Manfaat Lempuyang Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Lempuyang Bagi Kesehatan Tubuh – Tanaman obat yang satu ini terbukti kaya akan manfaat bagi kehidupan sehari – hari. Pada masyarakat umumnya, Lempuyang ini dimanfaatkan sebagai rempah – rempah pelengkap bumbu masakan, terutama dalam masakan yang berbau daging. Karena lempuyang tersebut sangat baik untuk meredakan bau amis pada daging atau ikan. Selain itu, obat tradisional yang satu ini juga berpengaruh bagi kesehatan dan mempunyai khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.
Manfaat Lempuyang Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Lempuyang Bagi Kesehatan Tubuh
Lempuyang yang mempunyai nama latin Zingiber zerumbet ini terasuk dalam tanaman yang dimanfaatkan rimpangnya. Sebagian masyarakat juga menyebutnya lempuyang wangi dan terkenal sebagai jamu tradisional dengan nama Jamu Cabe Puyang. Dilihat dari segi manfaat dan khasiat, lempuyang ini sangat baik dikonsumsi bagi semua umur. Dan beberapa khasiat yang didapat dari mengkonsumsi lempuyang tersebut adalah :
  • Mencegah sel – sel kanker : Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian di Jepang bahwa kandungan pada lempuyang mampu menginduksi sel – sel kanker yang tumbuh dalam tubuh. Sehingga sangat baik untuk menghambat serta mencegah perkembangan sel kanker tersebut.
  • Penambah nafsu makan : Sama halnya dengan manfaat Temulawak, Lempuyang juga mempunyai fungsi yang sama. Dengan mengkonsumsi perasan rimpang yang dihaluskan, dijamin bisa menambah nafsu makan dan sangat baik bagi anak yang masih dalam masa pertumbuhan.
  • Obat Pelangsing : Hal ini sangat digandrungi oleh kaum hawa atau wanita. Dengan mengkonsumsi jamu ini, maka secara alami tubuh akan langsing dikarenakan kandungan didalamnya sangat membantu dalam metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak lebih maksimal pada setiap gerakan atau olah raga.
  • Mengobati Disentri dan Diare : Hal ini juga sangat diperlukan bagi anak – anak. Karena anak tersebut sangat rentan dengan penyakit yang satu ini. Konsumsilah jamu yang terbuat dari rimpang lempuyang, maka sedikit banyak akan membantu dalam menyembuhkan penyakit diare tersebut.
Diamati dari beberapa manfaat diatas, tanaman ini juga sangat cocok untuk mengisi pekarangan kita sebagai tanaman apotik hidup. Selain berguna sebagai bahan masakan, juga sangat baik untuk obat alternatif tradisional yang merupakan obat tanpa efek samping. Sekian dulu bahasan tentang Manfaat Lempuyang Bagi Kesehatan Tubuh ini dan semoga bermanfaat!
Artikel tanaman obat yang lain :
Manfaat Lempuyang Bagi Kesehatan Tubuh | Khoirun Nisa' | 4.5