Manfaat & Khasiat Kecipir Serta Ciri-cirinya

Tuesday, January 17th, 2017 - Tanaman Obat

Manfaat Khasiat Kecipir Serta Cirinya – Kecipir merupakan sejenis tanaman sayur yang biasa tumbuh merambat, selengkapnya tentang tanaman kecipir ini diantaranya seperti manfaat dan khasiatnya, kandungan gizinya, ciri-cirinya serta resep kecipir dapat anda simak dibawah ini :

KHASIAT DAN MANFAAT KECIPIR UNTUK KESEHATAN

Penelitian para ahli mengemukakan bahwa kandungan kalori, protein, lemak dan juga karbohidrat dalam kecipir jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan kandungan zat tersebut dalam daging.

Daunnya dapat berkhasiat sebagai obat, ekstrak daun kecipir pada masa lalu biasa dipakai untuk mengobati mata bengkak dan sakit telinga, daun kecipir yang diremas dan dicampuri adas pulasari dipakai sebagai obat bisul.

Pemakaian Buah Kecipir untuk obat tetes mata : Ambillah beberapa daun kecipir, lalu rebus dengan sedikit air bersih hingga mendidih, sesudah dingin teteskan pada mata dan telinga.

Penggunaan Buah Kecipir untuk obat bisul : Ambillah 5 hingga 10 helai daun kecipir, kemudian campur dengan adas pulosari, lalu oleskan pada bisul.

CIRI-CIRI TANAMAN KECIPIR

BATANG KECIPIR ; Pohon cipir memiliki batang warna hijau, dan tak berkayu
DAUN KECIPIR ; Daunnya berwarna hijau, daun majemuk dengan 3 anak daun, daunnya berselang-seling, daun penumpu berbentuk bundar telur-lanset, daunnya tidak rontok, daunnya meruncing di ujungnya dengan bentuk pertulangan yang menyirip. tangkai daunnya 3 hingga 12 cm, rakis 1,5–5,5 cm

BUNGA KECIPIR ; Bunga kecipir warnanya hijau hingga merah-ungu gelap, Bunganya berkelamin dua, memiliki tangkai sampai 5 mm, kelopaknya dengan tabung sepanjang 4 hingga 6 mm, mahkota bunganya berwarna biru, biru pucat, krem, maupun kemerahann, dengan bendera yang hampir bundar maupun lonjong-lebar, sampai 4 cm × 3.5 cm. Bunganya tipe kupu-kupu, dalam karangan berisi 2 hingga10 kuntum yang tumbuh dari ketiak daun, tangkai karangan bunganya 5 hingga 15 cm, rakisnya 1 sampai 10 cm, dan agak berbulu.

BUAH dan BIJI KECIPIR ; Buah kecipir warnanya hijau sewaktu muda dan menjadi hitam dan kering jika tua, memiliki biji 5 hingga 21 butir, jenis buahnya polong berbentuk garis atau lonjong memanjang, bentuknya segiempat dengan sudut bersayap yang beringgit, 6 sampai 40 cm × 2 hingga 3,5 cm.
Biji kecipir bentuknya bulat dengan diameter 5 hingga10 mm, warnanya kuning, cokelat sampai hitam, kadangkala putih, kadangkala berbintik.

DESKRIPSI TANAMAN KECIPIR

Cipir merupakan jenis tumbuhan yang merambat, memanjat maupun membelit, membentuk semacam semak yang menahun. Dalam budidaya umumnya diberi penyangga, tapi bila dibiarkan akan menutupi permukaan tanah. Batangnya bentuk silindris, yang beruas-ruas, jarang yang mengayu, sampai 4 m panjangnya. Jumlah akar banyak, dengan akar samping panjang, menjalar datar dekat dengan permukaan tanah, sebagian di antaranya akan menebal, berbentuk umbi.

Di Indonesia, kecipir pada umumnya ditanam untuk diambil bagian buahnya yang masih muda, beserta pucuk dan juga daun-daun yang masih muda umumnya direbus sebagai lalapan, pecel, maupun urap atau dengan dicampurkan ke dalam sayur.

