Berbagai Manfaat Minyak Zaitun beserta Efek Sampingnya

Monday, July 4th, 2016 - Manfaat

Manfaat Minyak Zaitun – Manfaat minyak zaitun telah dikenal sejak jaman dahulu karena khasiatnya sangat berguna dalam memelihara kecantikan. Maka tak heran, minyak zaitun seringkali dipakai oleh produsen kosmetik. Minyak zaitun asalnya dari tanaman zaitun yang biasa tumbuh di wilayah mediterania yang memberi intensitas matahari yang cukup banyak. Minyak zaitun juga amat dikenal dalam dunia kecantikan, kesehatan bahkan hingga kuliner. Hal ini karena kandungan nutrisi dalam minyak zaitun.

Pada setiap 100 gram minyakk zaitun terkandung sejumlahh nilai gizi :

Energi – 3701 kJ (885 kcal)

Karbohidrat – 0 g

Lemak – 100 g.

– Jenuh (14 g)

– Tak jenuh ganda (11 g)

– Tak jenuh tunggal (73 g)

– Omega-6 leak (3,5-21 g)

– Omega-3 lemak (<1,5 g)

Protein – 0 g

Vitamin E – 14 mg (93% dari asupan harian yang dianjurkan bagi orang dewasa)

Vitamin K – 62 mg (59% dari asupan harian yang dianjurkan bagi orang dewasa)

Berbagai Manfaat Minyak Zaitun beserta Efek Sampingnya

Manfaat Minyak Zaitun

Berikut ini merupakan pemanfaatan minyak zaitun bagi kecantikan dan kesehatan. Kita bisa membagi manfaatnya bagi kecantikan kulit sampai untuk menjaga kesehatan tubuh.

  1. Memberi Kelembaban Alami Kulit

Orang Indonesia umumnya seringkali mengalami masalah kulit yang kering, sehingga diperlukan makanan kulit alami untuk memberi kelembaban ekstra seperti halnya manfaat lidah buaya. Berbagai manfaat vitamin E pada minyak zaitun ini amat baik untuk memberi kadar minyak alami. Caranya ialah :

Bersihkanlah wajah anda sebelum menggunakan minyak zaitu

Oleskan sebelum menjelang tidur pada bagian kulit wajah, akan tetapi Hati-hati untuk mengoleskan minyak zaitun ini pada daerah yang sensitif seperti di sekitar mata.

 

  1. Mencegah masalah Penuaan Dini

Kandungan zat linoleic acid yang terdapat dalam minyak zaitun yang dapat membantu, menjaga kadar air dalam kulit wajah, kulit agar supaya tak muncul keriput dalam usia dini. Kandungan antioksidan yang cukup kaya dalam minyak zaitun ini banyak terdapat pada :

 

  1. Menghilangkan Noda Jerawat

Untuk menghilangkan noda jerawat yang membandel dengan cara alami, juga bisa dilakukan dengan minyak zaitun. Caranya yakni cukup panaskan sebentar saja minyak zaitun, lalu oleskan pada bagian wajah Anda yang terdapat noda jerawat.

 

  1. Sebagai zat Anti Inflamasi

Dalam minyak zaitun terdapat kandungan antikosidan jeniss polifenol, yang dapat membantu dalam melindungi sel-sel darii ancaman kerusakann. Senyawaa polifenol ini yang memiliki sifat anti inflamasi. Para ilmuwan sudah banyak melakukan penelitian terhadap efek polifenol, yang termasuk didalamnya baik terhadap tulang maupun kesehatan pencernaan. Dalam penelitian lain telah menemukan bahwa minyak zaitun berpotensi pada peningkatan fungsi otak (kognitif) dan juga memori.

 

  1. Mampu Mengontrol Tekanan darah

Menambah minyak zaitun pada diet sehari-hari lebih dari 6 bulan, yang berlanjut dengan sebuah perawatan yang biasa, mampu mengontrol tekanan darah seperti halnya manfaat mentimun. Pada beberapa hal yang ditemukan, baik bagi orang yang bertekanan darah rendah maupun yang bertekanan darah tinggi benar-benar bisa menurunkan takaran obat ataupun menghilangkannya sama sekali. Akan tetapi, jangan dilakukan tanpa resep dokter.

 

  1. Kolesterol Baik

Minyak zaitun masuk dalam daftar makanan yang bukan lemak jenuh dan dapat menurunkan kadar kolesterol,  kolesterol tinggi. Akan tetapi, dalam beberapa penelitian menemukan bahwa minyak diet lainnya seperti bunga matahari dan minyak canola, dapat memungkinkan dalam penurunan kadar LDL dan juga jenis kolesterol lain kolesterol yang dikenal dengan apolipoprotein B.

