Manfaat & Khasiat Tanaman Akar Wangi serta Ciri-cirinya

advertisement

Manfaat Khasiat Tanaman Akar Wangi – Sebagai jenis tanaman industri, akar wangi adalah jenis tanaman yang menghasilkan minyak atsiri kelas satu, utamanya pada industri kosmetik yang biasa memproduksi parfum. Ulasan selengkapnya bisa anda simak berikut inigambar-tanaman-akar-wangi-manfaat-dan-ciri-cirinya

A. CIRI-CIRI TANAMAN AKAR WANGI

BATANG
Memiliki jenis yang Batang lunak, memiliki ruas-ruas, warna putih. Rumput menahun, tingginya bisa mencapai 2.5 meter, memiliki diameter 2- 8 mm.
DAUN
Daunnya berbentuk garis, pipih, kaku, dengan permukaan bawah daun licin. Jenis daun tunggal, berbentuk pita, ujung yang runcing. Pelepah memeluk batang, berwarna hijau keputih-putihan.
Daun yang panjangnya bisa mencapai 100 cm, bertekstur agak kaku, tidak lebar dengan warna daun hijau kelabu.
BUNGA
Perbungaan bentuk bulir pada ujung batang. Perbungaan malai (atau tandan majemukk) terminal, tiap tandan punya panjangg mencapai 10 cm; ruasnya terbentukk antara tandan dengan tangkaii bunga yang berbentuk benang.
Bunga mengumpul menjadi pucuk lembaga dengan cabang-cabang yang membentuk seperti daun telinga, bentuk agak besar, warnanya hijau maupun ungu.
BUAH dan Akar
Buah padi, berduri, warnanya putih kotor. Akar termasuk jenis akar serabut warna kuning.
Susunan akarnya termasuk sangat kuat, mengembang dan tak teratur. Akar wangi memiliki cabang banyak sehingga mampu menahan serpihan tanah karena erosi.

DESKRIPSI TANAMAN AKAR WANGI
Akar wangi merupakan bagian dari jenis tanaman minyak yang bisa disuling dan akan menghasilkan minyak atsiri. Akar yang baunya terasa semerbak ini dengan warna kuning hingga kemerahan. Akar wangi adalah tanaman rumput dengan tinggi 1,5-2,5 m. Untuk perbanyakan atau budidaya dapat dengan menanam bonggol-bonggol akar dari tanaman yang tak berbunga. Setiap rumpun akan melahirkan anakan lengkap dengan akar yang jumlahnya cukup banyak sekali.

Adapun habitat tanaman akar wangi ini lebih suka hidup pada dataran tinggi yakni 600 – 1.600 m dpl dengan struktur tanah gembur dan juga berpasir. Satu-satunya daerah yang menjadi sentra produksi tanaman akar wangi ialah Kabupaten Garut, Jawa Barat utamanya daerahh sekitar hulu DAS (Daerahh Aliran Sungai) Cimanuk, tepatnyaa ialah di sekitar Leles, Bayongbong, Cisurupan dan Cilawe. Selain daerah Garut, tanaman akar wangi pernah pula dikembangkan di sekitaran Propinsi Jawa Tengah, diantaranya seperti di daerah lereng gunung Merapi.tanaman-akar-wangi

Akar wangi juga seringkali disebut dengan licorice, Akar wangi merupakan salah satu tanaman jenis rumput yang biasa dikeringkan dan punya banyak manfaat. Salah satu manfaatnya ialah sebagai bahan tanaman obat herbal.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN AKAR WANGI

Pada bagian Akarnya memiliki kandungan minyak atsiri, zat pahit dan harsa. Minyak akar wangi memiliki kandungan vetivena, vetivenil vetivenet, vetiveron, vetiverol, asam palmitat dan juga asam benzoat.

C. KHASIAT DAN MANFAAT AKAR WANGI

Sebagai jenis tanaman industri, akar wangi adalah penghasil minyak atsiri kelas satu, utamanya biasa digunakan dalam industri kosmetik yang produksi parfum. Karena sifatnya yang tak mudah menguap, maka tak heran bila minyak atsiri jenis ini seringkali digunakan untuk mengikat minyak wangi lain agar supaya wanginya bisa bertahan lama.
Selain itu juga, minyak dari akar wangi juga dapat dipakai sebagai pengusir serangga, bahan baku utama dalam pembuatan minyak vetiveria, serta biasa dipakai dalam industri kosmetik, parfum dan sabun mandi. Juga bermanfaat untuk mencegah bau mulut (obat kumur) dan juga bau badan, rematik (obat gosok luar) juga sebagai bahan arak obat.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN AKAR WANGI

Klasifikasi ilmiah ialah cara ahli biologi dalam mengelompokkan dan mengkategorikan sebuah spesies dari organisme yang punah ataupun yang hidup, Klasifikasi atau pengelompokan adalah suatu cara dalam memilah dan juga mengelompokkan makhluk hidup sehingga menjadi golongann atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhlukk hidup dimulai dari tingkat tertinggii ke tingkat terendah (yang sekarangg dipakai) ialah Domain (Daerahh), Kingdom (Kerajaann), Phylum atau Filum (hewann)/Divisio (tumbuhann), Classis (Kelass), Ordo (Bangsaa), familia (Sukuu), Genus (Margaa), dan Spesies (Jeniss).

Baca juga:

Tujuan klasifikasi dari makhluk hidup ialah untuk memudahkan dalam mengenali, membandingkan, dan juga mempelajari tentang makhluk hidup. Membandingkan artinya mencari persamaan dan juga perbedaan sifat maupun ciri pada makhluk hidup.akar-wangi-yang-sudah-kering
Berikut ini ialah tabel KLASIFIKASI TANAMAN AKAR WANGI

Kingdom (Dunia/Kerajaann): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagiann): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelass): Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelass : Commelinidae
Ordo (Bangsaa): Poales
Familia (Sukuu): Poaceae (suku rumput-rumputan)
Genus (Margaa): Chrysopogon
Species (Jeniss): Chrysopogon zizanioides

SINONIM
Phalaris zizanioides L.

Andropogon zizanioides (L.) Urba
Andropogon citratus Dc

Andropogon muricatus Retz.
Vetiveria zizanoides

NAMA-NAMA LAIN TANAMAN AKAR WANGI
Indonesia: Akar wangi

(Nama Daerah : Useur (Gayo);

Akar babau (Minangkabau);

Hapias, Usar (Batak);

Iser, Morwastu (Sumatera Utara);

Akar banda (Timor);

Janur, Narawastu, Usar (Sunda);

Usa, Urek usa (Makasar);

Larasetu, Larawastu, Rarawestu (Jawa)

Melayu: Rumput lemon

Inggris: lemon grass
Thailand: Ta khrai

Vietnam: Sa
Cina: Ning meng cao, xiang mao, xiang mao cao

Pilipina: Tanglad
Jepang: Remon gurasu

Demikianlah pembahasan kita tentang Tanaman Obat AKAR WANGI, mengenai Ciri-ciri AKAR WANGI, Klasifikasii AKAR WANGI, kandungann zat maupun nutrisii dari AKAR WANGI hingga khasiatt dan manfaat AKAR WANGI sebagai jenis tanaman obat.

Manfaat & Khasiat Tanaman Akar Wangi serta Ciri-cirinya | Planter | 4.5