Manfaat dan Khasiat Tanaman Turi Serta Ciri-cirinya

Sunday, January 15th, 2017 - Tanaman Obat

Manfaat Khasiat Tanaman Turi – Tanaman turi merupakan jenis tanaman berpohon kecil dan berkayu lunak, tingginya bisa mencapai 5-12 m, berikut ini merupakan info lengkap tentang ciri tanaman turi, kandungan zat tanaman turi, dan juga manfaat dan khasiat tanaman turi, mari simak selengkapnya.

DESKRIPSI TENTANG TANAMAN KEMBANG TURI

Turi (Sesbania grandiflora) adalah pohon kecil anggota berkayu lunak dan berumur pendek.

Tumbuhan ini biasa ditanam sebagai tumbuhan hias di pekarangan atau halaman rumah, di pinggir jalan dan kadang pula di sawah-sawah yang berfungsi sebagai tanaman pelindung.

Turi umumnya dipakai sebagai tanaman pelidung pohon rambatan untuk tanaman lada maupun vanila.

Cara budidaya Tanaman Turi : adapun Perbanyakan turi umumnya dilakukan dengan biji maupun stek batang, biji-biji tadi disemai dahulu, biji yang ditabur tanpa naungan bisa berkecambah sampai 80%.

Tanaman turi lebih baik jika dikembangkan di dalam areal pertanian karena akan dapat membantu membasmi hama

CIRI-CIRI TANAMAN TURI

BATANG ; Batang tanaman turi memiliki lendir dan berair, rantingnya menggantung, kulit bagian luar tidak rata dengan alurnya membujur dan juga melintang tak beraturan dengan lapisan gabus yang gampang terkelupas.

DAUN ; Jenis daun Majemuk dan tersebar, punya daun penumpu, anak daun berbentuk jorong memanjang, bentuk rata dan menyirip genap.

Memiliki daun penumpu panjangnya 1/2-1 cm. Anak daunnya berbentuk jorong memanjang, rata, dan juga menyirip genap. Panjang tangkai daun sekitar 20-30 cm. Tangkai pendek, dan setiap tangkai berisi sekitar 20-40 pasang anak daun.

BUNGA ; adapun warna bunganya terdapat 3 macam, yakni merah, putih dan Ada pula yang berwarna gabungan antara keduanya.

Terletak menggantung dengan 2 hingga 4 bunga dan bertangkai, dengan kuncup bentuk sabit.

Bila Bunganya mekar, akan berbentuk seperti kupu-kupu, Bunganya besar dan keluar dari rantingnya.

BUAH dan BIJI ; jenis buahnya berbentuk polong, menggantung, bersekat, dengan panjang sekitar 20 sampai 55 cm, jika masih muda berwarna hijau, dan jika sudah tua akan berwarna kuning keputih-putihan. Bijinya berbentuk bulat panjang, berwarna coklat muda

AKAR ; Bentuk akarnya berbintil-bintil yang berguna untuk menyuburkan tanah.

KANDUNGAN ZAT TANAMAN TURI

Menurut penelitian sebuah ilmiah, getah tumbuhan ini adalah astringen, yang mengandung zat pewarna utama, yaitu agatin dan zantoagatin, basorin, dan tanin. Adapun biji tumbuhan ini memiliki kandungan 70% protein, dan daunnya memiliki kandungan saponin yang tak berbahaya, bahkan bisa dijadikan sebagai pengganti sabun untuk mencuci pakaian.

Bunganya memiliki kandungan konten gula variabel dan sumber vitamin B. Semua bagian tumbuhan ini diketahui bisa menyembuhkan rabun senja; jika memang demikian, tumbuhan ini memiliki kandungan vitamin A.

Sebuah penelitian terbaru diketahui bahwa akar turi memiliki kandungan bahan-bahan aktif yang bersifat anti-tuberkulosis pada bakteria Mycobacterium tuberculosis. Bahan-bahan tersebut di antaranya ialah asam betulinat dan 3 macam isoflavanoid

MANFAAT DAN KHASIAT TANAMAN TURI

Berikut ini merupakan khasiat dan manfaat tanaman turi :

Tanaman Turi untuk Lalapan

Daun, bunga dan polongnya yang masih muda bisa dimakan sebagai sayur lalapan dengan cara direbus terlebih dahulu. Daun muda ini baunya terasa tidak enak dan juga berlendir, sekalipun sudah dikukus, bunganya berasa gurih dan manis, sehingga cukup digemari sebagai campuran pecel.

Tanaman Turi Sebagai Obat Tradisional

Pepagannya bisa digunakan sebagai obat. Kulit kayunya diremas dalam air atau dengan direbus, dan airnya diminum sebagai obat seriawan, disentri, murus darah, maupun menceret pada umumnya. Tetapi bila terlalu banyak diminum, air rebusan tersebut akan bekerja sebagai obat muntah (emetik).

Kulit kayunya yang berwarna merah biasa dikenal dengan nama kayu timor. Kadar tanin yang tinggi tersebut yang menyebabkan bisa dipakai untuk penyembuhan luka maupun disentri.

Bunga pohon turi sering dipakai untuk memontokkan payudara wanita dan juga melancarkan ASI bagi ibu menyusui.

Daunnya baik pula digunakan untuk mengatasi keputihan.

Getah Turi untuk Penyamak dan Pewarna

Pepagan turi biasanya mengeluarkan getah bening yang akan mengeras jadi gom jika kena udara. Gom ini dapat dimanfaatkan sebagai pengganti gom arab, dan dipakai dalam makanan dan perekat, di Karimunjawa, lendirnya biasa digunakan untuk pewarna.

Getah turi itu umumnya dimanfaatkan nelayan jaman dahulu untuk mengolesi tali pancing dan jala agar supaya lebih awet. Getah ini juga bisa dicampurkan ke dalam cat hitam yang digunakan untuk mengawetkan tambang maupun kayu bangunan; selain itu pula getah juga bersifat mengikat cat. Gom turi dipakai juga sebagai perekat didalam penjilidann buku.

Di samping itu, getah cairan rebusann pepagan turi digunakan untuk merendamm alat-alat penangkap ikan agar tahan lama.

Di Kebumen, air rebusan yang dicampuri dengan jelaga biasa dipakai untuk memberi warna hitam dalam kerajinan anyaman bambu

Yang menarik lainnya : 

Kayu Tanaman Turi untuk bahan kertas

Batang/kayu turi bisa diolah menjadi kertas dengan campuran bambu. Bubur kayu turi bisa digunakan untuk membuat kertas kelas menengah ke bawah : kertas koran, kertas tulis, majalah, maupun untuk barang cetakan murah.

Kulit pohon turi yang telah dijadikan bubuk bisa dipakai untuk kosmetik. Daunnya yang memiliki kandungan saponin bisa dipakai untuk menggantikan sabun sesudah diremas-remas dalam air untuk mencuci pakaian

Tanaman Turi Sebagai Pakan Ternak

Daun-daun turi juga bisa digunakan untuk makanan ternak dan juga pupuk hijau.

Demikian pengenalan tentang Tanaman Obat TURI yang meliputi tentang Klasifikasi tanaman TURI, kandungan zat atau nutrisi tanaman TURI, Ciri-ciri tanaman TURI, dan Manfaat dan Khasiat tanaman TURI sebagai obat tradisional.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Turi Serta Ciri-cirinya | Planter | 4.5