 

  1. Sebagai zat Pencegahan Kanker

Dari sebuah penelitian dikemukakan bahwa terdapat pengaruh bagi orang yang mengonsumsi minyak zaitun ini, untuk menurunkan resiko terjadinya kanker kolorektal. Selain itu pula, untuk wanita yang suka memakai minyak zaitun, dikatakan akan dapat memberikan perurunan pada resiko terjadinya kanker payudara.

 

  1. Dapat mencegah Stroke

Dalam penelitian baru-baru ini telah menemukan bahwa, orang yang mengonsumsi minyak zaitun akan lebih rendah resiko terkena penyakit stroke di kemudian hari, dibanding yang tak mengonsumsinya sama sekali. Meski penilitian ini masih bersifat observasional, namun akan dilakukan pengembangan penilitian lebih lanjut terhadap objek yang mengonsumsi maupun tidak.

 

  1. Lotion Rambut Alami

Rambut yang seringkali mengalami pengeritingan, pelurusan ataupun sering bersinggungan dengan penggunaan bahan kimia seperti obat rambut tertentu, bisa menimbulkan kerusakan pada rambut. Minyak zaitun bisa bekerja memberikan pertahanan bagi rambut, seperti lotion rambut. Caranya adalah :

 

Oleskanlah minyak zaitun pada bagian kulit kepala

Berikan sedikit pijatan agar supaya meresap pada kulit kepala

Lalu tutuplah rambut dengan menggunakan handuk selama 10 menit

 

Kombinasikan penggunaan minyak zaitun, dengan kuning telur ataupun dengan manfaat madu untuk masker, untuk dapat mencegah kerontokan rambut.

 

  1. Dapat Melebatkan Pertumbuhan Rambut

Minyak zaitun bisa membantu problem rambut yang memerlukan nutrisi untuk melebatkannya. Alpukat yang dibuat jadi masker rambut alami, dicampur dengan minyak zaitun akan menjadikan rambut lebat luar biasa. Cara pemakaiannya juga mudah, hanya dengan mengoleskan masker pada rambut, lalu diamkan sebentar sampai meresap kemudian dibilas.

 

Manfaat Minyak Zaitun untuk Aromaterapi

Selain beberapa manfaat tersebut diatas, minyak zaitun juga banyak dipakai sebagai minyak aromaterapi karena aromanya yang khas dan juga wangi. Juga biasa digunakan sebagai minyak urut/pijat serta campuran masker dalam berbagai bahan kecantikan. Akan tetapi waspadai penggunaan minyak zaitun karena efek sampingnya.

 

Beberapa Efek Samping Minyak Zaitun

 

Minyak zaitun secara umum adalah bahan yang aman, baik bila dikonsumsi secara langsung (untuk bahan masakan) maupun pada saat dioleskan di kulit. Minyak zaitun ini secara aman memberi 14% dari total kalori harian, dari sekitar dua sendok makan (28 gram) setiap harinya. Minyak zaitun sudah dipakai secara aman sebagai bagian diet gaya Mediterania. Akan tetapi ada beberapa peringatan khusus untuk para penggunaannya :

Hamil dan menyusui, Belum terdapat informasi yang bisa menjadi acuan tentang bagaimana keamanan produk minyak zaitun untuk ibu hamil ataupun menyusui. Jangan pakai minyak zaitun dalam jumlah yang lebih banyak dari pada jumlah yang umum/biasa ditemukan dalam sebuah makanan.

Diabetes – Minyak zaitun mampu menurunkan zat gula darah, sehingga bagi penderita diabetes perlu memeriksa gula darah pada saat memakai minyak zaitun ini.

Operasi Bedah – Minyak zaitun bisa mempengaruhi terhadap gula darah, sehingga pemakaian minyak zaitun akan mempengaruhi kontrol gula darah selama proses operasi. Berhentilah mengonsumsi minyak zaitun pada 2 minggu sebelum operasi.

Dibalik berbagai khasiat minyak zaitun dalam kesehatan yang terbilang cukup sempurna utamanya amat baik bagi jantung, jadi anda bisa mengganti konsumsi minyak anda dengan menggunakan minyak zaitun.

Nah sobat, demikianlah ulasan kami tentang Berbagai Manfaat Minyak Zaitun beserta Efek Sampingnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Terima kasih.

Berbagai Manfaat Minyak Zaitun beserta Efek Sampingnya | Planter | 4.5