Umbi akarnya bisa dimakan sehabis direbus, tapi umbi ini perlu dipanen sebelum buah kecipirnya jadi tua. Rasa umbinya mirip dengan bengkuang.
Biji-bijinya yang tua dimakan sebagai jenis kacang-kacangan sesudah disangrai terlebih dahulu.

Habitat Kecipir: kecipir hendaklah ditanam pada akhir musim hujan dikarenakan telah bisa berbunga pada musim kemarau. Jika ditanam pada musim hujan, tanaman kecipir akan mengeluarkan daun saja secara-terus meneruss dan baru akan berbungaa pada 9 bulan kemudian. Maka pertambahan jumlah bunga akan terganggu dan buahnya terdesak. Bijinya ditanam diatas tanah yang telah diolah jadi bedengan dengan jarak tanam sekitar 60 × 30 cm. Dalam usia 8 hari, umumnya kecipir akan berkecambah. Bila telah dewasa, anda bisa menambahkan tongkat kayu sebagai tempat tanaman kecipir untuk merambat, dan katanya tanaman kecipir ini berasal dari Indonesia dan Papua Nugini.

KANDUNGAN GIZI TANAMAN KECIPIR

Biji kecipir punya kandungan gizi protein yang cukup tinggi (27,8-36,6%), demikian juga kandungan lemaknya (14,8-17,9%), yang memiliki kandungan zat-zat itu pada kedelai, biji ini juga memiliki banyak kandungan fosfor, kalsium, dan juga magnesium.
Biji dan daunnya mengandung flavonoid, saponin, dan juga tanin.

Kalsium: Kandungan kalsium tertinggi diperoleh pada bagian daun-daunnya. Kecipir kaya kandungan kalsium dan juga fosfor. Sayur ini dapat membantu dalam membangun tulang yang kuat dan juga dapat membantu dalam menghasilkan energi bagi mereka yang sedang sakit dan lemas.

Rendah kalori: Kecipir merupakan jenis sayuran yang rendah kalori. Pada setiap 100 gram kecipir memiliki kandungan sekitar 49 kalori. Untuk Anda yang sedang menjalani program diet, Anda dapat menyantap kecipir sebagai menu harian Anda.

Kaya vitamin C : Kecipir sarat akan kandungan vitamin C beserta tocopherol yakni sejenis antioksidan yang dapat membuat tubuh kita lebih banyak menyerap vitamin A, Sayur ini juga mampu membantu kita untuk menjaga elastisitas pembuluh darah dan juga melindungi tubuh dari serangan kanker.

Artikel menarik lainnya:

Kecipir kaya kandungan Mineral dan vitamin: Kecipir banyak mengandung zat mineral penting, seperti zat besi, kalsium, fosfor, mangan, tembaga, magnesium. Sayur ini mengandung banyak vitamin A, yang tak lain adalah antioksidan yang kuat, yang dapat mencegah kerusakan DNA.
Kecipir juga banyak mengandung vitamin B. Vitamin ini bisa meningkatkan vitalitas, suasana hati, dan juga energi.

Sumber folat : Kecipir juga termasuk sumber makanan kaya folat, yang termasuk komponen penting untuk sintesis DNA dan juga pembelahan sel. Folat merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan bagi ibu hamil, dengan demikian maka Kecipir sangat baik dalam kehamilan karena akan membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir.

Sumber lemak baik : Tak semua lemak buruk untuk kesehatan, salah satunya ialah kecipir, kecipir memiliki kandungan berbagai macam lemak jenuh, mono lemak jenuh, dan juga lemak tak jenuh ganda, yang kesemuanya bekerja sama dalam menyehatkan tubuh.

Nah sobat, sekian pembahasan kita kali ini tentang Manfaat & Khasiat Kecipir Serta Ciri-cirinya, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Manfaat & Khasiat Kecipir Serta Ciri-cirinya | Planter | 4.5