 2 tetes.

Untuk Obat dan Menghilangkan Rasa Pegel linu, rematik
Cucilah 30 bagian akar gondola segar, kemudian rebus dengan menggunakan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minumlah sekaligus 1 kali sehari seperti minuman teh.

manfaat-tanaman-obat-gondola

·         CIRI-CIRI TANAMAN GENDOLA

BATANG
Bagian batangnya yang panjang ini tak berkayu dan amat lemah, berbentuk bulat, lunak, merayap, bercabang, dan melilit pada tonggak maupun para-para, bagian batang yang merayap di atas tanah, akan memiliki akar.

DAUN
Bentuk daun tunggal, bertangkai, letaknya berseling, bentuk daun bulat telur, bagian ujung dan pangkalnya tumpul, tepi rata terkadang berombak, panjangnya 2-17 cm, lebarnya 1-13 cm, pertulangan menyirip, berwarna hijau.

BUNGA
Bunganya merupakan bunga majemuk yang keluar dari bagian ketiak daun, duduk sepanjang poros bulir, panjangnya 3-21 cm, memiliki mahkota putih dengan ujung berwarna ungu.

BUAH dan BIJI
jenis buahnya buah buni, bulat, berdiameter 4-7 mm, jika masih muda hijau, kemudian setelah masak warnanya akan menjadi ungu.
Bijinya satu, berbentuk bulat, tekstur keras, berwarna merah keputihan.

Cara budidaya : adapun perbanyakan tanaman gondola dengan cara menggunakan biji ataupun stek batang. Pemeliharaannya cukup mudah, hanya perlu cukup air dengan cara penyiraman yg cukup, jaga kelembaban dan juga pemupukan utamanya pupuk dasar.

Tanaman Gendola memiliki sifat Efek Farmakologis sebagai anti toxin, antipiretik yakni penurun panas, mengeluarkan organisme yang menjadi penyebab sakit dari darah.

daun-tanaman-gendola

·         KANDUNGAN ZAT TANAMAN GENDOLA

Adapun kandungan kimiawi dalam tanaman gendola diantaranya adalah : Pada bagian daun dari gendola amat kaya zat glucan C, organic acid, carotene, mucopolysacharida (seperti l-arabinose, d-galactose, l-rhammose), saponin, aldonic acid, vitamin C, B, dan A.

Baca juga:

Tanaman obat yang berjenis umbi-umbian

Tanaman obat dan cara meraciknya

Manfaat tanaman obat nona makan sirih

Tanaman obat untuk menurunkan gula darah

Nah, sobat tanaman obat. Demikianlah ulasan kami tentang Manfaat & Khasiat Gendola Serta Ciri-Cirinya, semoga bermanfaat bagi anda semua, salam sehat.

Manfaat & Khasiat Gendola Serta Ciri-Cirinya | Planter | 4.5